alat penjernih air terbaik

Sumber: Ruposters


3 menit

Air bersih adalah kebutuhan dasar yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Demi menjaga pasokan air bersih di rumah, Anda perlu memilih alat penjernih air yang tak hanya berkualitas, tetapi juga tepat guna.

Sebelum membahas tentang hal tersebut, sebaiknya kita pahami terlebih dahulu tentang permasalahan air kotor dan dampaknya bagi kehidupan.

A. Masalah Air Kotor dan Dampaknya

Pada dasarnya masalah air kotor marak kita temui di Indonesia. Air kotor menjadi masalah serius bagi masyarakat Indonesia. Air kotor disebabkan oleh beragam faktor seperti karena sistem sanitasi yang buruk dan limbah rumah tangga.

Masalah air kotor jika terus dibiarkan tentu akan berdampak buruk bagi kehidupan manusia. Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda bisa merawat lingkungan terutama sumber air bersih. Kemudian sebagai langkah penanggulangan, Anda bisa memasang alat penjernih air. Misalnya menggunakan filter di kran air.

Baca juga: Bermula dari Rumah, Inilah Bahaya Dampak Pencemaran Air

B. Mengapa Penting Memiliki Alat Penjernih Air di Rumah?

Seperti yang telah disinggung sedikit pada poin di atas, memiliki alat penjernih air merupakan langkah penanggulangan masalah air kotor. Contohnya pemasangan filter air dilakukan untuk memperoleh kualitas air yang lebih baik lagi.

Filter air merupakan alat yang berfungsi sebagai penyaringan kontaminan di dalam air. Air yang tadinya keruh atau kotor bisa menjadi bersih berkat filter air. Itulah mengapa memiliki alat penjernih air di rumah sangatlah penting.

Setelah memahami pentingnya memiliki alat penjernih air, berikut ini akan kami jelaskan jenis-jenis alat penjernih air yang umum digunakan di Indonesia.

C. Jenis-jenis Alat Penjernih Air dan Perbedaannya

1. Menggunakan Drum Bekas

alat penjernih air dari drum
Sumber: Istimewa

Apakah Anda menyangka jika drum yang sudah tidak terpakai bisa dimanfaatkan menjadi media penjernihan air? Anda perlu menyiapkan beberapa bahan pendukung untuk mengubah drum bekas menjadi alat penjernih air. Berikut adalah beberapa bahan yang harus Anda siapkan untuk membuat drum bekas menjadi media filtrasi.

  • Batu kali
  • Kerikil
  • Arang tempurung kelapa
  • Batu zeolit
  • Pasir halus
  • Ijuk

Setelah semua bahan terkumpul, langkah selanjutnya masukkan dan susun bahan-bahan tersebut di dalam drum.

  • Sediakan drum bekas di dekat penampungan air
  • Masukkan kerikil hingga ketinggian 10 cm
  • Masukkan arang tempurung kelapa hingga mencapai 15 cm
  • Tambahkan pasir halus hingga 20 cm
  • Masukkan ijuk hingga 15 cm
  • Tutup drum dengan kain tipis untuk menyaring sumber air yang kotor.

Pastikan drum bekas masih dalam kondisi baik, tidak bocor, dan tercampur dengan bahan kimia. Jangan lupa melakukan backwash secara berkala untuk membersihkan filter air.

2. Menggunakan Tawas

tawas untuk menjernihkan air
Sumber: Istimewa

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan tawas untuk menjernihkan air. Tawas bisa dibeli di toko bangunan atau toko online dengan harga terjangkau. Berikut ini cara menjernihkan air menggunakan tawas. Gunakan 5 sendok tawas untuk 1000 liter air. Namun jika air sangat kerus, tambahkan tawas hingga 8 sendok makan.

  • Larutkan tawas ke dalam air bersih secukupnya.
  • Tuangkan larutan tawas ke dalam air keruh, kemudian aduk perlahan hingga campuran merata.
  • Tunggu endapan sekitar satu hingga dua jam hingga kotoran mengendap pada dasar penampungan.
  • Saring air jenih dari endapan.

Tidak direkomendasikan untuk mengkonsumsi air hasil saringan tawas.

Baca juga: Ciri Air di Rumah Mengandung Zat Besi? Cek Penasaran!

3. Filter Tabung

alat penjernih air dari tabung
Sumber: Istimewa

Sebenarnya sistem kerja filter tabung hampir sama seperti filter drum bekas. Bedanya ada pada media filter dan Anda bisa tidak perlu membuat, karena alat penjernih air ini bisa didapatkan di toko-toko online maupun offline. Filter tabung adalah penyaring air kotor yang terdiri dari media filter beragam baik bentuk, nama, hingga fungsinya. Seperti media terbuat dari karbon aktif, sand filter, dan demineralizer filter.

4. Menggunakan Pennyu TWF

alat penjernih air terbaik dan murah
Sumber: Pennyu Group

Jika air yang mengalir dari kran di rumah tidak jernih, Pennyu Tap Water Filter (TWF) adalah jawaban tepat, karena Kotoran Tersaring, Air Tetap Deras! Pennyu TWF merupakan saringan pelapis yang dipasang di kran air. Pennyu TWF memiliki kerapatan 3 mikron, efektif menyaring kotoran-kotoran di dalam air dan menghilangkan bau. Kemudian pemasanganya tidak perlu ribet seperti ketiga alat penjernih air sebelumnya. Anda hanya perlu memasang filter air ini di soket kran untuk menyaring air kotor.

Pennyu TWF dibekali dengan bermacam-macam konektor yang dapat disesuaikan dengan jenis soket kran di rumah Anda. Informasi lebih lanjut klik di sini Pennyu TWF.

Pennyu Pasti Beres

Komentar Dinonaktifkan