manajemen waktu yang baik merupakan strategi kesuksesan

Time Management: Strategies for Success


4 menit

Kamu pernah merasa hari-harimu serasa kurang 24 jam saat melakukan berbagai aktivitas? Tenang aja, kamu nggak sendirian! Hal itu bisa jadi karena cara manajemen waktu yang kurang tepat. Pengen tahu gimana cara mengatasi masalah tersebut? Dalam Pennyu Insight Session, Wahyu Setya Ningsih, Head of Finance Pennyu Group telah menjelaskan bagaimana memahami manajemen waktu yang baik dan trik untuk menjalaninya agar kamu bisa lebih ahli mengelola waktu dan jadi lebih produktif.

Apa itu Manajemen Waktu?

Menurut Wahyu, manajemen waktu adalah proses perencanaan sampai mengontrol waktu secara efektif agar bisa mencapai tujuan dengan lebih produktif dan efisien.

Skill manajemen waktu bukan cuma membuat daftar dan jadwal kerjaan aja loh ya, tapi juga membutuhkan cara terbaik dalam mengalokasikan waktu. Manajemen waktu melibatkan kemampuan untuk mengatur prioritas, mengenali kebiasaan buruk yang mengganggu produktivitas untuk mengefektivitaskan waktu.

Kenapa Kemampuan Manajemen Waktu Penting dalam Dunia Kerja

1. Manajemen Waktu yang Baik Buat Orang Jadi On Time

Orang dengan manajemen waktu yang baik akan mengerjakan sesuatu hal dengan terstruktur dan sesuai dengan skala prioritas sehingga segala urusannya bisa dilakukan tepat waktu.

Baca juga: First Job, New Journey! Siapkan Dirimu dengan Tips Ini

2. Manajemen Waktu yang Baik Buat Orang Lebih Rapi dan Terorganisir

Menerapkan manajemen waktu buat kamu jadi lebih menjaga dan menyimpan barang-barang sesuai dengan tempatnya. Dengan begitu ketika kamu perlu, kamu mudah menemukannya tanpa perlu mencarinya.

3. Mengurangi Stres

Salah satu hal yang kamu dapetin kalau menerapkan manajemen waktu yaitu bisa buat perencanaan berdasarkan skala prioritas. Hal itu bisa meminimalisir kamu ngerjain tugas mepet deadline. Sekarang deadline nggak lagi jadi momok menakutkan yang seringkali bikin stres.

Dampak Manajemen Waktu yang Buruk

Banyak banget dampak negatif yang dialami seseorang yang nggak bisa mengelola waktu dengan baik loh! Berikut ini beberapa dampak yang terjadi;

1. Kurang Tidur

Jadwal tidurmu bisa jadi berantakan karena salah mengelola waktu. Dampaknya kamu nggak akan fokus ngerjain sesuatu dan lebih parahnya mengganggu kesehatan kamu.

2. Produktivitas Menurun

Kalau kamu merasa hari berlalu begitu aja tanpa hasil yang berarti, mungkin itu adalah tanda manajemen waktumu kurang baik. Biasanya, itu terjadi karena kamu sering menghabiskan waktu untuk hal-hal yang kurang penting dan nggak mengelola waktu dengan baik.

3. Mudah Stres

Stres bisa berasal dari mana aja, salah satunya karena manajemen waktu yang buruk. Ketika kamu nggak bisa nyelesain pekerjaan tepat waktu, kamu jadi merasa tertekan dan hal ini bisa memengaruhi kesehatan fisik dan mentalmu.

4. Hubungan dengan Orang Lain Terganggu

Saat kamu sering mengerjakan dan melakukan sesuatu terlambat, orang lain yang bekerja sama dengan kamu akan merasa kecewa dan kehilangan kepercayaan.

5. Terburu-buru

Mengelola waktu yang buruk bisa buat kamu mengerjakan sesuatu serba terburu-buru. Cobalah atur jadwal dan tentukan waktu pengerjaannya agar waktu sehari-harimu tetap teratur.

Cara Manajemen Waktu

Sekarang udah tahu dampak besar yang dihasilkan dari manajemen waktu yang buruk kan? Lalu bagaimana cara manajemen waktu yang baik? dan bagaimana cara menjadi karyawan yang memiliki manajemen waktu yang baik? Berikut cara manajemen waktu yang benar.

1. Gunakan SMART Goals

S- Spesifik: Tujuan harus jelas dan spesifik agar kamu tahu apa yang ingin dicapai. Contohnya ingin menyelesaikan 3 tugas utama setiap hari sebelum jam 2 siang.

