tangki air, plastik pe, toren air, gambar toren, air berkualitas

2 menit

Pernah dengar tidak sih tentang plastik polietilena (PE)? Betul, Anda dapat menemukan plastik jenis tersebut pada material tangki air.

Umumnya tangki air plastik yang ada di Indonesia bermaterial plastik PE dan fiberglass. Lalu apa perbedaan dua material tersebut?

Berikut ini merupakan penjelasan lengkap mengenai plastik PE dan fiberglass. Yuk pembahasannya simak sampai selesai!

A. Plastik PE dan Fiberglass Adalah

Menurut Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, plastik PE adalah polimer yang terdiri dari rantai panjang monometer etilena. PE dibentuk melalui polimerisasi dari etena.

Sifat dari PE yaitu:

  • Fleksibel, mudah dibentuk, memiliki daya rentang yang tinggi
  • Kedap terhadap air, uap air, dan gas
  • Tampilannya bervariasi ada yang transparan, berminyak keruh tergantung dari proses pembuatan dan jenis resin.

Sedangkan fiberglass yaitu kaca cair yang ditarik menjadi serat-serat serabut tipis kemudian dicampur dengan resin dan dicetak berbentuk lembaran. Bahan fiberglass biasanya dikenal mempunyai bobot ringan.

Cara Menerapkan Gaya Hidup Ramah Lingkungan di Rumah

Dalam buku Kupas Tuntas Fiberglass (Anastasia, 2013:6) fiberglass terdiri dari campuran berbagai bahan kimia yang saling bereaksi satu sama lain. Bahan dasar fiberglass yakni resin, katalis, sillicon ruber, dan talk.

B. Tangki Air Fiberglass vs Tangki Air PE

Setelah mengetahui pengertian kedua jenis plastik bahan tangki air, pertanyaan yang muncul selanjutnya yakni “lebih unggul mana sih tangki air fiberglass vs tangki air PE?” Inilah jawabannya.

Tangki Air Fiberglass

Tangki air bermaterial fiberglass terkenal keras dan memiliki bobot lebih ringan. Karena itu tangki air fiberglass rawan pecah atau bocor.

Kemudian hingga tahun 2022 kini, tangki air fiberglass belum mempunyai standarisasi Tangki Air Silinder Vertikal Badan Standarisasi Nasional (BSN).

Tangki Air PE

Tangki Air PE mempunyai daya tahan lebih kuat terhadap benturan atau tekanan, jadi tidak mudah retak maupun bocor.

Keunggulan lainnya dari tangki air PE yaitu telah mempunyai standarisasi Standar Nasional Indonesia (SNI) 7276:2020. Jadi aman digunakan untuk menampung air. Keamanan menggunakan plastik PE juga diperkuat Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) yang menyatakan plastik PE aman digunakan untuk kemasan.

Nah, jika Anda sedang mencari tangki air PE berkualitas yang dijamin bebas lumut, tentu solusinya yaitu Tangki Air Pennyu.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Harus Dilakukan saat Membersihkan Tangki Air

Tangki Air Pennyu mempunyai berbagai macam lapisan, salah satunya mampu mencegah cahaya matahari masuk ke dalam tangki air ketika tutup tangki dipasang rapat. Terbukti dengan hasil tes 0 lux, artinya cahaya matahari sama seklai tidak bisa menembus dinding Tangki Air Pennyu.

Karena tidak ada cahaya matahari masuk ke dalam tangki, alhasil lumut tidak tumbuh. Lalu sebagai jaminan kepada pelanggan, Tangki Air Pennyu bergaransi 21 tahun dijamin pabrik.

Informasi mengenai warna dan spesifikasi Tangki Air Pennyu bisa diklik di sini “Tangki Air Pennyu” atau langsung hubungi nomor Customer Service 08170736698.

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan