Seiring berkembangnya teknologi seorang reseller bisa memasarkan dagangannya via online atau lewat internet. Hal ini tentu memudahkan sistem penjualan namun juga membuat persaingan semakin ketat. Karena itu seorang reseller memerlukan pemahaman tentang cara meningkatkan kepuasan pelanggan agar bisa bersaing menjajakan produknya.
Kepuasan pelanggan adalah salah satu indikator keberhasilan suatu bisnis offline maupun online seperti reseller. Apabila Anda berhasil mengambil hati pelanggan tentu akan memperbesar kepercayaan konsumen sehingga menimbulkan rasa ingin kembali berbelanja karena merasa puas.
Lantas bagaimana cara meningkatkan kepuasan pelanggan saat berbelanja ke reseller? Simak penjelasannya di bawah ini.
1. Memberikan Pelayanan Ekstra
Ada berbagai macam pelayanan yang bisa ditawarkan oleh reseller untuk membangun dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah memberi diskon bagi pelanggan setia.
Baca juga: 10 Strategi Sukses Menjadi Reseller untuk Pemula
Dengan merespon cepat pesan pelanggan pula bisa meningkatkan kepuasan pelanggan. Karena secara tidak langsung pelanggan akan merasa lebih diperhatikan dan beranggapan pelayanan yang Anda berikan tidak setengah-setengah.
2. Pelayanan yang Jelas dan Baik
Seperti yang sudah disinggung sedikit di poin pertama, seorang reseller yang ingin meningkatkan kepuasan pelanggan bisa dengan memberi pelayanan yang baik.
Anda bisa menggunakan komunikasi yang baik, sopan dan jelas serta tentunya cepat merespon pesan pelanggan. Jika pelanggan masih kebingungan, Anda bisa menawarkan bantuan konsultasi untuk mencari jawabannya. Pelayanan yang baik yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah menjalankan after sales. Tanyakan produk yang dibeli pelanggan apakah berfungsi dengan baik selama pemakaian?
Kemudian pada bagian pelayanan yang baik dari segi pengiriman meliputi, packaging yang rapi dan aman, serta barang yang dipesan oleh pelanggan cepat sampai.
3. Menciptakan Komunikasi yang Efektif
“Komunikasi adalah kunci” ini memang benar adanya. Komunikasi merupakan hal penting dalam hal apapun. Oleh karena itu membangun komunikasi yang baik dan efektif termasuk dalam cara meningkatkan kepuasan pelanggan.
Gunakan tutur kata yang sopan dan mudah dimengerti kepada konsumen. Meskipun konsumen bertanya terus menerus, tapi pastikan Anda tidak tersulut emosi dan menjadi kesal untuk meresponnya.
Baca juga: 6 Tips Mengoptimalkan Sosial Media Sosial untuk Reseller Pemula
Justru itu bisa Anda manfaatkan menjadi komunikasi yang persuasif untuk mengubah minat konsumen dari yang awalnya hanya bertanya menjadi ingin membeli.
Perlu diperhatikan, berusahalah untuk bersikap ramah pada pelanggan sehingga tercipta kenyamanan satu sama lain.
4. Menjalin Hubungan Baik dengan Konsumen
Berikan pelayanan setelah pembelian produk selesai. Atau umumnya disebut after sales. Dengan menjalankan after sales yang baik, seorang reseller bisa meningkatkan kepuasan pelanggan. Alhasil, kemungkinan pelanggan untuk kembali membeli produk di lapak Anda lebih besar dan berpotensi terjadinya pemasaran ‘mulut ke mulut’.
Pemasaran ‘mulut ke mulut’ adalah pemasaran yang dilakukan dari rekomendasi pembeli ke orang-orang sekitarnya. Hal itu adalah salah satu manfaat menjalin hubungan baik dengan konsumen.
Contoh after sales yang baik seperti memberi garansi pada produk. Dengan ini pelanggan akan menumbuhkan kepercayaan dan kenyamanan pelanggan terhadap produk yang Anda jual. Selanjutnya garansi juga berfungsi untuk meyakinkan pelanggan bahwa produk yang mereka terima dalam keadaan baik secara fisik dan fungsi.
Walaupun bisnis reseller yang Anda kerjakan dominan online, namun interaksi dengan konsumen bisa terus dilakukan untuk menjaga relasi. Misalnya Anda bisa menanyakan kondisi produk setelah pemakaian dalam waktu tertentu. Hal ini bisa menambah kepuasan pelanggan karena merasa diperhatikan.
5. Menerima Saran dan Keluhan
Saat menjadi reseller tidak bisa 100% Anda memuaskan para konsumen. Mungkin ada beberapa pelanggan yang kecewa dengan pelayanan Anda.
Konsumen terkadang memberi komplain jika produk atau pelayanan yang Anda berikan terkesan tidak sesuai. Anda harus menangani komplain dengan baik lalu dengan keluhan tersebut Anda bisa mengetahui kekurangan dan memperbaikinya. Selain itu, Anda bisa manfaatkan saran dan keluhan tersebut sebagai evaluasi untuk meningkatkan produk serta pelayanan yang diberikan.
Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Uang Tambahan Tanpa Ribet
Setelah tumbuh hubungan baik dengan konsumen tentu akan membuka peluang bisnis baru. Contohnya, Anda mempunyai konsumen seorang kontraktor yang pernah order tangki air dalam jumlah banyak. Karena adanya hubungan baik, suatu saat ketika ada proyek menambah peluang kontraktor tersebut kembali membeli tangki air ke Anda.
Itulah 5 cara meningkatkan kepuasan pelanggan bagi reseller. Semoga bermanfaat! Jika Anda sekarang ingin menjadi reseller tapi masih bingung gabung kemana? Yuk Jadi Reseller Pennyu Indonesia. Banyak keuntungan yang bakal Anda dapatkan lho!
Kawan Pennyu jangan lupa cek artikel menarik seputar sanitasi lainnya di blog Pennyu Indonesia. Apabila Anda mencari produk-produk sanitasi terpercaya, konsultasikan ke kami. Pennyu Indonesia menyediakan produk sanitasi berkualitas dan terpercaya. Butuh produk sanitasi yang berkualitas? Dengan Pennyu Pasti Beres.