menata dapur sempit, desain dapur

Sumber: Istimewa


6 menit

Bingung bagaimana cara menentukan desain dapur minimalis 3×3? Sekarang tidak usah pusing lagi mencari ide desain dapur minimalis 3×3, karena Anda sedang membaca artikel yang tepat.

Kami akan memberikan 15 ide desain dan rekomendasi tata letak properti memasak agar dapur minimalis terlihat rapi serta fungsional. Simak penjelasan berikut ini ya!

Ide Desain Dapur Minimalis 3×3

1. Dapur Minimalis Nuansa Cokelat

dapur minimalis berwarna cokelat
Sumber: Pinterst

Apabila Anda menginkan dapur minimalis yang klasik dan elegan, warna cokelat menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa mengkombinasikan warna cokelat dengan warna krem agar semakin enak dipandang.

Anda bisa membeli kitchen set yang sebagian besar dari kayu agar mendapatkan warna cokelat alami. Selanjutnya Anda bisa mengecat tembok dengan warna krem.
Kemudian Anda bisa memasukkan perlengkapan memasak seperti kompor dua tungku, kabinet atas, dan wastafel ke dalam dapur berukuran 3×3 ini.

2. Dapur Minimalis dengan Jendela

dapur minimalis kecil dengan jendela dan sinar matahari
Sumber: homelane.com

Desain dapur minimalis 3×3 tidak memiliki ukuran yang besar. Namun Anda bisa membuatnya lebih lapang dan tak pengap jika bisa melakukan penataan serta pemilihan perabotan yang tepat.

Jika Anda ingin membangun dapur minimalis di lahan 3×3, pertimbangkan memberikan ruang untuk jendela agar sirkulasi udara berjalan lancar. Selain itu, cahaya alami yang masuk dari jendela memberi efek dapur terasa lapang. Anda juga bisa menggunakan kitchen set minimalis dan menyusunnya rapi pada salah satu sisi dapur.

3. Dapur Minimalis dengan Material Natural

dapur minimalis bernuansa natural
Sumber: @zahrenaa

Ini adalah ide desain dapur minimalis yang bisa Anda ikuti. Material natural bisa memberikan kesan hangat dan lebih hidup pada desain dapur minimalis 3×3 milik Anda. Hindari memilih material dengan aksen natural yang menonjolkan bentuk-bentuk terlalu detail karena membuat ruangan terasa sempit.

Pemilihan pola kayu sebagai material dapur pun harus diperhatikan. Anda bisa menggunakan kayu dengan pola yang lebih lembut dan tidak terlalu menonjol supaya aksen kayu lebih natural. Selanjutnya agar kayu berpola lembut stand out, Anda bisa mengaplikasikan warna-warna terang pada lantai dan dinding dapur.

4. Dapur Minimalis Bergaya Modern

desain dapur minimalis 3x3 modern
Sumber: Pinterst

Desain modern identik dengan tarikan garis lurus yang terkesan tegas dan bersih. Gaya modern bisa memberi kesan dapur Anda bersih, mewah, dan rapi. Pemilihan warna cerah, pencahayaan yang baik, dan peralatan dapur yang modern membuat gaya ini menjadi pilihan banyak orang saat ini.

Anda bisa memilih berbagai macam peralatan dapur multifungsi yang dibekali teknologi modern untuk mempermudah aktivitas memasak. Kemudian Anda juga dapat memilih furniture yang ramping untuk memberi kesan minimalis. Supaya tambah nyentrik dan tidak membosankan, kombinasikan warna yang lebih berani seperti cobalt blue dengan furniture bertekstur kayu.

5. Desain Dapur Minimalis 3×3 Monokrom

Dapur minimalis 3x3 berkonsep monokrom
Sumber: Pinterst

Visual pertama yang Anda dapatkan jika melihat dapur minimalis 3×3 monokrom adalah simpel. Kamu bisa memilih cat berwarna putih dan hitam yang saling berpadu harmonis. Warna hitam bisa Anda aplikasikan pada kabinet dapur, table top, hingga meja island dan kursi barnya. Lalu, cat tembok dapur dengan warna putih. Agar dapur terlihat lebih segar, Anda bisa padupadankan dengan beberapa hiasan tanaman. Kemudian mengingat dapur hanya berukuran 3×3, pilih model kitchen set letter U. Untuk memperkuat kesan monokrom hindari mengaplikasikan lebih dari dua macam warna.

6. Dapur Minimalis Meja Marmer

desain dapur minimalis 3x3 bermeja mable
Sumber: Amarillo Interiorismo

Apabila menggunakan meja marmer, kesan mewah bisa Anda tunjukkan di desain dapur minimalis 3×3. Selain memberi kesan mewah, keunggulan meja marmer lainnya adalah mudah dibersihkan. Anda bisa membuat meja marmer berbentuk L-shape atau menyesuaikan bentuknya dengan rauangan dapur.

Supaya dapur terkesan minimalis dan tidak penuh, Masukkan peralatan dapur seperti pisau, wajan, piring, gelas, dan bumbu dapur ke dalam kabinet. Kemudian jangan lupa menempatkan kompor, wastafel, dan oven di meja marmer.

7. Dapur Minimalis Nuansa Putih

desain dapur minimalis 3x3 serba putih
Sumber: Istimewa

Warna putih membuat dapur 3×3 Anda terlihat bersih dan lebih luas. Namun warna putih sangat mudah terkena noda. Oleh karena itu Anda perlu lebih memperhatikan kebersihannya. Untuk mendukung konsep dapur minimalis nuansa putih, pilihlah perabotan dapur berwarna putih juga.

8. Dapur Minimalis Ala Japandi

Desain dapur Japandi ala rumah minimalis
Sumber: Instagram/ruma.ciel

Sebenarnya desain dapur minimalis Japandi baru tren akhir-akhir ini. Tetapi desain ala Japandi mampu menarik perhatian banyak orang karena simpel dan rapi. Japandi adalah singkatan dari Japanese-Scandinavian. Konsep dapur ini mengarah pada penggunaan skema warna alami.

Umumnya kitchen set dapur Japandi bernuansa natural dan hangat. Anda bisa memadukan kitchen set warna kayu dengan warna putih tembok. Kemudian Anda bisa memberi aksen motif pada keramik di kitchen set dapur. Motif pada keramik bertujuan agar suasana dapur tidak membosankan.

Style dapur Japandi sangat cocok diterapkan pada dapur ukuran kecil seperti dapur minimalis 3×3.

9. Desain Dapur Minimalis 3×3 Serba Abu-abu

dapur minimalis bernuansa abu abu
Sumber: Istimewa

Jangan asal-asalan memilih warna cat untuk menciptakan dapur yang minimalis. Anda bisa menggunakan warna abu-abu untuk menciptakan dapur mungil bernuansa mewah. Lalu padukan warna abu-abu dengan warna gold atau putih. Lalu gunakan lampu gantung untuk menambah kesan modern pada dapur kesayangan Anda.

Tidak menutup kemungkinan pula kombinasikan warna abu muda dengan warna gelap. Dua warna ini membuat dapur tampak elegan tanpa meninggalkan kesan suram dan sumpek. Anda bisa mengaplikasikan warna gelap pada dinding serta rangka meja dapur, sedangkan kabinet dan mejanya menggunakan warna abu muda.

10. Dapur Minimalis Kombinasi Kayu

dapur minimalis kombinasi kayu terbaik
Sumber: Istimewa

Kombinasi kayu dan warna putih memberi tampilan dapur minimalis, hangat, dan natural. Gunakan perabot kayu seperti dapur, kabinet, dan kursi bermaterial kayu. Untuk memberi kesan manis pada dapur, padukan marmer dengan kayu. Selanjutnya agar dapur Anda tidak flat, beri hiasan atau variasi berbahan kayu pada lampu dapur Anda.

11. Desain Dapur Minimalis 3×3 Colorful

dapur minimalis colorful
Sumber: Istimewa

Siapa sangka warna colorful tetap bisa memberi kesan minimalis pada dapur 3×3. Anda bisa mix and max tiga warna bahkan lebih pada dapur. Namun jangan sembarangan memilih warna. Gunakan color palette untuk menyesuaikan perpaduan warna yang indah. Desain dapur minimalis 3×3 membuat ruangan terlihat ceria.

12. Dapur Minimalis dengan Meja Kitchen Island

kitchen island untuk dapur kecil
Sumber: Salt and Blues

Meja kitchen island adalah pilihan tepat untuk Anda yang menginginkan dapur minimalis tetapi tetap elegan. Manfaatkan meja kitchen island sebagai tempat penyimpanan sekaligus meja makan. Sebab itu keberadaan meja kitchen island di dapur berukuran 3×3 sangat penting.

13. Dapur Minimalis 3×3 dengan Skylight

Dapur skylight serba putih
Sumber: mcmproperti.id

Jika cahaya alami yang masuk dari jendela terasa kurang cerah, Anda bisa mengaplikasikan skylight pada desain dapur minimalis 3×3 agar cahaya matahari yang diterima dapur lebih maksimal.

Cahaya alami juga bisa mengurangi kelembaban dan membunuh berbagai bakteri di dapur. Selanjutnya untuk memberi kesan luas pada dapur, Anda bisa menghilangkan sekat yang membatasi desain dapur minimalis dan menggantinya dengan island table dapur.

14. Dapur Minimalis Meja Bar

desain dapur minimalis 3x3 dengan meja bar yang baik
Sumber: homesfeed.com

Buat dapur kecil Anda menjadi efektif dan sesimpel mungkin dengan membuat meja bar yang bisa digunakan untuk menyimpan peralatan dapur, memasak, sekaligus sebagai tempat makan. Anda juga bisa mendapatkan meja bar yang dijual belikan di toko mebel atau meng-custom sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk melengkapi meja bar tersebut dengan beberapa kursi.

