Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pemasang Bio Septic Tank

3 menit

Pemasangan bio septic tank harus dilakukan dengan benar

Pemasangan bio septic tank harus dilakukan dengan benar agar bekerja optimal. Saat ini banyak orang memilih bio septic tank sebagai tempat penampungan dan pengolahan limbah. Alasannya adalah lebih praktis dan ramah lingkungan, bio septic tank saat ini menjadi pilihan untuk menampung dan mengolah limbah domestik (black water) rumah tangga di area hunian padat penduduk.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memasang bio septic tank loh!

Tapi sebelum kita membahas hal tersebut, alangkah lebih baik pahami pengertian singkat tentang bio septic tank.

Bio Septic Tank Adalah

Bio septic tank adalah septic tank yang memanfaatkan sistem biotechnology dalam mengurai limbah toilet.

Ukuran bio septic tank biasanya lebih kecil dibanding septic tank konvensional. Namun, bakteri pengurai dalam bio septic tank dapat mengolah limbah toilet atau kotoran lebih optimal sehingga sistem limbah sisa pengolahan lebih ramah lingkungan.

Perhatikan Hal ini saat Memasang Bio Septic Tank

Berikut ini ada lima hal yang harus diperhatikan saat memasang bio septic tank.

1. Ventilasi Bio Septic Tank

Memperhatikan arah lubang ventilasi bio septic tank penting dilakukan ya. Jangan sampai mengarah ke dalam ruangan atau ke tempat yang biasanya digunakan untuk berkumpul.

Pastikan lubang ventilasi diarahkan ke ruang terbuka. Ini mencegah supaya bau yang tidak sedap tercium ke tempat yang biasanya digunakan untuk berkumpul.

2. Ukuran Lubang Galian Sesuai

Tidak kalah pentingnya dengan arah ventilasi yang tepat, memastikan ukuran galian untuk bio septic tank juga perlu dilakukan.

Lubang galian yang tidak sesuai dengan ukuran bio septic tank akan membahayakan daya tahan bio septic tank.

Misalnya jika Anda membuat galian terlalu sempit, bio septic tank tidak akan mendarat di dasar dengan baik.

Baca juga: 4 Keuntungan Punya Bio Septic Tank di Rumah

Ini tentu buruk karena bio septic tank akan menggantung atau melayang dan berpotensi mengakibatkan kebocoran pada saluran maupun dinding bio septic tank.

Sebaiknya buat lubang galian dengan ukuran sesuai diameter dan ketinggian bio septic tank, atau bisa ditambah lebar 10 cm supaya mudah memasukkan bio septic tank ke dalam lubang.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    3. Isi Bio Septic Tank dengan Air Terlebih Dahulu

    Jangan sampai melewatkan pengisian air saat proses pemasangan bio septic tank.

    Manfaat mengisi air ke dalam bio septic tank yang pertama adalah untuk meredam tekanan saat dipendam atau dikubur di dalam tanah.

    Petama, ketika sebelum digunakan, air membantu dinding bio septic tank lebih kokoh dari tekanan tanah.

    Kedua, pengisian air ke dalam bio septic tank juga mencegah penyumbatan limbah domestik pada awal pemasangan.

    Penggambarannya, bio septic tank yang telah terpasang akan digunakan untuk menampung dan mengolah limbah domestik. Jika tidak ada air, dalam jumlah sedikit limbah tersebut akan mengering dan menyumbat pada saluran penguraian.

    Ketiga, air dalam bio septic tank juga bermanfaat untuk membantu bakteri pengurai berkembang atau bertahan hidup.

    4. Manhole Mudah Diakses

    Fungsi manhole pada bio septic tank adalah untuk proses pengecekan. Bila sewaktu-waktu ada kendala penyumbatan di bio septic tank, Anda bisa mengeceknya dengan membuka manhole.

    Baca juga: Gunakan Cara ini untuk Hilangkan Bau Menyengat Septic Tank

    Harus diperhatikan, disarankan beri perlindungan manhole untuk pemasangan bio septic tank di garasi atau carport. Langkah ini untuk menghindari manhole terinjak roda mobil atau motor.

    5. Memastikan Sambungan Saluran Tidak Bocor

    Ini adalah langkah terakhir yang harus dicek sebelum bio septic tank digunakan yaitu memastikan sambungan saluran tidak bocor.

    Alangkah lebih baiknya Anda bisa mengecek sambungan saluran sudah dilem atau terpasang dengan tepat.

    Anda bisa mengeceknya dengan cara menyiram kloset dengan air. Jika di sambungan saluran meneteskan air, berarti Anda perlu memperbaikinya.

    Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan saat pemasangan bio septic tank, lalu untuk cara pemasangan bio septic tank yang benar Anda bisa cek di artikel ini “Cara Memasang Bio Septic Tank dengan Baik dan Ideal”

    Jika Anda ingin menggunakan bio septic tank, sebaiknya pilihlah yang berkualitas. Jangan memakai produk yang abal-abal karena berisiko mudah bocor dan kinerjanya tidak optimal.

    Gunakan Pennyu Bio Septic Tank, anti sedot dan garansi 12 tahun dijamin pabrik. Pennyu Bio Septic Tank adalah solusi pengolahan limbah toilet di ruang terbatas.

    Mempunyai lima tahap penguraian, limbah hasil penguraian ramah lingkungan dan bisa langsung dialirkan ke selokan.

    Pennyu Bio Septic Tank sudah terintegrasi di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, terjamin aman. Informasi lebih lengkap bisa klik di sini.

    Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

    Komentar Dinonaktifkan