harga tandon air stainless stail, penempatan tandon air di atas rumah

(SHUTTERSTOCK/YOUNG SWEE MING)


2 menit

Penempatan tandon air di atas rumah harus dipikirkan matang-matang agar tidak membahayakan orang di sekitarnya. Kok bisa begitu?

Jadi beban tandon air kosong tidak terlalu berat, namun ketika terisi penuh oleh air tentu beratnya akan bertambah berkali-kali lipat. Oleh itu sebelum memilih penempatan tandon air di atas rumah ada 4 poin yang harus diperhatikan. Apa saja itu? Yuk cek penjelasannya di bawah ini.

Penempatan Tandon Air di Atas Rumah

1. Kapasitas Tandon Air 

kapasitas tandon air, penempatan tandon air di atas rumah
Green dirty blackboard

Poin pertama yang harus Anda perhatikan ketika pasang toren air atau penempatan tandon air di atas rumah adalah kapasitas tandon air. Kenapa demikian? Karena kapasitas tandon akan menentukan beban yang harus ditahan oleh atap rumah.

Semakin besar kapasitas tandon air maka semakin berat pula beban yang harus ditahan oleh atap rumah. Dengan memperhitungkan kapasitas, Anda akan tahu berapa berat yang dihasilkan tandon ketika terisi penuh.

2. Pertimbangkan Keamanan Struktur

tandon air, tinggi tower tandon airPastikan atap rumah Anda kuat dan mampu menahan beban tandon air yang penuh. Jika perlu, konsultasikan hal ini dengan ahli konstruksi untuk memastikan bahwa penempatan tandon air tidak akan merusak struktur atap atau mengancam keselamatan. Kemudian, bersihkan benda-benda tajam pada atap rumah yang berpotensi membuat tandon air bocor.

Baca juga: Cara Menghitung Kapasitas dan Berat Tandon Air Terisi Penuh

Selain itu, perhatikan ketinggian atap rumah jika Anda tidak menggunakan pompa pendorong atau memanfaatkan gravitasi untuk mendistribusikan air dari tandon air. Idealnya minimal tandon air harus berada di ketinggian 4 meter di atas saluran keran. Secara teknis, semakin tinggi tandon air maka debit aliran air dari tandon air ke keran air lebih deras.

3. Aksesibilitas yang Mudah

aksebilitas tangki air mudahJika keamanan struktur atap rumah mampu menahan beban tandon air yang penuh, langkah selanjutnya adalah memastikan tandon air dapat diakses dengan mudah untuk keperluan perawatan dan kebersihan.

4. Kualitas Tandon Air

instalasi tandon air, kualitas tandon airTidak kalah penting dari tiga poin yang telah dipaparkan sebelumnya, jangan abaikan kualitas tandon air. Apabila tandon air yang Anda gunakan tidak memiliki kualitas yang memadai sesuai standar SNI, pasti akan merepotkan karena mudah bocor, tumbuh lumut atau terkena kendala lainnya.

Baca juga: Stop Lakukan Pemasangan Tandon Air yang Tidak Benar

Sebaiknya gunakan tandon air yang berkualitas dan dijamin bebas lumut seperti Tangki Air Pennyu. Kenapa harus Tangki Air Pennyu? Tangki Air Pennyu Dijamin Bebas Lumut karena terbukti kedap cahaya matahari (0 Lux). Selain itu, bersertifikat SNI dan garansi dijamin pabrik.

Informasi lebih lanjut mengenai Tangki Air Pennyu bisa Anda cek di sini.

Kawan Pennyu jangan lupa cek artikel menarik seputar sanitasi lainnya di blog Pennyu Indonesia. Apabila Anda mencari produk-produk sanitasi terpercaya, konsultasikan ke kami. Pennyu Indonesia menyediakan produk sanitasi berkualitas dan terpercaya. Butuh produk sanitasi yang berkualitas? Dengan Pennyu Pasti Beres.

Komentar Dinonaktifkan