Ketahui Perbedaan Lumut dan Endapan di Tangki Air

3 menit

Air yang Anda tampung di dalam tangki air dapat membawa endapan dan lumut loh! Bila tidak dibersihkan air yang ada di dalam tangki akan kotor.

Apabila tangki air yang di rumah Anda belum memiliki spesifikasi bebas lumut, kemungkinan besar lumut akan lebih mudah tumbuh di dalamnya.

Tapi apakah Anda bisa membedakan antara lumut dan endapan? Walaupun sama-sama kotoran yang dapat mencemari air, tapi keduanya memiliki pengertian yang berbeda.

Jika belum tahu, berikut adalah penjelasan tentang lumut dan endapan.

Lumut

Lumut adalah tumbuhan yang umumnya berwarna hijau dan berukuran kecil. Sebenarnya yang kerap tumbuh di dalam tangki air bukanlah lumut tapi tumbuhan tersebut memiliki nama asli alga.

Baca juga: Kitchen Sink Bau Tak Sedap? Intip Cara Menghilangkannya

Alga didefinisikan sebagai kelompok organisme akuatik, fotosintesis, dan pembawa nukleus yang dominan yang tidak memiliki akar, daun, dan struktur reproduksi multiseluler khusus khusus tanaman yang sebenarnya.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    Endapan

    Endapan merupakan sesuatu yang bercampur dengan air yang telah turun ke bawah dan bertimbun di dasar.

    Sumber air mempengaruhi jenis kotoran atau endapan yang terbawa ke tangki air. Biasanya endapan yang berada di dalam tangki air meliputi endapan tanah, pasir, dan lumpur.

    Penyebab Tangki Air Berlumut

    1. Cahaya Sinar Matahari

    Penyebab tandon air atau tangki air berlumut yang pertama adalah cahaya sinar matahari. Cahaya membantu lumut atau alga berkembangbiak di dalam dinding tangki air. Apabila cahaya matahari bisa menembus maka kemungkinan besar dinding dalam tangki air akan berlumut.

    2. Sumber Air Kotor

    Lumut yang berada di dalam tangki air bisa terbawa dari sumber air kotor. Anda bisa memasang filter pada saluran pipa menuju tangki air untuk menyaring lumut yang terbawa dari sumber air.

    3. Tandon Air Tidak Anti Lumut

    Apabila tandon air di rumah kamu tidak memiliki spesifikasi Dijamin Bebas Lumut maka perhatikan lokasi atau penempatannya. Hindari meletakkan tandon air di tempat yang langsung terpapar sinar matahari. Sebab, cahaya matahari dengan mudah menembus dinding tangki air sehingga menyebabkan lumut berkembangbiak.

    Perbedaan Lumut dan Endapan secara Kasat Mata

    Alga di dalam tangki air atau lebih akrab disebut lumut tidak hanya terbawa oleh air ke dalam tangki saja, tapi juga bisa tumbuh karena sinar matahari yang menembus dinding tangki air.

    Warna alga yaitu hijau dan memiliki tekstur seperti serat atau bisa kenyal. Alga bisa membuat air di dalam tangki keruh.

    Sedangkan, endapan memiliki ukuran dan jenis yang berbeda-beda. Endapan dibawa oleh air dari sumbernya dan masuk kedalam tangki air biasanya seperti tanah, pasir, dan lumpur.

    Baca juga: Cara Mudah Memasang Tangki Air

    Karena terdiri dari pasir, tanah, dan lumpur, warna endapan adalah cokelat kehitaman. Sama halnya dengan alga, bila dibiarkan warna endapan akan memperkeruh air yang ditampung ke dalam tangki air.

    Saran agar Air di Tangki Bersih dari Lumut dan Endapan

    Ada saran untuk Anda mengatasi endapan atau alga dari sumber air yang terbawa masuk ke dalam tangki air. Untuk meminimalisir hal tersebut terjadi, sebenarnya Anda bisa memasang filter air di pipa sebelum menuju ke tangki air.

    Dengan filter air di pipa yang mengarah ke tangki, endapan maupun alga yang terbawa dari sumber air bisa tersaring dan kualitas air menjadi lebih bersih.

    Selain itu untuk menjaga kualitas air semakin bersih, Anda juga dapat memasang filter air di keran.

    Baca juga: Tips Memilih Tangki Air Terbaik, Dijamin Awet

    Tidak kalah pentingnya dengan pemasangan filter, menggunakan tangki air anti lumut juga penting diterapkan untuk mendapat air yang berkualitas.

    Sebaiknya gunakan tangki air dijamin bebas lumut seperti Tangki Air Pennyu. Tangki Air Pennyu memiliki lapisan tidak tembus matahari sehingga lumut tidak bisa tumbuh.

    Selain itu untuk menjamin kepuasan pelanggan Tangki Air Pennyu dibekali dengan garansi 21 tahun dijamin pabrik.

    Dengan dua tahap filtrasi dan menggunakan Tangki Air Pennyu, air yang Anda gunakan akan benar-benar bersih terhindar dari endapan maupun alga.

    Untuk mendapatkan tangki air bebas lumut dan filter air keran, Anda bisa klik di sini Tangki Air Pennyu dan Pennyu Filter Air Keramik.

    Hitung Kebutuhan Tangki Air yang cocok untuk tipe Bangunan Anda

    Komentar Dinonaktifkan