M- Measurable: Tujan harus bisa diukur agar bisa tahu progressnya.

A- Achievable: Pastikan tujuan yang kamu tetapkan realistis dan bisa dicapai berdasarkan kemampuanmu.

R- Relevant: Pastikan tujuan yang kamu bikin itu masih relevan dengan tujuan jangka panjang.

T- Time-bound: Tujuan harus punya batas waktu yang jelas ya! Contohnya: Goals kamu akan dilakukan selama 1 bulan kedepan.

2. Time Blocking

Penting banget buat kamu mengalokasikan batasan waktu agar fokus mengerjakan sesuatu. Bikin estimasi waktu pengerjaan. Misalnya, kamu mengambil waktu 1 jam setiap harinya untuk baca berita. Jadi rencanakan setiap momen sebelumnya dan buat “blok” butuh berapa lama kamu bisa selesaikan tugas itu.

3. Teknik Prioritas

Caranya mudah banget, kamu hanya perlu menyusun tugas mana yang harus dikerjakan terlebih berdasarkan dari skala prioritasnya.

4. Teknik Pomodoro

Kamu bisa terapkan teknik pomodoro yaitu metode manajemen waktu yang ngelibatin periode kerja intensif selama 25 menit, dan istirahat singkat selama 5 menit. Teknik ini akan membantumu lebih fokus dan produktif.

Baca juga: Leadership Talk: “Kejujuran is About Everything” Fondasi Utama dalam Kepemimpinan

5. Two Minute Rule

Kalau kamu sering menunda-nunda melakukan tugas ringan, gunakan teknik ini. Caranya jika ada tugas yang bisa dikerjakan dengan waktu 2 menit kurang, lakukan segera. Contohnya seperti membuang sampah, menaruh pakaian kotor segera pada tempatnya

Tips Manajemen Waktu

1. Buat Daily to Do List

Membuat perencanaa atau to do list akan memudahkan kamu menentukan tugas yang harus lebih dulu dikerjakan. Kamu nggak perlu waktu lagi buat berpikir tugas apa yang selanjutanya harus dilakukan. Manfaatin teknologi dengan menggunakan aplikasi yang ada di handphone atau laptop untuk membuat to do list ya!

Kamu bisa membuat daftar tugas-tugas yang harus diselesaikan mulai dari yang terpenting sampai tugas yang dirasa punya tenggang waktu lebih banyak.

2. Disiplin Waktu

Kalau kamu baru aja menerapkan manajemen waktu perlu banget buat disiplin waktu yang tinggi. Kamu perlu biasain kerja dengan nggak menunda waktu dan terjadwal sesuai sama rencanamu. Sikap nggak disiplin bisa buat pekerjaan semakin menumpuk dan menyebabkan stres.

3. Di Akhir Minggu Lakukan Evaluasi

Supaya manajemen waktu yang kamu lakukan lebih baik, di akhir minggu buatlah jadwal untuk evaluasi. Cari apa aja yang perlu diperbaiki dari perencanaanmu tersebut. Dengan begitu, manajemen waktu kamu akan berjalan lebih baik lagi kedepannya.

Baca juga: Work Life Balace as Neurodivergent Individual

Contoh Manajemen Waktu

1. Mahasiswa

a. Buat jadwal kuliah dan waktu ujian dalam satu kalender atau aplikasi

b. Sisihkan waktu khusus untuk belajar dan hindari gangguan selama proses tersebut.

c. Manfaatkan waktu luang untuk membaca materi yang akan diterangkan dosen

d. Kamu bisa gabung organisasi untuk melatih manajemen waktu dan kemampuan bersosialisasi.

e. Lakukan evaluasi di akhir minggu untuk mengetahui hal apa yang harus ditingkatkan.

2. Karyawan

a. Buat to do list atau jadwal pekerjaan berdasarkan prioritas

b. Terapkan Pomodoro saat bekerja

c. Buat agenda agar waktu efektif dan efisien

d. Manfaatkan waktu istirahat, jangan cuma scrolling media sosial coba gunakan waktu luang untuk olahraga ringat atau berlibur.

e. Berani bilang “Tidak” jadi jika itu bukan prioritas, kamu bisa menolak.

f. Manfaatkan teknologi, gunakan Google Calender, aplikasi to-do-list, atau gunakan aplikasi kolaborasi untuk memudahkan kerja sama tim.

Manajemen waktu yang baik akan memudahkanmu mengerjakan segala hal loh! Bahkan bukan cuma di lingkup profesional. Sekarang, apakah sudah siap melakukan pengelolaan waktu lebih baik?

Komentar Dinonaktifkan