Jangan Asal Mandikan Bayi, Perhatikan Beberapa Hal ini

3 menit

Bayi mandi berapa kali sehari? Pengetahuan tentang memandikan bayi adalah keahlian yang harus dimiliki semua orang tua. Mungkin sebagai seorang ayah atau ibu baru, memandikan bayi untuk pertama kalinya adalah hal yang menantang dan penuh rasa gugup.

Ketika memandikan bayi, Anda tidak boleh melakukannya dengan asal-asalan. Berbagai hal perlu diperhatikan dan Anda harus lebih berhati-hati karena keadaan fisik bayi yang masih lemah berbeda dengan orang dewasa.

Kemudian untuk waktu memandikan bayi pun tidak sama dengan orang dewasa. Jika Anda memandikannya di waktu yang tidak tepat, bayi akan berisiko masuk angin.

Baca juga: 7 Tips Mudah Membersihkan Bak Mandi, Langsung Kinclong

Lalu kapan waktu dan berapa kali sehari bayi sebaiknya dimandikan? Berdasarkan dari berbagai sumber, inilah waktu tepat dan berapa kali sehari bayi harus dimandikan.

Waktu dan Jumlah Bayi Mandi dalam Sehari

Sebenarnya waktu yang tepat memandikan bayi bisa kapan saja asalkan tidak menggangu waktu tidur dan makan. Namun waktu terbaik untuk memandikan bayi adalah ketika pagi hari mulai pukul 6.00 WIB sampai 8.00 WIB.

Sebelum memandikan bayi, untuk meredam dingin yang berlebih Anda bisa terlebih dahulu menjemur bayi di bawah cahaya matahari.

Selain itu, Anda pun bisa memandikan bayi pada sore hari sekitar pukul 16.00 WIB. Namun gunakan air hangat untuk mencegah si kecil kedinginan.

Kemudian untuk jumlah memandikan bayi berapa kali dalam sehari ini tergantung usia buah hati Anda. Ketika tahun pertama, Anda cukup memandikannya 2-3 kali seminggu.

Karena kulit bayi masih sangat sensitif. Sebab itu, hindari memandikan bayi terlalu sering untuk menghindari kulitnya kering dan iritasi.

Baca juga: 5 Tips Awet Muda dengan Menjaga Kesehatan Kulit

Sebagai langkah menjaga kebersihan bayi, Anda bisa rutin mengganti popok, membersihkan muka, tangan, leher, dan bagian lipatan tubuh dengan waslap setiap hari.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Memandikan Bayi

1. Memperhatikan Jadwal Mandi

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika hendak memandikan bayi adalah pilihlah waktu yang tepat. Jangan mandikan bayi ketika kondisinya tampak kurang sehat dan tidak siap.

Pastikan juga bayi dalam keadaan tidak lapar atau lelah saat dimandikan. Memandikan bayi dalam momen tersebut dapat mempengaruhi pola tidur bayi.

2. Siapkan Media untuk Memandikan Bayi

Anda bisa memakai bak mandi khusus untuk memandikan bayi. Tapi pastikan bak mandi diletakkan di permukaan yang rata dan stabil. Hal ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan bak saat Anda isi air dan memandikan bayi.

3. Persiapkan Peralatan Mandi

Selanjutnya yaitu Anda perlu menyiapkan semua peralatan dan perlengkapan mandi sang buah hati.

Mulai dari handuk, waslap, sabun, minyak telon, baju bersih, hingga popok bersih. Anda juga harus memastikan suhu ruangan cukup hangat untuk bayi.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    4. Gunakan Air Hangat

    Suhu air yang ideal untuk memandikan bayi adalah sekitar 37-38 derajat Celcius. Sebelum mulai memandikan bayi, pastikan suhu air sudah merata.

    Kemudian jangan sampai air terlalu penuh, untuk ketinggian air sebaiknya cukup sampai dan dapat menutupi tubuh si kecil.

    5. Memposisikan Bayi

    Anda perlu memposisikan diri nyaman dan stabil sebelum memasukkan bayi ke dalam bak. Selanjutnya gunakan satu tangan untuk menyokong bagian atas tubuh bayi, lalu gunakan tangan satunya untuk memandikannya.

    Baca juga: Pertimbangkan 5 Poin ini agar Rumahmu Ramah Lingkungan

    6. Bersihkan Area Intim

    Bersihkan area intim dengan lembut dan perlahan menggunakan air hangat dan kain lap yang lembut. Selain itu jangan lupa untuk membersihkan area lipatan kulit.

    7. Mengeringkan Bayi

    Ini tidak kalah penting dengan poin-poin sebelumnya. Pastikan bayi sudah dalam keadaan benar-benar kering.

    Setelah mandi, letakkan bayi di atas handuk dan keringkan bayi secara lembut serta perlahan. Setelah kering dengan sempurna, Anda dapat mengolesinya dengan minyak telon supaya badan bayi hangat.

    Terakhir, pasang popok dan baju yang hangat kepada bayi.

    Perhatian! Pastikan air yang Anda gunakan untuk memandikan bayi adalah air bersih tidak tercemar, karena kulit bayi masih sangat sensitif.

    Oleh karena itu, pakai Pennyu Filter Air Keramik di keran air rumah Anda agar air yang digunakan untuk memandikan buah hati kesayangan aman.

    Pennyu Filter Air Keramik mempunyai tiga sistem penyaringan yang dapat menyaring 99 persen kontaminan berbahaya.

    Cari tahu selengkapnya dan dapatkan Pennyu Ceramic Water Filter di sini.

    Sumber:

    https://www.halodoc.com/artikel/perlu-tahu-inilah-waktu-mandi-ideal-untuk-bayi

    https://www.republika.co.id/berita/p7dgeq359/10-langkah-penting-saat-pertama-kali-memandikan-bayi

    Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

    Komentar Dinonaktifkan