cara memilih ukuran septic tank untuk perumahan

Septic tank untuk perumahan. Sumber: Freepik


3 menit

Instalasi sanitasi pengelola limbah toilet sangat penting diperhatikan. Pemilihan ukuran septic tank perumahan yang tidak sesuai dapat berdampak buruk pada lingkungan sekitar. Sebagai developer perumahan Anda harus paham betul mengenai spesifikasi septic tank untuk menciptakan hunian hijau yang ramah lingkungan. Lantas bagaimana memilih ukuran septic tank perumahan? Simak pada uraian berikuti ini.

Pengertian Septc Tank

sistem dan cara kerja septic tank mengolah limbah
Sistem kerja septic tank. Sumber: Freepik

Sebelum lebih jauh membahas cara menentukan ukuran septic tank perumahan, alangkah baiknya pahami terlebih dahulu pengertian septic tank. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan (Pemenkes) RI No.3 Tahun 2014, septic tank adalah tangki kedap air yang memiliki fungsi menampung dan mengelola limbah kotoran manusia seperti urine dan tinja. Fasilitas septic tank harus dimiliki setiap rumah yang mempunyai jamban. Tujuannya agar akses sanitasi masyarakat menjadi lebih baik sehingga hidup bersih dan sehat.

Seiring berkembannya zaman, produsen sanitary ware membuat terobosan septic tank yang lebih ramah lingkungan yaitu bio septic tank. Pengertian bio septic tank sebenarnya tidak jauh beda dari septic tank konvensional. Namun jika dibandingkan, bio septic tank mempunyai sistem penguraian limbah lebih efektif sehingga efluen yang dihasilkan ramah lingkungan. Salah satu bio septic tank ramah lingkungan yang sudah terbukti kualitasnya adalah Pennyu Bio Septic Tank.

Penting Ukuran Septic Tank yang Tepat

ukuran septic tank rumah tangga
Septic tank rumah tangga. Sumber: Freepik

Memilih ukuran septic tank yang tepat sangat penting untuk mendukung kinerjanya dalam mengelola limbah kotoran manusia. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa yang tepat penting:

Menghindari Overload

Apabila desain septic tank tidak sesuai dengan penggunaan, besar kemungkinan terjadi overload yang menyebabkan septic tank lebih cepat penuh dan risiko meluap. Tentukan ukuran septic tank sesuai dengan penggunaannya.

Mengurangi Frekuensi Pengurasan

Penggunaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi septic tank menyebabkan pengolahan limbah toilet tidak bekerja sempurna karena overload hingga mengakibatkan septic tank mudah penuh. Sesuaikan penggunaan septic tank agar bekerja dengan optimal dan tidak mudah penuh.

Menjaga Kesehatan Lingkungan

Spesifikasi septic tank yang sesuai dengan penggunaan mencegah kemungkinan limbah bocor atau meluap. Dengan demikian, lingkungan sekitar septic tank aman dan tidak akan tercemar.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Ukuran Septic Tank Perumahan

mengurai limbah toilet di perumahan
Perumahan. Sumber: Freepik

Ukuran septic tank untuk perumahan dipengaruhi oleh beberapa faktor penting yang perlu dipertimbangkan. Berikut ini faktor-faktornya:

Jumlah Penghuni Rumah

Semakin banyak penghuni di rumah, limbah manusia yang dihasilkan semakin banyak pula. Oleh karena itu jika penghuni di rumah cukup banyak, dibutuhkan septic tank yang sesuai degan jumlah pengguna.

Tingkat Penggunaan Harian

Apabila sebuah rumah nantinya akan digunakan untuk aktivitas intensif seperti bisnis rumah tangga, atau aktivitas lain yang kemungkinan menghasilkan banyak limbah, maka ukuran septic tank juga perlu disesuaikan. Hal ini bertujuan untuk mengelola beban limbah manusia harian yang tinggi.

Peraturan SNI

Dalam SNI 2398:2017, dicantumkan keterangan tentang standar bentuk dan ukuran septic tank, yaitu tangki berukuran segi empat dengan panjang dan lebar 2:1 sampai 3:1. Panjang tangki minimal 1,5 meter, lebar 0,75 meter, dan kedalaman tangki 1,5 meter.

Perlu diperhatikan, patuhi peraturan sesuai SNI saat membangun septic tank agar bekerja optimal dan tidak mencemari lingkungan. Informasi lebih tentang membuat septic tank sesuai SNI bisa dicek di artikel ini “Cara Membuat Septic Tank Aman Sesuai SNI”

Apabila menurut Anda membuat septic tank konvensional terlalu rumit untuk proyek perumahan, kami menyarankan untuk menggunakan bio septic tank. Di bawah ini tips memilih bio septic tank yang berkualitas sesuai untuk proyek perumahan.

Tips Memilih Bio Septic Tank yang Sesuai untuk Perumahan

bio septic tank berbahan polyetylene kuat dan tahan lama
Pennyu Bio Septic Tank berbahan PE kuat dan tahan lama. Sumber: Pennyu

Pilih Ukuran yang Sesuai dengan Kebutuhan

Pastikan Anda memilih ukuran bio septic tank yang sesuai dengan jumlah pengguna harian atau penghuni rumah. Pilihan ukuran septic tank tank untuk 6 orang yaitu Pennyu Bio Septic Tank PB 06, kemudian ukuran septic tank untuk 10 orang gunakan Pennyu Bio Septic PB12.

Apabila Anda ingin membuat perumahan dengan sistem pengolahan limbah toilet terpusat atau di satu tempat, pesanan bio septic tank dengan ukuran custom.

Pertimbangkan Material Bio Septic Tank

Umumnya bio septic tank yang beredar di pasaran bermaterial polyethylene dan fiberglass. Disarankan gunakan bio septic tank dari polyethylene lebih tahan lama dan tidak mudah bocor.

Perhatikan Sistem Pengolahan Limbahnya

Banyak bio septic tank menawarkan keunggulan dalam pengolahan limbah. Tetapi jangan sampai terkecoh dengan teknik marketingnya. Pilihlah bio septic tank yang benar-benar memiliki sistem pengolahan limbah efisien. Dibuktikan dengan sertifikasi efluen ramah lingkungan.

Pastikan Bio Septic Tank Mempunyai Garansi

Pilihlah bio septic tank yang memiliki garansi resmi dari produsen. Garansi bisa menggambarkan jika produk tersebut memang berkualitas dan dapat diandalkan. Pastikan garansi tersebut memberi layanan purna jual seperti perbaikan jika diperlukan.

Pilih yang Ramah Lingkungan

Pennyu Bio Septic Tank ramah lingkungan cocok untuk proyek konstruksi
Pennyu Bio Septic Tank Ramah Lingkungan. Sumber: Pennyu

Penting sekali dan jangan sampai Anda lewatkan, yaitu memilih bio septic tank yang ramah lingkungan untuk mendukung proyek perumahan yang berkelanjutan.

Apabila saat ini Anda mencari bio septic tank terbaik yang bersertifikasi ramah lingkungan untuk proyek perumahan, gunakan Pennyu Bio Septic Tank. Keunggulan lain yang ditawarkan adalah Pennyu Bio Septic Tank memiliki beragam ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan mempunyai garansi serta layanan purna jual. Informasi lebih lanjut mengenai produk Pennyu Bio Septic Tank, hubungi Info Center Pennyu Indonesia 08170-736698 dan follow media sosial pennyu_id untuk mengetahui informasi menarik lainnya! Pennyu Pasti Beres

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan