sampah domestik, limbah domestik rumah tangga

Sumber: Gramedia blog


3 menit

Setiap aktivitas yang dilakukan manusia tidak terkecuali saat di rumah menghasilkan berbagai macam limbah buangan. Limbah yang dihasilkan dari rumah tangga umumnya disebut dengan limbah domestik.

Tahukah anda jika tiada hari tanpa limbah domestik? Kenapa demikian? Karena setiap hari selalu ada aktivitas rumah tangga. Agar mengetahui bagaimana cara mengolahnya dengan benar tentu anda harus pahami terlebih dahulu jenis limbah domestik.

Jadi, limbah domestik terbagi menjadi dua jenis yakni black water dan grey water. Apa perbedaannya? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Jenis-jenis Limbah Domestik

Black water

limbah black water, limbah domestik
Sumber: Istimewa

Black water adalah limbah rumah tangga yang dihasilkan dari pembuangan air kecil maupun besar meliputi urine dan feses. Umumnya black water diolah pada septic tank atau bio septic tank.

Baca juga: Cara Menjaga Air dari Kontaminasi Tinja

Grey water

limbah grey water, limbah domestik
Sumber: Freepik

Grey water adalah limbah domestik yang berasal dari air buangan kegiatan rumah tangga seperti cucian pakaian, masak atau cuci, air pel tapi tidak termasuk dari limbah toilet.

Menurut laporan statistik Lingkungan Hidup Indonesia 2020 menunjukkan banyak 57,42 persen rumah tangga di Indonesia membuang air limbah mandi, mencuci, dan dapur ke got atau sungai. Lalu 18,71 persen membuang limbah rumah tangga ke lubang tanah dan 10,26 persen membuang limbah ke tangki septik.

Kemudian hanya 1,67 persen orang indonesia membuang limbah rumah tangga ke sumur resapan dan 1,28 persen membuang limbah melalui instalasi pengolahan air limbah (IPAL) atau saluran pembuangan air limbah (SPAL).

Dampak Limbah Domestik

sampah domestik
Sumber: Istimewa

Dampak limbah domestik bagi lingkungan

Limbah domestik yang tidak dikelola dengan benar akan mencemari lingkungan sekitar. Karena limbah tersebut menyebabkan perubahan lingkungan yang juga berpengaruh pada ekosistem di lingkungan tersebut.

Contohnya kandungan bahan kimia pada deterjen maupun berbagai jenis sabun mempengaruhi tingkat keasaman atau ph tanah. Saat tingkat keasaman berubah, kesuburan tanah bisa ikut berubah karena ph tanah mempengaruhi kesuburan tanah.

Pernahkah kamu mengalami menanam tumbuhan namun tidak tumbuh subur? Mungkin itu dapat dipengaruhi oleh limbah domestik yang mengendap di dalam tanah.

Membunuh hewan dan tanaman

Hewan dan tanaman yang hidup di dalam lingkungan tercemar oleh limbah domestik akan mati. Hal tersebut dapat terjadi saat kandungan kimia pada limbah domestik bersifat racun dimakan oleh hewan.

Baca juga: Cara Menerapkan Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Begitu pula apabila limbah domestik tersebut diserap oleh tanah dalam jumlah banyak, tanaman yang ada di situ kesulitan untuk tumbuh subur bahkan bisa saja tanaman mati.

Berdampak buruk bagi kesehatan

Paparan kimia dari limbah domestik grey water dan bakteri yang dihasilkan dari limbah black water akan mencemari lingkungan serta membahayakan bagi kesehatan manusia.

Dampak negatif tersebut sangat merugikan manusia, karena dapat menimbulkan masalah kesehatan atau penyakit seperti gatal-gatal, diare, tifus, sampai gangguan hati dan ginjal.

Cara Mencegah Pencemaran Limbah Domestik

Membuat tempat pengolahan limbah domestik

apa itu septic tank, ramah lingkungan, septic tank konvensional, gambar septic tank, sanitasi air bersih
Sumber: Pennyu

Meminimalisir maupun mencegah pencemaran limbah domestik bisa anda lakukan dengan membuat tempat pengolahan limbah domestik dengan benar. Anda juga bisa membuatkan tempat pengolahan untuk limbah domestik cair grey water. Lalu gunakan Pennyu Bio Septic Tank untuk mengolah limbah cair black water.

Pennyu Bio Septic Tank, pengurai limbah black water dengan lima tahap penguraian. Menjadikan cairan limbah yang diolah lebih ramah lingkungan dan bisa langsung dialirkan ke selokan.

Baca juga: Sudahkah Septic Tank di Rumahmu Aman?

Benefit lainnya yang anda dapatkan dari Pennyu Bio Septic Tank sebagai pengurai limbah pengolah limbah bukan hanya tempat penampungan limbah yaitu memiliki ukuran yang kecil namun kinerja optimal. Jadi sangat cocok untuk pengurai limbah toilet di area lahan terbatas seperti perkotaan.

Selain itu, penempatan Pennyu Bio Septic Tank fleksibel karena bermaterial polyethylene (PE) kuat menahan tekanan tanah sehingga tidak mudah bocor. Bebas khawatir dari limbah toilet mencemari lingkungan sekitar.

Informasi lebih lanjut tentang Pennyu Bio Septic Tank dapat dicek di sini.

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan