7 Peralatan Berkebun Yang Wajib Dimiliki Pemula

3 menit

Peralatan berkebun adalah sarana utama yang harus dimiliki oleh seseorang yang hobi bercocok tanam.

Berkebun atau bercocok tanaman mempunyai banyak manfaat loh. Selain hasil kebun bisa dipanen, dengan berkebun Anda bisa memanfaatkan waktu luang dan rumah terasa lebih segar serta menenangkan karena banyak tanaman.

Oleh karena itu tidak heran jika banyak orang hobi berkebun. Ketika berkebun, Anda bisa menanam tumbuhan bervariasi yang dapat disesuaikan dengan daerah geografis tempat tinggal. Contohnya seperti bila tinggal di dataran tinggi, Anda bisa membuat kebun strawberry mini di belakang rumah.

Baca juga: Jaga Kualitas Air di Rumah, Rawat 3 Benda ini

Tapi apakah Anda tahu peralatan berkebun apa saja yang diperlukan untuk berkebun?

Buat Anda yang ingin memulai hobi berkebun, yuk simak penjelasan peralatan berkebun dan kegunaannya di bawah ini.

Inilah 7 Peralatan Berkebun dan Kegunaannya untuk Pemula

1. Sarung Tangan Berkebun

Ketika ingin berkebun Anda harus siap kotor-kotoran dengan tanah. Untuk melindungi tangan Anda gunakanlah sarung tangan.

Mungkin sebagian orang berpikir tidak perlu memakai sarung tangan, karena kotor akibat menyentuh tanah bisa dibersihkan dengan air.

Permasalahannya, Anda tidak tahu ada benda dan bakteri apa saja di dalam tanah bukan? Maka dari itu lebih baik pakai sarung tangan untuk melindungimu saat bercocok tanaman.

2. Cangkul dan Sekop

Peralatan berkebun yang wajib kamu miliki selanjutnya adalah cangkul dan sekop. Kedua peralatan berkebun tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menggali tanah tempat menanam bibit tanaman.

Perbedaannya cangkul digunakan untuk menggali tanah dengan kedalaman cukup dalam, sedangkan sekop biasanya hanya dipakai menggali tanah dalam pot tanaman.

Baca juga: Cara Mudah Bergaya Hidup Ramah Lingkungan di Rumah

Saat membeli sekop atau cangkul, sebaiknya pilihlah bagian ujung yang tajam. Hal memudahkan Anda untuk mencongkel tanah padat atau memotong akar tanaman.

3. Garpu dan Gunting Taman

Alat berkebun selanjutnya yaitu garpu taman, berguna untuk memecah atau mengurai tanah yang keras. Bukan hanya itu, alat ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuat lubang benih, menghilangkan batu, dan gulma.

Ukuran garpu bermacam-macam. Jika mempunyai lahan yang luas gunakan garpu taman berukuran besar, sementara berkebun di skala kecil cukup pakai garpu ukuran kecil.

Sama halnya dengan garpu taman, gunting taman pun mempunyai berbagai jenis ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Gunting taman berfungsi untuk merapikan tanaman. Terlebih untuk tanaman bonsai, Anda memerlukan gunting untuk membentuk dan merapikannya.

4. Peralatan Berkebun Pot Tanaman

Tidak semua orang mempunyai lahan cukup luas untuk berkebun, karena itu Anda membutuhkan pot sebagai wadah atau tempat tanaman.

Namun jangan asal-asalan memilih pot tanaman ya! Anda perlu menyesuaikannya dengan jenis dan area peletakannya.

Lalu pastikan pot tanaman mempunyai lubang drainase sebelum membelinya. Kemudian ketika hendak memindahkan tanaman, isi terlebih dahulu setidaknya ⅓ bagian pot dengan tanah dan tambah sekam (jika punya). Baru setelah itu pindahkan tanaman dan penuhi pot dengan tanah.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    5. Alat Semprot Anti Hama

    Hama adalah musuh utama semua jenis tanaman. Oleh karena itu hama harus dibasmi sebelum menyerang tanaman Anda.

    Anda bisa menjaga tanaman tetap subur dengan menyempurnakan perawatan dan mencegah hama.

    Baca juga: 5 Tips Mengelola Sampah di Rumah agar Ramah Lingkungan

    Gunakan alat semprot anti hama untuk memudahkan Anda mengusir hama dari tanaman. Semprotan anti hama sudah banyak dijual di toko-toko tanaman atau di e-commerce.

    6. Peralatan Berkebun Selang Air

    Air dengan tanaman ibarat nasi dengan manusia. Air adalah hal wajib yang dibutuhkan tanaman untuk bertahan hidup.

    Apabila mempunyai lahan kebun yang cukup luas, Anda memerlukan selang air untuk memudahkan saat menyiram tanaman secara merata.

    Dengan selang, air dapat menjangkau tanamanan di area yang jauh dari sumbernya.

    7. Keran Air Pennyu BL

    Jangan gunakan keran air sembarangan untuk menyirami tanaman. Keran yang tidak sesuai seperti memiliki soket khusus selang tidak cocok untuk berkebun.

    Selang akan mudah terlepas dari keran saat digunakan. Karena, selang tidak bisa mengikat secara kencang di soket. Oleh karena itu gunakan keran air khusus taman.

    Keran Air Pennyu BL didesain khusus untuk taman atau berkebun. Mempunyai soket selang, kualitas kuat, dan awet meskipun berada di luar ruangan.

    Bukan hanya itu, Keran Air Pennyu BL mempunyai lima varian warna yang dapat disesuaikan dengan tema nuansa hunian atau taman. Info lebih lengkapnya dapat Anda klik di sini.

    Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

    Komentar Dinonaktifkan