perwatan bio septic tank mudah

Pennyu Bio Septic Tank. Sumber: Pennyu


3 menit

Merawat bio septic tank tidaklah sulit jika Anda mengikuti panduan perawatan bio septic tank di bawah ini. Dengan perawatan yang tepat, bio septic tank akan tetap bekerja efisien mengelola limbah toilet dalam waktu lama.

Tidak hanya penghuni rumah, seorang developer perumahan harus memahami maintenance bio septic tank untuk nantinya mengedukasi calon penghuni perumahan. Berikut ini panduan perawatan bio septic tank mudah dilakukan dan bisa untuk edukasi ke calon penghuni perumahan.

A. Cara Perawatan Bio Septic Tank

memilih bio septic tank, maintenance bio septitank1. Jangan Memasukkan Benda Tak Terurai

Seringkali masalah penyumbatan bio septic tank berasal dari sampah seperti tisu, pembalut bekas atau bahan non-organik lainnya yang dibuang ke kloset. Bahan-bahan tersebut tidak bisa terurai dan menyumbat sistem bio septic tank. Pastikan Anda tidak membuang bahan non-organik apapun ke kloset atau bio septic tank.

Baca juga: Produsen Bio Septic Tank Ramah Lingkungan di Jawa Tengah

2. Hindari Membuang Limbah Sabun

Membuang limbah sabun terlalu sering ke kloset dapat membunuh bakteri baik pengurai limbah di dalam bio septic tank. Gunakan bahan kimia seperlunya atau Anda bisa memilih produk yang tidak mengandung bahan kimia terlalu banyak untuk membersihkan kloset.

3. Gunakan Bio Septic Tank Sesuai Kapasitas

Meskipun bio septic tank bertugas mengurai limbah toilet, disarankan tetap sesuaikan jumlah pengguna dengan kapasitas bio septic tank. Penggunaan bio septic tank yang tidak sesuai akan berakibat limbah toilet tidak terurai dengan baik. Misalnya, jika jumlah penghuni di rumah 10 orang, maka jangan gunakan bio septic tank kapasitas 6 orang. Pilih kapasitas bio septic tank yang mampu menampung limbah 10 orang atau lebih.

4. Tambahkan Bakteri Pengurai

Langkah perawatan bio septic tank selanjutnya adalah menambahkan bakteri pengurai. Umumnya ada dua jenis bakteri pengurai yang diperjualbelikan di pasaran, cair dan serbuk.

Menambahkan bakteri pengurai secara berkala dapat membantu menjaga sistem penguraian limbah toilet di dalam bio septic tank tetap efektif. Anda bisa menambahkan bakteri pengurai melalui kloset setiap 6 bulan sekali.

5. Pemberian Tablet Disinfektan Berkala

Tablet disinfektan berfungsi untuk memastikan efluen atau cairan hasil pengolahan bio septic tank ramah lingkungan. Perawatan ini dilakukan jika bio septic tank mempunyai komponen tablet desinfektan yang harus diisi secara berkala. Penambahan tablet disinfektan dilakukan minimal 6 bulan sekali.

Baca juga: Tips Memilih Bio Septic Tank Terbaik, Awet dan Ramah Lingkungan

B. Mengatasi Permasalahan Bio Septic Tank

manhole adalah, pengertian manhole, fungsi manhole
Sumber: realhome.com

Jika terjadi permasalahan seperti outlet bio septic tank tersumbat sehingga efluen tidak bisa mengalir, maka dapat dilakukan pengecekan melalui lubang inspeksi (manhole) dan menemukan di bagian manakah yang bermasalah.

Namun jika permasalahan karena bio septic tank penuh, solusinya adalah memanggil jasa sedot wc. Klik ini untuk melihat referensi biaya sedot WC di berbagai daerah.

C. Rekomendasi Bio Septic Tank

anti sedot, bio septic tank, eco friendly, tangki septik, penyebab stunting anak karena sanitasi buruk
Ilustrasi Pennyu Bio Septic Tank ramah lingkungan

Sebagai seorang developer, Anda harus bertanggung jawab penuh akan proyek perumahan yang dibangun. Jangan asal-asalan membuat desain rumah, terutama sistem sanitasi pengolahan limbah toilet. Buatlah hunian yang nyaman dan berkelanjutan.

Karena itu, pilihlah bio septic tank ramah lingkungan yang mengurai limbah toilet secara efektif. Gunakan Pennyu Bio Septic Tank, pengurai limbah toilet bersertifikasi ramah lingkungan dan berukuran kecil, sangat cocok untuk hunian lahan terbatas.

Didukung dengan lima tahap proses penguraian, Pennyu Bio Septic Tank menghasilkan efluen yang ramah lingkungan, bisa dibuang langsung ke selokan tanpa melalui sumur resapan.

D. Cara Kerja Bio Septic Tank

cara kerja bio septic tank, pengolahan limbah toilet
Ilustrasi cara kerja bio septic tank

Ruang 1

Limbah toilet atau black water mengalami proses pengendapan dan penghancuran menjadi bentuk yang lebih kecil.

Ruang 2 & 3

Proses penguraian limbah toilet oleh bakteri

Ruang 4

Penguraian lanjutan melalui moving bed biofilm reactor (MBBR) untuk menghasilkan limbah lebih cair.

Ruang 5

Proses filtrasi dan desinfektan sehingga efluen atau cairan hasil penguraian aman dialirkan langsung ke selokan.

Sudah paham bagaimana cara perawatan bio septic tank yang benar dan kenapa harus pilih Pennyu Bio Septic Tank?

Baca juga: Manhole Adalah Komponen Penting Bio Septic Tank

Merawat bio septic tank sebenarnya tidaklah sulit, asalkan Anda tahu langkah-langkah yang tepat. Bio Septic Tank akan tetap berfungsi optimal dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama jika dirawat dengan baik.

Sekarang Anda penasaran apakah bio septic tank harus disedot dan bagaimana cara pemasangan bio septic tank? Hubungi Customer Care Pennyu di nomor 08170-736698 atau kirim email info@pennyu.co.id untuk dapatkan jawabannya!

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan