toilet bersih, gambar toilet

3 menit

Mewujudkan Toilet Bersih dan Sehat

Toilet bersih dan sehat adalah fasilitas sanitasi yang harus diciptakan semua orang untuk memperoleh kenyamanan hidup.
Mungkin sebagian orang menganggap toilet bersih sudah pasti sehat dan aman. Padahal tidak begitu loh! Toilet bisa dikatakan sehat dan aman harus mencakup beberapa syarat.
Supaya lebih tahu, yuk kita bahas bersama mulai dari apa itu toilet, tips menciptakan toilet bersih dan sehat, hingga tempat pengolahan limbah toilet yang baik.

A. Apa itu Toilet?

Menurut Perpustakaan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), toilet adalah fasilitas sanitasi untuk tempat buang air besar dan kecil, tempat cuci tangan dan muka.
Lalu toilet umum adalah sebuah ruangan yang dirancang khusus lengkap dengan kloset, persediaan air dan perlengkapan lain yang bersih, aman dan higienis dimana masyarakat di tempat-tempat domestik, komersial maupun publik.

Adapun ketentuan ukuran toilet:

 1. Ukuran ruang untuk buang air besar (WC) : P = 80-90 cm, L = 150-160 cm, T = 220-240 cm.
 2. Ukuran ruang untuk buang air kecil (Urinoir) : L = 70-80 cm, T = 40-45 cm.

Sirkulasi udara:

Mempunyai kelembaban 40-50 persen, dengan taraf pergantian udara yang baik yaitu mencapai angka 15 air-change per jam (dengan suhu normal toilet 20-27 derajat celcius)

Pencahayaan:

Sistem pencahayaan toilet umum dapat menggunakan pencahayaan alami dan pencahayaan buatan. Iluminasi standar 100-200 lux.

Konstruksi bangunan:

 1. Lantai, kemiringan minimum lantai 1 persen dari panjang atau lebar lantai.
 2. Dinding, ubin keramik yang dipasang sebagai pelapis dinding, gypsum tahan air atau bata dengan lapisan tahan air.
 3. Langit-langit, terbuat dari lembaran yang cukup kaku dan rangka yang kuat sehingga memudahkan perawatan dan tidak kotor.

B. Tips Mewujudkan Toilet Bersih dan Sehat

Dalam jurnal Asosiasi Toilet Indonesia (ATI), pernyataan toilet yang tidak bau, tidak ada lumut, dan kerak merupakan toilet yang bersih dan sehat adalah hal atau pernyataan yang salah.
Dalam hal ini, Anda musti melihat dalam sudut pandang lebih luas, bukan hanya sekadar wangi dan kinclong. Toilet bersih dan sehat dimulai dari perencanaan atau sebelum toilet tersebut dibuat.
Jadi, toilet dapat dibilang bersih dan sehat harus memenuhi beberapa kriteria berikut:
  1. Desain dan penggunaan sesuai dengan standar peraturan yang ada.
  2. Menggunakan material dan bahan pembersih ramah lingkungan
  3. Dapat dengan mudah digunakan oleh orang-orang dari berbagai golongan
  4. Mudah dibersihkan
  5. Terdapat penerangan natural dari sinar matahari dan sirkulasi udara yang maksimal
Mengenai material pengolahan limbah toilet yang ramah lingkungan, disarankan Anda menggunakan Pennyu Bio Septic Tank. Penjelasan lengkapnya simak di bawah ini yuk!

C. Pengolahan Limbah Toilet dengan Pennyu Bio Septic Tank

Pennyu Bio Septic Tank, Anti Sedot dan Lolos Uji Laboratorium

Pennyu Bio Septic Tank merupakan tempat pengolahan limbah toilet yang memiliki sistem penguraian mutakhir dan ramah lingkungan.
Selain itu, Pennyu Bio Septic Tank juga mempunyai varian ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah keunggulan Pennyu Bio Septic Tank.

1. Limbah Efluen Ramah Lingkungan

Mengaplikasikan lima mekanisme mutakhir dan bioteknologi pada septic tank membuat limbah hasil pengolahan dapat langsung dialirkan menuju selokan atau bak peresap tanpa mencemari lingkungan.
Sistem dan perlengkapan Pennyu Bio Septic Tank sangat baik dalam proses pengolahan limbah sehingga mampu mengolah limbah domestik lebih efektif dan ramah lingkungan.

2. Penguraian Bertahap

Pennyu Bio Septic Tank mempunyai lima tahap penguraian. Dimulai dari pengendapan dan penguraian hingga ke proses filtrasi serta pemurnian limbah sebelum dialirkan keluar ke selokan.
Karena penguraian yang baik, limbah toilet yang dikeluarkan Pennyu Bio Septic Tank ramah lingkungan.

3. Cocok untuk Hunian Padat Penduduk

Memiliki ukuran compact dengan sistem pengolah limbah, membuat Pennyu Bio Septic Tank cocok untuk hunian padat penduduk.
Pennyu Bio Septic Tank tidak membutuhkan ruang yang besar untuk mengolah limbah domestik rumah tangga.

4. Perawatan Mudah

Tidak perlu menyedot wc secara berkala, Pennyu Bio Septic Tank anti sedot jika digunakan sesuai prosedur.
Anda hanya perlu melakukan perawatan dengan menambahkan bakteri pengurai limbah domestik setiap enam bulan sekali dan cek klorin di lubang outlet.

5. Sesuai Standar Baku Mutu Air Limbah

Air limbah yang keluar dari outlet Pennyu Bio Septic Tank sudah sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) LHK No. P.68/Menlhk-Setjen/2016 tentang baku mutu air limbah domestik. Telah lolos uji Laboratorium Sucofindo dan Dinas Lingkungan Hidup.

6. Garansi Dijamin Pabrik

Pennyu Bio Septic Tank bergaransi 12 TAHUN dan DIJAMIN PABRIK. Klaim garansi tidak ribet, Anda cukup menghubungi lewat WhatsApp atau SMS di nomor yang telah tertera di stiker garansi.
Registrasi garansi hanya perlu dilakukan melalui WhatsApp atau SMS setelah barang diterima.
Informasi lebih lanjut mengenai Pennyu Bio Septic Tank dapat Anda klik di sini atau menghubungi nomor 08170736698.

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan