Air tercemar zat besi

Sumber: Istimewa


3 menit

Ciri air mengandung zat besi harus disadari dan dimengerti. Air yang mengandung zat besi berlebih jika dikonsumsi berdampak negatif pada kesehatan manusia.

Memastikan air yang anda gunakan benar-benar bersih penting dilakukan. Karena, apabila air yang dipakai sehari-hari kotor akan berdampak buruk pada kesehatan. Salah satu komponen kimia berbahaya yang sering mencemari air yaitu zat besi (Fe).

Sebenarnya zat besi juga mempunyai dampak positif yaitu dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel-sel darah merah. Namun apabila dikonsumsi melebihi yang telah ditetapkan kementerian kesehatan yaitu 0,3 mg/l akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Umumnya, air yang berasal dari sumber tanah galian seperti sumur yang dangkal lebih rentan tercemar oleh zat besi. Salah satu penyebab air tercemar zat besi yakni karena adanya pencemaran limbah rumah tangga atau limbah industri yang mengandung zat Fe tinggi.

Baca juga: Cara Menjaga Air dari Kontaminasi Tinja

Apabila air tercemar zat besi terus menerus dikonsumsi akan berdampak buruk pada kesehatan seperti sakit kulit sampai merusak organ sistem pencernaan. Dampak buruk lain jika air di rumah kamu tercemar zat besi adalah pipa air akan berkarat dan seiring waktu akan menyumbat bagian pipa sehingga mengurangi tekanan air yang keluar dari keran.

Kemudian air yang keruh karena zat besi pun akan meninggalkan noda kuning pada lantai kamar mandi, wastafel, bahkan kitchen sink. Untuk mengetahui apakah air di rumah tercemar oleh zat besi, yuk ikuti penjelasan ciri-ciri air tercemar zat besi di bawah ini.

A. Ciri-ciri air mengandung zat besi

Air mengandung zat besi tinggi
Sumber: Istimewa

Air mengeluarkan bau besi

Ciri air mengandung zat besi yang pertama adalah air mengeluarkan bau besi. Kandungan zat besi yang berlebih akan mengakibatkan air bersih di rumah kamu mengeluarkan aroma atau bau besi dan tanah.

Air mempunyai endapan berwarna kuning

Air yang tercemar oleh zat besi yang tinggi jika berada di dalam penampungan yang tenang akan meninggalkan endapan berwarna kuning. Lalu setelah beberapa saat kontak dengan udara air menjadi kuning-kecoklatan.

Baca juga: Pengolahan Air Bersih Dapat Dilakukan dengan Cara Ini

Apabila air tersebut digunakan untuk mencuci, akan menimbulkan bercak-bercak kuning pada pakaian.

Air terasa licin

Apabila anda menggunakan air yang mengandung Fe tinggi, kulit anda akan terasa licin dan tidak nyaman untuk mandi. Bukan hanya itu, air yang tinggi zat besi menyebabkan pakaian berkerak.

Selanjutnya untuk mengetahui apa syarat air dapat dikatakan bersih, anda bisa mengetahuinya di sini syarat air bersih dan tips menjaga kualitasnya dari kemenkes

b. Metode penjernihan air dari kadar zat besi yang tinggi

Aerasi

pengertian aerasi
Sumber: Istimewa

Kadar Fe yang terdapat dalam air dapat dikurangi dengan oksidasi. Metode ini disebut dengan aerasi karena adalah konsepnya memasukkan udara ke dalam air. Nantinya udara yang masuk ke dalam air mengubah Fe menjadi Fe (oh)3 yang tidak larut dalam air. Kemudian, baru diendapkan ke dasar air.

Baca juga: Perbedaan Air PAM, Air PDAM, dan Air Sumur serta Saran Penggunaannya

Sedimentasi

Air tercemar zat besi
Sumber: Istimewa

Proses ini umum dilakukan dalam pengolahan air bersih. Sedimentasi merupakan pengendapan partikel-partikel padat yang tersuspensi dalam cairan karena pengaruh gravitasi. Dalam proses ini tidak akan mengubah bentuk, ukuran, dan kerapatan benda padat. Partikel-partikel pada yang mempunyai gravitasi lebih besar akan mengendap ke dasar.

Filtrasi

Cara Perawatan Pennyu Filter Air KeramikTerlihat dari namanya, proses filtrasi yaitu menyaring partikel-partikel dan juga kotoran organik maupun anorganik dalam air. Metode penjernihan air ini sangat umum diterapkan di rumah karena terbilang cukup mudah dilakukan.

Untuk memfiltrasi Fe dalam air, anda bisa menggunakan pennyu filter air keramik. Filter keran air yang mampu menyaring polutan dalam air hingga kerapatan 0,5 micron.

Anda bisa memastikan bahwa air yang digunakan sehari-hari terhindar dari pencemaran zat besi (Fe) maupun polutan lainnya. Pennyu Filter Air Keramik mempunyai beberapa konektor yang berfungsi memudahkan pemasangan dan cocok untuk berbagai jenis kran air.

Yuk cari tahu Pennyu Filter Air Keramik lebih lanjut di sini! Atau segera dapatkan Pennyu Filter Air keramik di Shopee Pennyu Indonesia maupun Tokopedia Pennyu Indonesia.

Kawan Pennyu jangan lupa cek artikel menarik seputar sanitasi lainnya di blog Pennyu Indonesia dan apabila Anda mencari produk-produk sanitasi terpercaya konsultasikan ke kami. Pennyu Indonesia menyediakan produk sanitasi berkualitas dan terpecaya. Butuh produk sanitasi yang berkualitas? Dengan Pennyu Pasti Beres.

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan