kitchen sink mampet, bak cuci piring, wastafel

2 menit

Ikuti Cara Mengatasi Kitchen Sink Mampet

Kitchen sink mampet sering terjadi di setiap rumah dan membuat kesal karena Anda jadi sulit menyelesaikan pekerjaan rumah. Penyebab kitchen sink atau wastafel mampet yaitu endapan kotoran bekas cuci menumpuk di pipa pembuangan.

Karena permasalahan itulah, cara mengatasi wastafel mampet yang efektif dicari banyak orang. Dalam artikel ini Pennyu Indonesia akan memberikan 3 tips mengatasi kitchen sink mampet. Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: Kitchen Sink Bau Tak Sedap? Intip Cara Menghilangkannya

A. Cara Mengatasi Kitchen Sink Mampet

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini ada beberapa cara mengatasi kitchen sink mampet.

1. Menggunakan Baking Soda dan Cuka

Siapa sangka kalau baking soda dan cuka bisa digunakan untuk mengatasi wastafel yang mampet? Berikut langkah menggunakan baking soda dan cuka untuk mengatasi kitchen sink mampet.

  • Tuangkan 100 gram baking soda ke saluran pembuangan kitchen sink. Anda bisa memanfaatkan sendok atau spatula untuk mendorong bubuk baking soda.
  • Selanjutnya tuangkan 200 ml cuka putih ke saluran pembuangan.
  • Kemudian tutup dan diamkan selama 15 menit saluran pembuangan agar baking soda dan cuka bercampur.
  • Buka saluran pembuangan dan alirkan air keran ke dalamnya.

2. Menggunakan Cairan Khusus Pembersih Pipa

Cara ini terbilang mudah karena Anda tinggal membeli produk cairan khusus pembersih pipa di toko atau secara online di marketplace.

  • Tuangkan cairan khusus pembersih pipa ke saluran pembuangan kitchen sink.
  • Diamkan beberapa saat agar cairan mengurai endapan penyebab mampet.
  • Langkah terakhir siram saluran pembuangan yang mampet dengan air hangat.

3. Menggunakan Plunger

Ini adalah cara lanjutan yang membutuhkan alat. Plunger merupakan alat seperti pompa yang didesain khusus untuk mengatasi saluran tersumbat. Alat ini juga dikenal sebagai alat penyedot toilet. Berikut ini cara menggunakan plunger.

  • Pertama, posisikan plunger di atas saluran pembuangan.
  • Gerakkan atau tekan plunger ke atas dan ke bawah dengan cepat. Anda juga bisa menarik plunger dari saluran pembuangan kitchen sink untuk melihat apakah air sudah mengalir atau belum.
  • Lakukan hal yang sama seperti di atas hingga sumbatan menghilang.

Baca juga: Cara Menghilangkan Karat di Kitchen Sink Tanpa Pembersih Mahal

Dengan ketiga cara di atas, Anda bisa mengatasi persoalan saluran tempat cuci piring dengan mudah. Untuk mencegah kejadian serupa terulang kembali, Anda bisa melakukan peratawatan kitchen sink.

B. Tips Merawat Kitchen Sink

Anda bisa meminimalisir kitchen sink mampet apabila bisa merawatnya dengan benar dan baik. Inilah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk merawat kitchen sink.

  1. Buang Sisa Makanan ke Tempat Sampah

    Poin pertama yang harus dilakukan untuk merawat kitchen sink yaitu dengan membuang sisa makanan yang ada di piring atau peralatan dapur ke tempat sampah sebelum Anda mencucinya di wastafel. Hal itu penting dilakukan untuk meminimalisir terjadinya sumbatan pada kitchen sink.

  2. Rajin Membersihkan Saluran Pembuangan Kitchen Sink

    Tips ini menggambarkan tentang “lebih baik mencegah daripada mengobati. Ya! Rajin membersihkan saluran pembuangan kitchen sink merupakan langkah yang bisa Anda pakai untuk mencegah kitchen sink mampet.

    Biasanya afur kitchen sink yang berfungsi menyaring kotoran atau endapan bekas cuci penuh dan membuat kitchen sink tersumbat. Kamu bisa membersihkannya secara rutin dan berkala. Selain itu, Anda juga bisa menyiram lubang pembuangan kitchen sink dengan air panas.

  3. Mengeringkan Kitchen Sink

    Kitchen sink yang basah dan lembab bisa dimanfaatkan oleh bakteri untuk berkembang biak. Menjaga kitchen sink bersih dan kinclong seperti baru merupakan perawatan yang dapat dilakukan dengan cara mengeringkan kitchen sink setelah dipakai atau jika tidak dipakai.

    Hal ini juga berguna menghindari muncul bau tak sedap akibat kitchen sink yang lembab di dapur. Anda bisa menggunakan lap kering yang lembut saat mengeringkan kitchen sink agar tidak menggoresnya.

Itulah 3 cara ampuh mengatasi kitchen sink mampet dan cara merawatanya. Semoga membantu ya! Dapatkan artikel menarik lainnya di blog Pennyu Indonesia.

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan