gambar septic tank, bio septic tank, apa itu septic tank

2 menit

Apa itu septic tank konvensional dan bio septic tank? Kemudian apa perbedaannya?

Dua pertanyaan tersebut tentu penting diketahui oleh semua orang karena terutama seseorang yang peduli dengan sanitasi lingkungan. Dengan mengetahui pengertian dan perbedaan kedua media tersebut Anda dapat ikut berperan dalam menjaga alam dari pencemaran limbah toilet.

Yuk simak pembahasan di bawah ini untuk mengetahui pengertian dan perbedaan septic tank konvensional dengan bio septic tank.

A. Apa itu Septic Tank Konvensional dan Bio Septic Tank

Berdasarkan SNI 2398:2017, septic tank konvensional adalah ruangan kedap air terdiri dari satu atau beberapa bagian terpisah (kompartemen) yang berfungsi untuk menampung sekaligus mengolah limbah toilet oleh bakteri anaerob membentuk bahan-bahan larut air dan gas.

Baca juga: Cara Kerja Pennyu Bio Septic Tank Ramah Lingkungan

Bio septic tank mempunyai pengertian yang sama seperti septic tank konvensional. Namun bio septic tank lebih unggul dalam mengolah limbah toilet karena memanfaatkan bioteknologi yang membuat jumlah bakteri pengurai dalam bio septic tank jadi lebih banyak dibandingkan dengan septic tank konvensional.

B. Perbedaan Septic Tank Konvensional dan Bio Septic Tank

1. Sistem Penguraian

Tentang sistem penguraian, septic tank konvensional masih menggunakan pengolahan limbah tradisional. Karena itu hasil limbah olahan atau efluen kurang ramah lingkungan.

Berbeda dengan bio septic tank telah memanfaatkan bioteknologi yang membuat jumlah bakteri pengurai dalam bio septic tank jadi lebih banyak dibandingkan dengan septic tank konvensional. Karena itu efluen yang dihasilkan lebih ramah lingkungan.

2. Masa Pakai

Septic tank konvensional memiliki masa pakai yang lebih singkat jika mematuhi aturan Standar Nasional Indonesia (SNI) tentang sanitasi. Dalam aturan tersebut, menyedot septic tank konvensional setidaknya setiap 2 tahun dan paling lama 5 tahun sekali.

Jika bio septic tank karena memiliki sistem penguraian yang baik, memiliki jangka pemakaian yang lebih lama. Sebab, sistem penguraian dalam bio septic tank lebih sempurna. Efluen bisa dialirkan langsung ke selokan.

3. Cara Pemasangan

Cara memasangan atau pembuatan septic tank konvensional lebih sulit dibandingkan dengan bio septic tank. Dimulai membuat kolam pengurai septic tank konvensional dari batu bata yang diplester semen hingga proses yang memerlukan lebih banyak waktu dan tenaga manusia.

4. Ukuran

Kemudian untuk ukuran umumnya bio septic tank lebih kecil dibanding septic tank konvensional. Walaupun berukuran kecil bio septic tank tidak mudah penuh karena memiliki sistem penguraian limbah toilet yang optimal.

5. Material

Septic tank konvensional merupakan media pengolahan limbah yang sudah digunakan banyak orang sejak lama. Material pembuatan septic tank konvensional berupa batu-bata yang diplester menggunakan semen. Biasanya permasalahan septic tank konvensional adalah mudah retak atau rembes sehingga berdampak pada pencemaran lingkungan.

Sedangkan bio septic tank biasanya berbahan plastik polietilen (PE), mempunyai daya tahan lebih kuat dibandingkan dengan batu-bata yang diplester semen.

Bio septic tank terbuat dari plastik PE berbobot cukup ringan tetapi kuat menahan tekanan tanah jadi tidak mudah bocor.

Karena itu bio septic tank PE saat ini menjadi pilihan orang-orang untuk yang ingin beralih dari septic tank konvensional ke bio septic tank.

Gunakan Pennyu Bio Septic Tank dibuat dengan material plastik polietilen (PE) dan mempunyai lima tahap proses penguraian mengolah limbah toilet secara optimal.

Baca juga: Cara Menjaga Air dari Kontaminasi Tinja

Efluen hasil olahan Pennyu Bio Septic Tank lebih ramah lingkungan, bisa langsung dialirkan ke selokan.

Limbah hasil olahan Pennyu Bio Septic Tank ramah lingkungan terbukti lolos uji Laboratorium Sucofindo dan Dinas Lingkungan Hidup, sesuai dengan Permen LHK No.P.68/Menlhk-Setjen/2016 tentang Baku Mutu Air Limbah Domestik.

Selain itu, Pennyu Bio Septic Tank dibekali garansi 12 tahun untuk menjaga kenyamanan konsumen. Informasi lebih lanjut dapat Anda klik di sini “Pennyu Bio Septic Tank” atau langsung hubungi nomor Customer Service 08170736698.

Komentar Dinonaktifkan