tangki air, plastik pe, toren air, gambar toren, air berkualitas

2 menit

Penampungan air yang berkualitas merupakan salah satu faktor penting dalam memastikan pasokan air yang aman dan terjamin. Oleh karena itu, kontraktor wajib paham atau mengerti supaya hunian yang dibangun memiliki penampungan air bersih yang aman.

Berikut ini adalah beberapa karakteristik yang perlu diperhatikan kontraktor saat mencari tangki air berkualitas:

1. Bahan Tangki Air

Untuk mendapatkan tangki air yang berkualitas, hal pertama yang harus diperhatikan adalah bahan atau material tangki air. Pilih tangki air yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi, seperti polyethylene (PE).

Material ini umumnya lebih kuat terhadap benturan, tahan terhadap sinar ultraviolet (UV), dan food grade.

2. Metode Produksi Tangki Air

Setelah mengetahui bahan tangki air yang bagus, Anda perlu mengetahui tangki air diproduksi dengan metode apa. Sebaiknya pilih tangki air atau tandon air yang dibuat dengan metode rotational moulding (ROTO Moulding).

Baca juga: Cara Menghitung Kapasitas dan Berat Tandon Air Terisi Penuh

Teknik ROTO Moulding lebih unggul dibandingkan dengan blow moulding. Karena hasil tangki air yang dibuat melalui ROTO Moulding memiliki ketebalan lapisan dinding yang merata. Berbeda dengan hasil teknik blow moulding yang tidak mempunyai lapisan merata.

3. Menyesuaikan Kapasitas Tangki Air

Pilih kapasitas tangki yang sesuai dengan kebutuhan air. Pertimbangkan jumlah anggota keluarga atau penghuni atau volume air yang dibutuhkan setiap harinya. Untuk memudahkan Anda mengukur kapasitas tangki air sesuai kebutuhan, gunakan kalkulator digital tangki air dengan klik di sini.

3. Sertifikasi Tangki Air

Periksa apakah tangki air telah disertifikasi oleh lembaga terkait. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa tangki memenuhi standar kualitas tertentu dan telah diuji secara menyeluruh.

Sebaiknya pilih tangki air yang sudah tersertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI). Produk tangki air yang bersertifikat SNI telah terkualifikasi dan terjamin keamanannya bagi kesehatan. SNI juga menjamin kualitas tangki air atau tandon air yang hendak Anda beli.

4. Kualitas Tangki Air

Pilihlah tangki air yang mempunyai spesifikasi Dijamin Bebas Lumut. Dengan demikian lumut tidak akan tumbuh di dalam tangki dan air tidak akan keruh karena tercemar. Selain itu, pilih tangki air yang mempunyai tutup tidak mudah memuai seperti ada inovasi ventilasi untuk mengatur sirkulasi udara. Anda juga bisa mempertimbangkan tangki air yang mempunyai lapisan ultraviolet (UV) resistance. Lapisan ini berfungsi sebagai pelindung dari sinar UV.

Baca juga: Desain Tempat Tandon Air Sebaiknya Tertutup atau Terbuka?

5. Garansi Tangki Air dan Layanan After Sales

Periksa garansi yang ditawarkan oleh produsen tangki air. Garansi yang baik akan memberikan kepercayaan tambahan terhadap kualitas dan keandalan tangki tersebut.

Pastikan Anda memahami garansi yang diberikan oleh produsen dan tanyakan apakah mereka menyediakan layanan purna jual (after sales). Garansi dan layanan purna jual (after sales) sangat penting jika terjadi masalah atau kerusakan pada tangki air setelah pembelian.

Sebagai seorang kontraktor yang profesional ini merupakan bentuk additional service dari kontraktor kepada pelanggan supaya mereka merasa puas bekerja sama dengan Anda.

Nah itulah beberapa tips untuk mencari tangki air berkualitas. Jangan lupa cek artikel menarik lainnya di blog Pennyu Indonesia ya! Selain artikel, berbagai pilihan produk sanitasi dapat Anda dapatkan di Pennyu Indonesia loh. Yuk cek sekarang! Pakai Pennyu Pasti Beres.

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan