wc mampet, kloset, wc tidak mampet, septic tank, cara

Sumber: Istimewa


2 menit

Cara mengatasi kloset duduk mampet memang membutuhkan effort yang lebih ya! Selain menyita waktu, yang dipikirkan juga harus mengeluarkan tenaga juga untuk membongkar tangki septic. Tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara mengatasi kloset duduk mampet tanpa harus membongkar tangki septik

WC atau kloset mampet bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kebiasaan membuang sampah ke dalam lubang kloset atau karena tangki septik penuh. Apabila kloset mampet disebabkan oleh sampah yang menyumbat penyaluran atau pipa kloset, hanya ada satu cara untuk menanganinya yakni melakukan sedot WC.

Baca juga: Hal-hal yang Harus Diperhatikan saat Pemasangan Bio Septic Tank

Namun jika WC mampet terjadi karena tangki septik penuh oleh limbah tinja, Anda bisa menerapkan tips-tips di bawah ini. Berikut cara mengatasi kloset mampet tanpa harus bongkar tangki septik.

1. Gunakan Soda Kue dan Cuka

soda kue dan cuka, wc mampet
Sumber: Shutterstock

Siapa sangka campuran soda kue dan cuka bisa mengatasi WC mampet. Tapi memang benar kedua bahan ini bila dicampur menghasilkan menghasilkan reaksi kimia yang dapat melarutkan limbah toilet yang menyumbat.

Caranya mudah banget. Campurkan 1 cangkir soda kue dan 2 cangkir cuka ke lubang WC yang tersumbat. Kemudian diamkan selama kurang lebih 1-2 jam. Selanjutnya siram WC dengan air hingga bersih.

2. Mengatasi WC Mampet dengan Soda Api

soda api, wc mampet
Sumber: Shutterstock

Cara mengatasi kloset duduk mampet selanjutnya yaitu bisa menggunakan soda api. Namun pastikan Anda menggunakan sarung tangan, masker, dan membuka pintu atau ventilasi toilet ketika mengatasi WC mampet dengan soda api. Karena soda api akan bereaksi mengeluarkan busa dan berasap.

Nama kimia soda api adalah Natrium Hidroksida (NaOH). Anda bisa membelinya di toko bangunan terdekat. Cara menggunakan soda api untuk mengatasi WC mampet tidak sulit kok.

Baca juga: Peringatan! Begini Ciri-Ciri Septic Tank Penuh dan Perlu Sedot

Pertama, gunakan sarung tangan, masker, dan pastikan ventilasi atau pintu toilet tidak tertutup. Selanjutnya pastikan air di dalam lubang WC sudah surut, lalu tuangkan soda api ke dalam lubang WC.

Jangan tambahkan air, biarkan soda api bereaksi sendiri dengan air di dalam lubang WC. Diamkan selama 10-15 menit, setelah itu siram dengan air hingga bersih.

3. Menambahkan Serbuk Bakteri Pengurai

b max, bakteri pengurai, limbah toilet
Sumber: Pennyu

Serbuk bakteri pengurai memiliki fungsi sebagai pengolah limbah toilet yang ada di dalam tangki septik. Bisa jadi penyebab WC mampet karena bakteri yang bertugas mengurai limbah di dalam tangki septik mati karena bahan kimia.

Dengan menambahkan serbuk bakteri pengurai bisa menjadi solusi mencegah sekaligus mengatasi WC mampet. Karena bakteri pengurai akan kembali menguraikan limbah toilet yang menyumbat lubang kloset.

Kami merekomendasikan serbuk bakteri pengurai yang berkualitas yakni B-MAX. Ya! B-MAX merupakan serbuk bakteri pengurai dalam kemasan yang diformulasi dengan bakteri super yang ampuh mengurai limbah toilet. Bakteri-bakteri baik dalam kemasan B-MAX sudah terbukti dengan baik mengatasi permasalahan WC mampet karena limbah toilet.

Keunggulan B-MAX dibandingkan dengan produk bakteri lain yang dijual di pasaran yaitu bakteri ini dibungkus dalam kemasan, lebih aman saat disimpan dan praktis digunakan. Bukan hanya itu, bakteri yang ada di dalam kemasan B-MAX juga efektif bekerja dengan masa simpan hingga 12 bulan. Informasi lengkap mengenai B-MAX bisa Anda tanyakan pada Customer Service Pennyu Indonesia 08170736698.

Komentar Dinonaktifkan