15. Desain Dapur Minimalis 3×3 Straight

Desain dapur minimalis 3x3 meja stright simpel dan rapi
Sumber: dapurminimalisasri.com

Model kitchen set berbentuk straight mempunyai kesan bersih dan sederhana, sangat cocok untuk ruang dapur kecil. Supaya terlihat modern gunakan warna yang terang pada meja dan kabinet gantung. Anda juga bisa menggunakan perabot dapur berwarna gelap untuk memberikan kesan yang tegas.

Tips Tata Letak Properti Memasak Dapur Minimalis

1. Menentukan Zona Dapur

menata dapur sempit, desain dapur, minimalis
Sumber: Istimewa

Ini harus dilakukan di awal, yaitu menentukan atau membagi zona di dapur. Fungsinya untuk membedakan ketika Anda sedang memasak, tempat mengolah, dan tempat penyimpanan.

Adapun zona dapur yang bisa Anda bentuk:

– Zona Memasak

Zona ini berada di sekitar kompor dan area mengolah makanan. Umumnya berisi kompor, pisau, talenan, dan wajan.

– Zona Penyimpanan

Biasanya zona ini terletak di dekat wastafel cuci. Di tempat inilah Anda bisa menaruh piring, gelas, cangkir, dan mangkok.

Baca juga: Memilih Kitchen Sink Terbaik Agar Nyaman Peralatan Dapur

– Zona Pantry

Ini adalah tempat yang tepat untuk Anda mengolah dan menyiapkan makanan.

– Zona Makan

Terlihat dari namanya, ini adalah tempat untuk menyantap hidangan. Gunakan piring agar makanan tertata dengan rapi.

Dengan terbaginya zona-zona ini akan memudahkan Anda untuk lebih berfokus memasak hingga menyiapkan makanan.

2. Memanfaatkan Dinding Kosong

Anda bisa memanfaatkan dinding yang kosong untuk memasang rak vertikal. Nantinya fungsi rak ini digunakan untuk menyimpan bumbu-bumbu dapur maupun gelas dan piring.

Sebagai tambahan Anda juga bisa menggunakan rak gantung untuk menaruh peralatan masak, seperti spatula, gunting, pisau, dan sebagainya.

3. Gunakan Furnitur yang Kecil

Karena Anda memiliki luas dapur yang minim, sebaiknya Anda memilih furnitur dapur yang berukuran kecil. Misalnya seperti kompor tunggal dan lemari es yang minimalis.

4. Memanfaatkan Sisi Pintu Kabinet

Ini adalah opsi yang bisa Anda lakukan apabila ruangan dapur tidak bisa untuk menyimpan kitchen set. Yaitu dengan memanfaatkan sisi belakang pintu kabinet sebagai rak bumbu serbaguna. Dengan menerapkan cara ini Anda bisa memaksimalkan meja dapur untuk keperluan memasak.

5. Menerapkan Konsep Desain L

Pernah dengar tentang konsep desain L? Dengan konsep ini Anda bisa memaksimalkan ujung ruangan dapur sempit. Caranya dengan merancang komposisi meja komposisi meja panjang yang menyiku (L) dan memanfaatkan rak di bawah meja rak rak di bawah meja sebagai tempat menyimpan peralatan masak.

Baca juga: Ide Desain Dapur Minimalis Primadona Ibu-ibu

6. Gunakan Kitchen Sink Berukuran Kecil

memilih kitchen sink terbaik, wastafel piring, dapur
Sumber: Istimewa

Anda bisa menyiasati ruangan dapur sempit dengan memilih kitchen sink dengan struktur badan tunggal atau satu mangkuk. Dengan begitu Anda bisa menghemat ruang di dapur Anda.

Untuk memastikan air dari keran di kitchen sink bersih dan aman digunakan untuk mencuci sayuran, buah, hingga peralatan memasak, Anda bisa memasang filter air.

Gunakan filter air yang berkualitas seperti Pennyu Filter Air Keramik. Mampu menyaring kotoran dengan kerapatan 0,5 micron. Memastikan air terbebas dari polutan seperti kaporit, cacing, lumut dan kotoran lainnya yang terbawa air.

Informasi lebih lengkap Pennyu Filter Air Keramik bisa Anda cek di sini.

Jangan lupa cek artikel menarik seputar sanitasi lainnya di blog Pennyu Indonesia. Apabila Anda mencari produk-produk sanitasi terpercaya, konsultasikan ke WhatsApp Pennyu Indonesia. Pennyu Indonesia menyediakan produk sanitasi berkualitas dan terpercaya. Butuh produk sanitasi yang berkualitas? Dengan Pennyu Pasti Beres.

Komentar Dinonaktifkan