tower atas, desain tempat tandon air, ukuran tandon 5000 liter

2 menit

Menentukan desain tempat tandon air adalah salah satu tahapan yang penting sebelum Anda membeli penampungan air yang satu ini. Umumnya orang-orang menaruh tandon air di bagian atas rumah atau dibuatkan menara sendiri.

Bukan asal-asalan, penempatan tandon air di atas berfungsi agar tekanan air lebih optimal karena memanfaatkan dorongan gravitasi bumi dan tak memakan banyak ruang di lingkungan rumah. Dengan memanfaatkan gravitasi bumi, air dapat mengalir deras tanpa bantuan pompa air melalui keran.

Karena letaknya di atas, banyak orang mengkhawatirkan tandon air bermaterial plastik Polyethylene (PE) akan rapuh karena terpapar sinar ultraviolet (UV) dari matahari terus menerus. Karena itu, ada yang menyarankan membuatkan atap untuk melindungi tandon air dari paparan sinar UV langsung.

Tapi ada juga yang membiarkan tandon tanpa atap karena menganggapnya ribet dan menghindari penambahan biaya. Benarkah tandon air yang terus menerus terpapar sinar matahari terus menerus akan keropos hingga mengakibatkan kebocoran?

Baca juga: Pemilik Tangki Air 5000 Liter Wajah Perhatikan Hal Ini

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Pennyu Indonesia dalam artikel ini akan membahas fakta tentang aman atau tidak apabila tandon air terus menerus terpapar sinar UV.

Desain Tempat Tandon Air Atas Tertutup atau Terbuka

Mengukit jurnal penelitian Departemen Teknik Lingkungan, Institut Teknologi Sepuluh November berjudul “Kajian Fragmentasi Low Density Polyethylene Akibat Radiasi Sinar Ultraviolet dan Kecepatan Aliran Air” dalam penelitiannya disebutkan plastik Low Density Polyethylene (LDPE) yang terpapar sinar UV matahari selama 90 hari mengalami fragmentasi. Radiasi UV menyebabkan degradasi fotooksidatif yang mengakibatkan kerusakan sifat mekanik berupa kerapuhan, perubahan warna, retakan, dan penurunan sifat mekanik.

Meskipun demikian, tandon air tidak akan mudah rapuh karena terpapar sinar matahari apabila memiliki spesifikasi tahan terhadap sinar UV atau terdapat lapisan UV resistance. Sebab, UV resistance berfungsi sebagai UV stabilizer atau pelindung dari sinar UV.

Selain itu apabila dilengkapi dengan lapisan ini, warna tandon air tidak akan mudah pudar karena terpapar sinar UV terus menerus.

Namun jika ingin usia tandon air lebih lama lagi di atas waktu garansi, Anda bisa membuatkan atap supaya sinar UV tidak langsung mengarah ke lapisan atau dinding penampungan air.

Baca juga: Hoax Atau Fakta Lumut Cepat Tangki Air Warna Cerah?

Supaya semakin awet, tentunya Anda harus membeli tandon air yang memiliki spesifikasi berkualitas. Sebaiknya pilih tandon air yang memiliki spesifikasi Dijamin Anti Lumut juga. Kenapa demikian?

Dengan spesifikasi Dijamin Anti Lumut, tentu potensi lumut tumbuh di dalam tandon air karena paparan cahaya matahari tidak akan terjadi. Oleh karena itu, kualitas air yang ada di dalam tandon tidak akan tercemar karena nihil pertumbuhan lumut.

Apabila Anda bingung mencari tandon air dengan dua spesifikasi tersebut, Tangki Air Pennyu adalah jawabannya.

Tandon Air Pennyu mempunyai beragam dinding lapis yaitu:

1. Ultraviolet Resistance

Sebagai pelindung dari sinar UV.

2. Impact Strength

Kelenturan tingkat tinggi, kuat, tahan panas, dan benturan.

3. Extra Light Barrier Layer

Lapisan kedap cahaya matahari.

4. Material Blocking Ultra White

Menghalau kotoran menempel di dinding dalam tangki air.

Dengan adanya lapisan Extra Light Barrier Layer Dijamin Bebas Lumut. Tangki Air Pennyu terbukti efektif mencegah cahaya matahari tembus ke dalam tandon air dengan hasil intensitas 0 lux.

Informasi lebih lanjut mengenai Tangki Air Pennyu bisa dicek di sini.

Komentar Dinonaktifkan