pennyu learning circle edisi work life balance

Cara menerapkan work life balance. Sumber: Pennyu


3 menit

Istilah work life balance mungkin udah nggak asing buat generasi milineal. Work life balance bisa diartikan kemampuan seseorang dalam menyeimbangkan tanggungjawabnya di pekerjaan dan hal yang nggak ada kaitannya sama kerjaan. Beban kerja yang membeludak ditambah manajemen waktu berantakan bikin flow kerja nggak beraturan. Karena itu perlu buat kita nerapin work life balance.

Banyak cara yang bisa kamu lakuin biar bisa nerapin work life balance lho! Salah satunya fokus dan menyusun skala prioritas. Tapi, gimana caranya nerapin work life balance kalau kamu individu neurodivergent?

Seorang neurodivergent punya cara berpikir dan belajar yang unik. Meski ini terlihat memberi perspektif yang beda dan kreatif, namun seringkali juga punya tantangan tersendiri, terutama di lingkungan kerja. Sindi Nuragami Content Creator Intern Pennyu Group adalah seorang neurodivergent. Dalam artikel ini Sindi bakal sharing strategi yang bisa ngebantu individu neurodivergent mencapai work life balance yang optimal.

A. Strategi Work Life Balance

1. Mempersonalisasikan Rutinitas

Kata Sindi, untuk menyeimbangkan kerjaan dan kehidupan sehari-hari, hal pertama yang harus kamu lakuin buat to-do-list. Fungsinya buat nge-breakdown apa saja kegiatan yang harus kamu lakukan di hari itu. Setelahnya, kamu bisa tahu apa aja yang bakalan dikerjain dan nentuin skala prioritasnya.

2. Memanfaatkan Kekuatan

Karena Sindi seorang neurodivergent, ia punya pemikiran lebih kompleks, hal itu buat dirinya kadang kesulitan saat ngerjain sesuatu. Tapi dalam satu bulan, dia cerita kalau punya “Golden Day”

“Aku bisa 100% fokus tanpa perlu aku copy mekanism. Di hari itu aku biasanya langsung ngerjain dan nyelesaiin semua kerjaan aku.”

Kalau kamu juga seorang neurodivergent, perlu banget aware buat nemuin “Golden Day” itu biar bisa lebih produktif.

Baca juga: Jack of All Trades or Master of One? Generalist vs Specialist

3. Tetapkan Batasan

Penting banget lho buat seseorang menetapkan batasan. Sindi sadar hal ini penting waktu belajar dari pengalamannya saat membuka jasa freelance.

Sindi cerita kalau dari tahun lalu, dia aktif buka jasa freelance seperti make up artis, model, dan aktor. Tapi kerjaan sampingan itu bikin energinya habis dan badannya gampang capek. Belajar dari pengalaman itu, Sindi akhirnya bikin batasan antara pekerjaan dan kehidupan personal.

” Sekarang aku udah nggak ngejawab soal kerjaan di atas jam 5 (sore). Kecuali memang yang urgent dan memang pekerjaan itu mengganjal aja di aku, harus aku selesaikan hari itu juga.”

Sindi juga bahkan juga ngejadwalin buka handphone buat bales chat teman-temennya.

“Aku selalu ngasih tahu ke temen-temen aku, kalau aku akan slow response kalau jam kerja karena biar bisa fokus.”

Nggak cuma itu aja guys! Biar komunikasi soal kerjaan dan personalnya tersturktur, Sindi misahin akun WhatsApp pribadi dengan WhatsApp kerjaan.

“Jadi bisa dipisahin mana teman yang ngajak main dan teman yang ngebahas kerjaan.”

4. Manfaatkan Teknologi

Karena Sindi pelupa dan kadang mager, dia punya solusi buat nangani kelemahannya. Caranya dengan memanfaatkan teknologi. Dia bikin alarm yang fungsinya sebagai reminder biar tergugah niatnya untuk produktif.

“Aku pakai aplikasi Google Calender, Note untuk to do list, Me+, dan aplikasi dari Ipad ada reminder.”

Notifikasi dari aplikasi itu juga ngebantu banget buat ngingetin Sindi ngelakuin berbagai hal. Kata Sindi, dia tipikal kalau udah fokus ngerjain satu hal, dia sampai lupa ngelakuin hal lain.

Baca juga: Being An Extrovert, In An Introvert’s Body

“Ini sangat membantu, karena kalau pas aku hyperfocus, aku lupa hal-hal lain. Karena ada notifikasi dari aplikasi ini aku jadi tertrigger ngelakuin hal lain.”

5. Lakukan Perawatan dan Perhatian Diri

Sindi punya cara perawatan dan perhatian buat dirinya biar nggak stres karena harus fokus serta produktif. Ia nyempetin diri buat yoga atau lakuin olahraga, makan-makanan yang bergizi atau makanan enak biar bikin hati senang.

“Kalau misalkan kita di luar jam kerja, nggak usah juga mikirin soal kerjaan. Jadinya kita fokus ke kehidupan kita aja. Kita melakukan hobi-hobi kita, melakukan kesenangan kita.”

B. Coping Mechanism

Kalau emang udah mentok banget, Sindi punya cara yang dia lakuin saat ngehadepin persaan yang buat dirinya nggak nyaman. Yuk simak apa aja sih coping mechanism Sindi!

1. Dengerin Musik saat Kerja

Buat sebagian orang, saat kerja mereka harus dalam kondisi tenang tanpa distraksi. Bahkan kadang suara ranting patah pun bisa ngeganggu konsentrasinya. Tapi beda banget sama Sindi, dia justru harus dengerin musik saat kerja. Musik bisa bikin dia lebih relax saat ngerjain sesuatu.

Baca juga: Leadership Talk: “Kejujuran is About Everything” Fondasi Awal dalam Kepemimpinan

2. Menggerakkan Anggota Tubuh

Ini coping mechanism unik kedua dari Sindi, kalau nanti kerja bareng Sindi jangan kaget kalau dia selalu sering gerak ya guys! Tapi tenang ya guys, geraknya nggak brutal kok. Kalau Sindi gerak terus saat ngobrol bukannya dia nggak mau dengerin tapi justru itu cara dia buat fokus.

C. Kesimpulan

Work life balence emang penting dilakuin semua orang, tapi buat seorang neurodivergent perlu ngelakuin usaha ekstra untuk mencapai keseimbangan kerja. Tipsnya, seorang neurodivergent harus paham sama kebutuhan unik mereka dengan memilih lingkungan yang tepat dan lebih peduli dengan diri sendiri. Kalau udah kenal sama diri sendiri, kamu bisa menavigasi work life balance dengan cara yang paling sesuai dengan dirimu.

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan