apa itu ipal, pengolahan limbah rumah tangga

Sumber: Istimewa


3 menit

Air limbah bisa menjadi momok menakutkan jika tidak diolah dengan benar dan baik. Sebab bisa mencemari lingkungan, mengganggu kesehatan manusia, dan biota di perairan. Oleh karena itu dibutuhkan fasilitas instalasi pengolahan air limbah (IPAL) yang memadai. Namun sebelum membuat IPAL yang benar dan baik pasti harus mengerti terlebih dahulu dong sebenarnya apa itu IPAL? Yuk simak pembahasan tentang pengertian dan fungsi IPAL di bawah ini.

Apa Itu IPAL?

Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) adalah sarana untuk mengolah limbah cair rumah tangga seperti limbah dari WC, dari air cuci, dan kamar mandi serta mengolah cairan sisa proses produksi pabrik sehingga cairan tersebut layak dibuang ke lingkungan.

Mudahnya yaitu IPAL merupakan pengolahan air limbah yang bertujuan untuk menghilangkan kontaminan air limbah sebelum dialirkan ke lingkungan. Hal ini sudah diatur dalam Undang-undang Perlindungan Lingkungan Hidup (PPLH) No. 32 Tahun 2009 mewajibkan pengelolaan air limbah.

Baca juga: Jangan Sepelekan! Kenali Limbah Domestik Rumah Tangga

Karena itu setiap rumah dan perusahaan wajib untuk memiliki IPAL sebagai bentuk perawatan lingkungan dan komitmen kepada pemerintah.

Jenis-jenis IPAL

IPAL yang digunakan untuk rumah tangga tentu berbeda dengan industri. Oleh karena itu untuk menyesuaikan dengan kebutuhan, IPAL mempunyai beberapa jenis. Berikut uraiannya:

1. IPAL Individu

Terlihat dari namanya, IPAL individu adalah instalasi pengolahan air limbah yang dibuat sendiri oleh perorangan, per-bangunan, dan per keluarga secara khusus. Pemilik IPAL individu harus mampu mengelola instalasi IPAL sendiri agar tetap bekerja secara optimal.

2. IPAL Komunal

Kebalikan dari IPAL individu, IPAL komunal adalah instalasi pengolahan air limbah yang dibuat untuk bersama-sama di satu kawasan secara terpusat. Secara teknis, setiap rumah tangga atau fasilitas umum yang memiliki tempat mandi, cuci, kakus (MCK) akan menghubungkan saluran pembuangan limbah ke IPAL komunal.

Sistem IPAL komunal bisa dijadikan pilihan tepat untuk pengelolaan air limbah domestik pada wilayah yang tidak memungkinkan penggunaan IPAL individu.

3. IPAL Industri

Ini adalah pengelola air limbah yang dibuat khusus untuk perindustrian seperti pabrik hingga perusahaan di berbagai sektor. IPAL industri mengelola limbah industri yang lebih bervariasi berbeda dengan IPAL individu dan IPAL komunal yang hanya fokus pada limbah rumah tangga.

Baca juga: Begini Tips Mencegah Sungai Tercemar Air Tinja

Sebab air limbah yang dihasilkan perindustrian berbeda-beda, tergantung pada pabrik atau perusahaan bergerak di sektor apa. Misal sifat air limbah medis dan air limbah tekstil berbeda.

Manfaat IPAL

Sistem instalasi IPAL bukan hanya bermanfaat bagi manusia saja loh! Namun ada elemen lain yang mendapat manfaat dari IPAL. Berikut penjelasannya

1. Meminimalisir Gangguan Kesehatan

Air limbah yang dikelola oleh IPAL dengan benar bisa meminimalisir pencemaran kontaminan atau bakteri yang menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

2. Mengurangi Pencemaran Air

IPAL bisa mengurangi kontaminan atau bakteri pada air limbah yang berpotensi menyebabkan pencemaran pada air bersih.

3. Menjaga Kelestarian Lingkungan

Jika air limbah diolah menggunakan IPAL dengan benar maka lingkungan perairan seperti sungai dan laut akan menjadi lebih bersih dan sehat. Ini berdampak positif pada biota perairan dan kelestarian lingkungan.

Bagaimana Cara Penerapan IPAL Individu yang Benar

Pennyu, bio septic tank, pengurai limbah, apa itu ipal
Sumber: Pennyu Indonesia

Menurut UNICEF, sebanyak 70% air minum di Indonesia tercemar oleh limbah tinja. Hal ini membuktikan jika hingga saat ini pemerintah dan masyarakat Indonesia masih mempunyai PR bersama untuk mengelola limbah domestik dengan baik.

Adanya pencemaran air bersih oleh tinja berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan terutama pada pencernaan seperti penyakit diare yang merupakan penyebab utama kematian balita. Lalu bagaimana menciptakan sistem IPAL individu yang ideal?

Gunakan Pennyu Bio Septic Tank untuk mengelola limbah toilet agar tidak mencemari air bersih di lingkungan sekitar kalian. Pennyu Bio Septic Tank adalah pengelola limbah toilet ramah lingkungan dengan lima proses tahap penguraian.

Hasil penguraian Pennyu Bio Septic Tank terbukti ramah lingkungan karena lolos uji Laboratorium Sucofindo dan Dinas Lingkungan Hidup sesuai dengan Permen LHK No. P.68/Menlhk-Setjen/2016 tentang Baku Mutu Limbah Domestik.

Informasi lebih lanjut mengenai Pennyu Bio Septic Tank bisa dicek langsung di sini.

Kawan Pennyu jangan lupa cek artikel menarik seputar sanitasi lainnya di blog Pennyu Indonesia. Apabila Anda mencari produk-produk sanitasi terpercaya, konsultasikan ke kami. Pennyu Indonesia menyediakan produk sanitasi berkualitas dan terpercaya. Butuh produk sanitasi yang berkualitas? Dengan Pennyu Pasti Beres.

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan