4 menit

Cara membersihkan toren air merupakan salah satu langkah untuk menjaga agar air yang ditampung tetap bersih. Karena itu hal ini patut dimengerti dan dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai toren air di rumah. Lalu bagaimana cara membersihkan toren air?

Sebelum membicarakan cara membersihkan toren air, perlu Anda ketahui pentingnya kebersihan tangki air. Dalam artikel ini kita akan mempelajari pentingnya kebersihan toren air, cara membersihkan toren air, penyebab lumut tumbuh di dalam toren air, dan rekomendasi toren air anti lumut.

Jadi baca artikel ini sampai selesai ya. Selamat membaca dan semoga bermanfaat!

A. Pentingnya Kebersihan Toren Air

Karena fungsinya untuk menampung air bersih, tentu kebersihan toren air harus tetap terjaga. Coba bayangkan jika toren air di rumah Anda dipenuhi endapan dan lumut, pasti air yang ditampung juga ikut tercemar.

Alhasil, air yang sehari-hari Anda gunakan akan keruh dan bisa saja mempengaruhi kesehatan kulit apalagi untuk mereka yang berkulit sensitif.

Baca juga: Pemilik Tangki Air 5000 Liter Wajib Perhatikan Hal Ini

Tidak hanya itu, jika toren air kotor terus dibiarkan, tentu berpotensi dimanfaatkan oleh bakteri dan mikroorganisme jahat lainnya untuk berkembang biak.

Karena itu Anda harus menjaga kebersihan tangki air dengan membuat jadwal rutin membersihkannya. Salah satu bahan yang dapat digunakan untuk membersihkan toren air adalah sitrun. Berikut ini adalah caranya. Yuk cek caranya di bawah ini!

B. Cara Membersihkan Toren Air dengan Sitrun

Kebersihan toren harus selalu dijaga untuk memastikan kualitas air yang ditampung tetap baik. Oleh karena itu buat jadwal membersihkan toren air. Berikut ini cara membersihkan toren air yang mudah

1. Mematikan Sumber Air dan Buka Tutup Toren Air

membuka tutup toren air, tangki air
Sumber: globaltukang.com

Ini adalah hal awal yang harus dilakukan sebelum Anda melakukan pengurasan yaitu terlebih dahulu matikan sumber air yang mengarah ke toren air atau tangki air. Setelah sumber air dimatikan mulailah dengan membuka tutup tangki air.

2. Mulai Menguras Air

membersihkan tangki air
Sumber: Istimewa

Langkah kedua yang harus Anda lakukan yaitu mulai menguras tangki air dengan membuka tutup di lubang kuras yang terletak di bagian bawah.  Namun jangan kuras air sampai habis, sisakan air 1/4 atau 1/2 volume tangki.

Fungsinya yaitu untuk memudahkan Anda membersihkan tangki atau memudahkan Anda menyikat tangki untuk merontokkan kotoran atau lumut yang menempel pada dinding tangki.

3. Meracik Larutan Sitrun

Sitrun, kuras tangki air
Sumber: Shopee.co.id/nanik.novelina

Cara membuat atau meracik larutan sitrun tidaklah susah kok. Anda hanya perlu menyiapkan tempat seperti ember bisa juga menggunakan gayung untuk mencampur sitrun dengan air. Dalam tahap ini Anda akan meracik larutan sitrun yang sudah disiapkan dengan melarutkannya dengan air ke dalam wadah yang sudah disiapkan.

Mengenai seberapa banyak sitrun dan air, sebenarnya tidak ada takaran pasti mengenai hal tersebut. Anda dapat memperkirakan sendiri sesuai kebutuhan sebanyak apa sitrun harus dilarutkan ke air.

4. Mengguyur Tangki Air dengan Larutan Sitrun

membersihkan tangki air, campuran sitrun, manfaat sitrun
Sumber: blogmaterial.com

Langkah selanjutnya yang Anda harus lakukan yaitu mengguyur dinding bagian dalam tangki air dengan larutan sitrun.

Usahakan Anda mengguyur larutan sitrun ke bagian dalam tangki air dengan rata. Setelah itu diamkan sekitar 20-45 menit supaya sitrun bekerja dengan baik merontokkan lumut atau endapan yang menempel.

5. Bersihkan Tangki Air dengan Sikat

Menguras tangki air
Sumber: Istimewa

Agar mendapatkan tangki air yang bersih maksimal, Anda harus menggosok tangki air bagian dalam dengan sikat atau spons. Jangan gunakan sikat abrasif karena dapat melukai dinding tangki air dan menyebabkan kebocoran.

Gunakan sikat dengan gagang yang panjang untuk memudahkan Anda menggosok bagian dinding tangki yang kotor. Atau, jika tangki air berukuran besar, untuk mempermudah Anda dapat masuk ke dalamnya. Supaya dinding tangki tidak terlalu kering saat disikat, Anda dapat memanfaatkan sisa air dalam tangki air.

Baca juga: Cara Merawat Tandon Air, Hal Wajib Dilakukan dan Dihindari

6. Membuang Air Bilasan

tangki air kotor, menguras tangki air
Sumber: Istimewa

Jika tangki air dan benar-benar bersih, Anda dapat membilasnya dengan air bersih. Bilas dengan air hingga merata, pastikan tidak ada lumut atau endapan yang masih menempel.

Apabila sudah bersih, buang air bilasan dari tangki air. Gunakan gayung jika air bilasan tidak bisa dibuang melalui lubang kuras. Atau Anda bisa menyedot air bilasan menggunakan selang.

7. Isi dengan Air Bersih Kembali

Mengisi tangki air, menguras tandon air
Sumber: kolospolosgrades.com

Ini adalah langkah terakhir, jika Anda yakin tangki air sudah benar-benar bersih dari kotoran dan larutan sitrun, isi kembali tangki dengan air bersih.

Apabila tangki air Anda dilengkapi sensor air atau pelampung otomatis, pastikan alat tersebut berada di posisi yang benar. Selanjutnya sebelum mulai mengisi air, pasang kembali tutup tangki dengan benar dan rapat.

C. Penyebab Lumut Tumbuh

Anda pernah bertanya-tanya kenapa lumut bisa tumbuh di dalam tangki air? Padahal tangki air sudah tertutup rapat.

Penyebab lumut dapat tumbuh di dalam tangki air, karena adanya sinar matahari yang masuk ke dalam tangki. Dengan bantuan sinar matahari, lumut di dalam tangki bisa berfotosintesis dan berkembang biak.

Nah, lalu kenapa lumut masih bisa tumbuh di tangki air yang sudah tertutup rapat? Jika ini yang terjadi berarti masalah ada pada spesifikasi tangki. Perlu Anda pahami, tangki air yang tidak mempunyai jaminan bebas lumut memiliki dinding yang mudah ditembus oleh sinar matahari.

Jadi mau serapat apapun Anda menutup tangki air, tapi selama masih terkena sinar matahari lumut akan tetap tumbuh.

Lalu gimana dong solusinya? Anda harus beralih atau menggunakan tangki air dijamin bebas lumut. Tapi tentu jangan gunakan tangki air bebas lumut yang abal-abal.

Tangki Air Pennyu mempunyai spesifikasi “Dijamin Bebas Lumut dan bersertifikat SNI”.

Selain lumut tidak dapat tumbuh, endapan yang terbawa dari sumber air tidak akan menempel pada dinding tangki bagian dalam. Kelebihan Tangki Air Pennyu lainnya yaitu dibekali dengan garansi 21 tahun Dijamin Pabrik untuk menjamin kenyamanan pengguna.

Informasi lebih lanjut dapat Anda cek di sini atau langsung hubungi nomor Customer Service 08170736698.

D. Saran

Anda dapat memasang filter air pada instalasi pipa dari pompa air menuju tangki air untuk memasatikan air benar-benar bersih. Atau Anda juga bisa mendapatkan filter keran air di sini.

Itulah cara membersihkan toren air menggunakan sitrun yang bisa Anda ikuti. Semoga membantu ya!

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan