sanitasi lingkungan adalah, kebersihan lingkungan

Ilustrasi lingkungan sehat dan bersih. Sumber: Mongabay


3 menit

Sanitasi lingkungan adalah salah satu usaha manusia untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Terciptanya sanitasi lingkungan yang baik membuat taraf kehidupan manusia terus meningkat karena hidup lebih sehat. Namun apa jadinya jika tidak ada sanitasi lingkungan? Pencemaran lingkungan akan masif dan menimbulkan penyakit yang mengancam kehidupan manusia.

Tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi bukan? Nah, oleh karena itu yuk terapkan sanitasi lingkungan yang baik. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui apa itu pengertian sanitasi lingkungan. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

A. Apa itu Sanitasi Lingkungan?

Apa itu sanitasi? Menurut KBBI, sanitasi lingkungan adalah usaha untuk menciptakan keadaan yang baik di bidang kesehatan terutama masyarakat melalui lingkungan hidup manusia terutama lingkungan fisik, yaitu tanah, air, dan udara.

Dalam jurnal “Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat dalam Perbaikan Sanitasi Lingkungan” sanitasi adalah perilaku disengaja dalam pembudayaan hidup bersih untuk mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya dengan harapan menjaga serta meningkatkan kesehatan manusia.

Baca juga: Apa Itu Septic Tank Konvensional dan Bio Septic Tank

Jadi pengertian sanitasi lingkungan adalah status kesehatan suatu lingkungan yang mencakup perumahan, pembuangan kotoran, penyediaan air bersih dan sebagainya.

Singkatnya, sanitasi lingkungan merupakan salah satu upaya mencapai lingkungan yang sehat dengan menjalankan perilaku bersih untuk menunjang kelangsungan hidup seluruh manusia.

B. Dampak Sanitasi Lingkungan yang Buruk

UNICEF menerbitkan artikel pada 2019 dan mengungkap hampir 25 juta orang di Indonesia tidak menggunakan toilet. Jadi masih banyak orang yang buang air besar di ruang terbuka seperti ladang, sawah, parit, dan sungai.

Sarana pembuangan sampah yang tidak baik juga bentuk dari sanitasi lingkungan yang buruk. Buang air besar sembarangan dapat mencemari tanah dan pasokan air di lingkungan sekitar. Alhasil muncul patogen yang menyebabkan penyakit pada manusia.

Kemudian sanitasi lingkungan yang buruk juga digambarkan dengan perilaku sering membuang sampah sembarangan, atau membiarkan limbah sampah menumpuk dihinggapi lalat. Karena hal itu, bibit penyakit akan timbul dan membahayakan kesehatan terutama masyarakat di lingkungan sekitar.

Melansir dari Cegah Stunting, pengelolaan sanitasi lingkungan yang buruk dan buang air besar sembarangan menjadi penyumbang meningkatnya angka penyakit di Indonesia terutama penyakit diare, tifus, polio, dan cacingan.

Karena itu hampir 1 dari 30 anak meninggal Indonesia meninggal sebelum mencapai umur sekolah dasar.

C. Pentingnya Sanitasi Lingkungan untuk Kesehatan Keluarga

Melihat dampak buruknya, sudah tidak dapat dipungkiri pentingnya sanitasi lingkungan harus dilakukan oleh setiap individu. Dengan perilaku ini Anda dapat menciptakan lingkungan bersih yang nyaman.

Hubungan manusia dan lingkungan harus terus dipupuk dengan baik, salah satunya lewat sanitasi lingkungan ini. Anda dapat membaca artikel berikut ini untuk menciptakan sanitasi lingkungan yang baik. “5 Cara Menciptakan Sanitasi Lingkungan yang Baik untuk Menjaga Kesehatan”.

Adapun pentingnya sanitasi lingkungan untuk kesehatan keluarga, meliputi;

1. Melindungi Kesehatan Keluarga

Dengan sanitasi lingkungan yang baik, keluarga bahkan orang-orang di sekitar juga akan lebih terlindung dari penyakit. Tetapi buruknya sanitasi lingkungan akan membuat bakteri penyebab penyakit berkembang biak.

Contoh penyakit yang muncul karena tidak terawatnya lingkungan seperti, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), malaria, demam berdarah, cacingan, penyakit kulit, TBC, dan diare.

2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

Sedari dini anak yang telah dikenalkan dengan sanitasi lingkungan yang baik akan lebih percaya diri dan mempunyai citra bagus.

Menunjukkan kondisi rumah yang bersih, nutrisi baik, gaya hidup bersih, dan bimbing mereka untuk menjaga kebersihan diri memacu karakter anak terbangun dan memperkuat persepsi tentang diri sendiri.

3. Meningkatkan Fokus dan Produktivitas

Terbentuknya lingkungan yang optimal untuk keluarga baik secara mental maupun fisik akan meningkatkan fokus dan produktivitas keluarga. Karena itu, mereka lebih senantiasa untuk menyelesaikan berbagai pekerjaannya.

D. Gunakan Bio Septic Tank dan Tangki Air

Menciptakan sanitasi lingkungan yang baik dapat Anda mulai dari membangun dengan benar sistem pengolahan limbah toilet. Tinja yang dibuang melalui kloset harus ditampung dan diolah menjadi limbah yang tidak membahayakan lingkungan.

Baca juga: Cara Kerja Pennyu Bio Septic Tank Ramah Lingkungan

Menggunakan septic tank konvensional untuk menampung tinja dirasa sudah tidak efektif karena sangat mudah bocor dan mencemari lingkungan sekitar.

Oleh karena itu, disarankan gunakan bio septic tank yang mempunyai tahapan pengolahan limbah toilet dengan sempurna.

Pennyu Bio Septic Tank, mempunyai lima pengolahan limbah toilet mutakhir. Limbah hasil pengolahan bisa langsung dialirkan ke selokan karena ramah lingkungan.

Selain itu, Pennyu Bio Septic Tank terbuat dari material plastik PE yang memberikan lapisan kuat tidak mudah bocor. Informasi lebih lanjut klik “Pennyu Bio Septic Tank”.

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan