Jangan Sampai Menyesal, Antisipasi Kekeringan dengan Cara ini

2 menit

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), musim kemarau periode 2022 di Indonesia terjadi sejak bulan April hingga bulan Oktober. Puncaknya terjadi pada bulan Agustus. Berlangsungnya musim kemarau biasanya diiringi dengan bencana kekeringan. Dampak kekeringan membuat sumber air bersih langka sehingga tidak bisa memenuhi pasokan air untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari manusia.

Dalam artikel Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang berikut ini dampak kekeringan terhadap kehidupan manusia yang patut untuk diwaspadai:

1. Sumber Air Minum Berkurang

minuman air bersih
Sumber: YSedova

Dampak kekeringan yang pertama akan dirasakan oleh manusia adalah berkurangnya sumber air minum. Dalam tubuh manusia, sekitar 70 persen terdiri dari air. Jika kebutuhan air bersih tidak tercukupi, tubuh manusia akan mengalami dehidrasi dan berbahaya bagi kesehatan.

Baca juga: Hoax atau Fakta Lumut Cepat Tumbuh di Tangki Warna Cerah?

2. Sumber Air untuk Kebutuhan Sehari-hari Berkurang

Dampak kekeringan terhadap kebutuhan air bersih manusia
Sumber: Istimewa

Selain sumber air minum berkurang, kekeringan akan mengancam keberadaan sumber air yang biasanya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Sumber air bersih seperti sumur akan mengering. Efeknya kegiatan seperti mencuci dan mandi  akan terganggu.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    Langkah yang bisa dilakukan oleh manusia untuk mencegah dampak kekeringan adalah mempunyai cadangan persediaan air bersih. Anda bisa menggunakan tangki air sebagai penampungan air bersih.

    Solusi Dampak Kekeringan

    Mempunyai tangki air di rumah tanpa disadari sangat penting untuk manajemen air bersih lebih baik. Dengan begitu ketika musim kemarau datang Anda tidak perlu khawatir lagi kekurangan air bersih karena mempunyai simpanan cadangan. Selain sebagai penampungan, tangki air juga bisa melindungi air bersih dari debu.

    Tangki air tidak cuma menampung air bersih dari sumber seperti sumur dan PDAM loh! Tidak menutup kemungkinan tangki juga menampung air hujan. Melalui penyaringan dan pemrosesan yang benar, air hujan yang ditampung di dalam tangki air dapat diubah menjadi air bersih.

    Nantinya air hujan juga bisa Anda gunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari saat musim kemarau melanda. Disarankan pilihlah tangki air yang berkualitas dan Dijamin Bebas Lumut.

    Baca juga: Supaya Rapi, Ini Saran Penempatan Tangki Air di Rumah

    Setelah mengetahui tangki air merupakan solusi mencegah dampak kekeringan, Anda pasti bertanya-tanya “apa merek dan spesifikasi tangki yang bagus?”

    Gunakan Tangki Air Pennyu, penampungan air bersih bermaterial plastik polietilen (PE), Dijamin Anti Lumut, garansi lama selama 21 tahun. Informasi selengkapnya tentang Tangki Air Pennyu bisa Anda tanyakan ke Customer Service Pennyu 08170-736698 atau klik di sini

    ~Pennyu Pasti Beres~

    Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

    Komentar Dinonaktifkan