Cara Merawat Kulit Sensitif yang Benar

3 menit

Setiap orang mempunyai jenis kulit berbeda-beda, ada yang kering, berminyak, sampai sensitif. Oleh karena itu, merawat kulit sensitif berbeda dengan jenis kulit lainnya.

Baiklah! Sekarang kita akan membahas tentang kulit sensitif. Orang dengan kulit sensitif tentu harus lebih ekstra saat perawatan.

Kulit sensitif adalah kulit yang mudah mengalami iritasi akibat reaksi berlebihan terhadap berbagai faktor, meliputi udara atau bahan kimia dalam produk perawatan.

Baca juga: Inilah 5 Langkah Mudah Menjaga Kualitas Air Mandi

Orang berkulit sensitif sering mengalami ruam, gatal, kulit kering, sampai rasa terbakar pada kulit. Biasanya, keluhan-keluhan tersebut muncul ketika salah menggunakan zat kimia tertentu atau udara yang tidak cocok.

Ciri-ciri Kulit Sensitif:

Mengutip Forefront Dermatology, dokter kulit bersertifikat, Peter Katz menjelaskan, setidaknya ada lima gejala yang bisa menjadi ciri-ciri kulit sensitif:

1. Reaksi Kulit Terhadap Produk Kecantikan

Kulit sensitif akan terasa kering, gatal, memerah, hingga perih setelah menggunakan produk perawatan kulit yang tidak cocok. Adapun produk perawatan tersebut seperti parfum, skin care, dan sabun.

2. Kemerahan pada Kulit

Ciri-ciri kulit sensitif berikutnya adalah warna kemerahan. Sebagian orang dengan jenis kulit sensitif mengalami kemerahan pada kulit berupa ruam atau benjolan. Gejala ini biasanya akan hilang setelah melakukan pengobatan atau perawatan ringan.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Rumah

3. Kulit Kering

Kulit kering dan kulit sensitif dapat terjadi bersamaan. Hal tersebut membuat kulit berjerawat dan pecah-pecah.

Masalah kulit kering lebih banyak terjadi ketika orang berada di lingkungan yang bercuaca dingin atau berangin kencang.

4. Mudah Muncul Jerawat

Bila berkulit sensitif, Anda mudah mempunyai jerawat yang terlihat seperti benjolan merah dan bernanah (pustula). Untuk mengatasinya Anda tidak dapat asal-asalan menggunakan sabun cuci muka.

Jika sabun muka yang Anda gunakan tidak cocok, nantinya akan memperburuk kondisi kulit. Sebaiknya konsultasikan dan berobatlah ke dokter kulit.

5. Kulit Mudah Terbakar

Kulit sensitif mudah terbakar oleh sinar matahari. Bahkan karena terbakar matahari, kulit dapat iritasi dan terkelupas.

Sebaiknya jika mempunyai kulit sensitif, gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) matahari.

Namun carilah sunscreen yang tidak mengandung seng oksida atau titanium dioksida untuk menghindari kulit sensitif alergi. Pilih juga produk dengan SPF 30 atau lebih tinggi.

Cara Merawat Kulit Sensitif:

Setelah mengetahui ciri-ciri kulit sensitif, lalu bagaimana cara merawat kulit sensitif?

Dalam website resmi Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk merawat kulit sensitif, seperti;

1. Menjauhi Bahan Iritatif

Kulit sensitif mudah mengalami reaksi jika terkena zat kimia yang tidak cocok. Oleh karena itu, gunakanlah skincare untuk kulit sensitif. Hindari pemakaian produk yang mengandung bahan iritatif seperti, antibakteri, deterjen, benzoil peroksida, sulfur (belerang), glycolic acid, alkohol, dan retinoid.

2. Pilih Produk Ramah Kulit

Karena mudah iritasi, pilihlah skincare untuk kulit sensitif. Gunakanlah produk yang lebih sedikit mengandung bahan kimia, lembut di kulit, dan tanpa wewangian. Biasanya produk jenis ini berlabel “hypoallergenic”.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    3. Meminimalisir Paparan Sinar Matahari

    Bila kulit Anda sensitif terhadap paparan sinar matahari dan suhu panas, maka hindari sinar matahari langsung.

    Jika melakukan kegiatan yang memaksa Anda harus keluar ruangan berpanas-panasan, gunakan pakaian tertutup dan sunscreen untuk kulit sensitif dengan minimal SPF 30. Dengan demikian, kulit sensitif Anda akan terlindungi.

    4. Merawat Kulit Sensitif dengan Mengatur Durasi Mandi

    Mandi dengan durasi yang terlalu lama dapat merusak kulit. Apalagi orang dengan kulit sensitif. Bila berkulit sensitif, batasi durasi mandi maksimal 10 sampai 15 menit saja. Lalu, gunakan sabun muka untuk kulit sensitif dan sabun mandi khusus kulit sensitif. Terakhir, mandi dengan air hangat.

    5. Merawat Kulit Sensitif dengan Pelembab

    Kulit sensitif rentan kering dan pecah-pecah. Untuk mencegah hal tersebut, pakailah pelembab setelah mandi. Tapi, pastikan menggunakan pelembab untuk kulit sensitif.

    Seperti pelembab yang mengandung petrolatum, minyak mineral, asam linoleat, dimethicone, atau gliserin yang aman untuk kulit sensitif.

    6. Pasang Pennyu Ceramic Water Filter

    Gunakan Pennyu Filter Air Keramik untuk memastikan kebersihan air Anda. Pennyu Filter Air Keramik mampu menyaring kontaminan berbahaya seperti karat, sisa klorin, zat tidak kasat mata hingga kotoran berukuran 0,2 micron.

    Dengan demikian, kualitas air yang Anda gunakan akan lebih bersih dan aman untuk orang-orang dengan kulit yang sangat sensitif. Itulah ciri-ciri dan cara merawat kulit sensitif. Semoga bermanfaat!

    Baca juga: Cara Perawatan Pennyu Ceramic Water Filter

    ~Pennyu Pasti Beres~

    Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

    Komentar Dinonaktifkan