Biaya Pemasangan Tangki Pendam, Tangki Air Pendam dan Tower Beda Peruntukan

3 menit

Penggunaan tangki untuk tempat penampungan air bersih di hunian sudah menjadi hal lumrah. Jenisnya pun bermacam dan metode pemasangan tangki ada yang dipendam ataupun di taruh tower.

Jika bertanya kenapa ada tangki di atas permukaan tanah dan ada yang dipendam, jawaban gampangnya untuk menyesuaikan dengan sumber air dan ukuran ruangan.

Kedua tangki ini memiliki kelebihan dan peruntukannya masing-masing. Anda harus bijak dan tepat menentukan akan menggunakan jenis dan metode pemasangannya. Hal itu berguna untuk mencegah Anda salah pilih dan repot nantinya.

Baca juga: Supaya Rapi, Ini Saran Penempatan Tangki Air di Rumah

Oke! Supaya Anda tidak salah memilih tangki pendam atau tower untuk penyimpan air bersih di hunian, kita akan bahas alasan dan kelebihan masing-masing dan apa saja yang harus disiapkan untuk pemasangannya.

Ayo simak artikel di bawah!

Tangki Air Pendam

Tangki air pendam adalah jenis tangki air yang sistem pemasangannya dipendam dengan meletakkan tangki di dalam atau bawah tanah.

Umumnya masyarakat mengenal tangki ini dengan sebutan tangki tanam, tandon pendam, dan toren bawah tanah.

Tangki ini dirancang dengan dinding yang ekstra tebal membuatnya lebih kuat dan awet saat dipendam.

Sistem pendam pada tangki melindunginya dari paparan sinar matahari langsung. Alhasil, risiko lumut tumbuh dalam tangki minim.

Alasan Pilih Pendam:

  1. Pertama, tangki pendam Tidak Menghabiskan Ruang. Karena penempatannya dipendam dalam tanah, tangki tidak akan menghabiskan ruang di hunian Anda.Tangki ini dapat dipendam di halaman depan, belakang rumah, hingga garasi kendaraan. Tapi ingat, jika dipendam di garasi kendaraan jangan sampai tangki pendam terinjak oleh ban kendaraan.Agar lebih aman, buat pelindung cor pada bagian leher tangki atau pendam di pojok garansi.
  2. Kedua, menjadi Solusi Sumber Air Bertekanan Lemah. Hal ini karena letak tangki pendam di bawah tanah. Jadi sumber air bertekanan lemah lebih lancar mengalirkan air.
  3. Ketiga, Risiko Lumut Tumbuh pada Tangki Kecil. Lumut berkembang biak di dalam tangki karena ada cahaya matahari. Letak tangki pendam yang berada di bawah tanah melindungi dinding tangki dari sinar matahari, jadi meminimalisir risiko lumut tumbuh.

Hal-hal Harus Dipersiapkan untuk Pasang Tangki Pendam:

1. Buat Lubang Galian

Langkah pertama, gali lubang tanah untuk meletakan tangki pendam. Buatlah lubang galian dengan menambah sedikit ruang dan sesuaikan kedalamannya dengan ukuran tangki.

Jika tekstur tanah tidak stabil atau bergerak, Anda perlu menambah landasan dan tembok pelindung dari batu bata supaya lebih kuat.

2.Pastikan Tangki Pendam Tidak Mengambang

Ini fungsi memberi sedikit jarak antara dinding dengan tangki pendam. Supaya mempermudah memasukkan tangki ke dalam lubang galian dan membuatnya benar-benar menapak di dasar landasan.

3. Buat Pelindung Tangki Pendam

Pelindung cor pada bagian leher atau atas tangki perlu dibuat. Ini bertujuan untuk melindungi tangki dari injakan orang ataupun kendaraan dan cahaya matahari. Dengan demikian tangki pendam akan lebih awet, tahan lama, dan tidak berlumut.

Tangki Air Tower

Jenis tangki tower sering ditemui pada perumahan di Indonesia. Tangki tower adalah tempat penyimpanan air bersih yang berada di permukaan tanah dan biasanya diletakkan di atas tower.

Baca juga: Penyebab Tandon Air Berlumut dan Cara Membersihkannya

Tangki tower umumnya memiliki aneka varian warna meliputi, orenye, kuning, biru, hijau, dan hitam.

Alasan Pilih Tangki Tower:

  • Alasan pilih tangki tower pertama yaitu Warna Beragam. Dengan banyak pilihan warna, Anda dapat menyesuaikan warna tangki dengan desain rumah.Namun pilih tangki tower dengan lapisan blocking cahaya matahari. Ini berguna untuk mencegah cahaya matahari menembus dinding tangki dan menyebabkan tumbuh lumut.
    Jika terlanjur membeli tangki tanpa lapisan blocking cahaya matahari, Anda dapat mengecat tangki dengan warna gelap untuk melindunginya dari cahaya matahari.Atau, Anda dapat menempatkan tangki di ruang yang terhindar dari cahaya matahari.
  • Kedua, Tidak Perlu Menggunakan Mesin untuk Mengalirkan Air. Letak tangki tower berada di atas rumah memanfaatkan gaya gravitasi untuk mendorong dan mengalirkan air ke keran rumah.Karena itu, tidak memerlukan bantuan mesin atau pompa pendorong untuk mengalirkan air.
    Tetapi jika menginginkan debit air yang keluar dari keran lebih kencang, gunakan pompa pendorong.Berbeda dengan metode pendam, jenis ini memerlukan mesin untuk menyedot atau mengalirkan air ke keran.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    Hal-hal Harus Dipersiapkan untuk Pasang Tangki Tower:

    1. Pilih Pondasi atau Tower yang Kuat

    Meletakkan tangki tower di atas tentunya membutuhkan menara berkaki empat untuk penyangga.

    Buat menara landasan yang kokoh dan dapat menahan berat tangki tower Anda saat terisi penuh dengan ketinggian 3-4 meter.

    Jika tidak ada tempat untuk membangun menara, Anda bisa menaruh tangki tower pada dak beton rumah.

    Namun, wajib memperhatikan struktur dak beton. Pastikan dak benar-benar kuat menyangga beban ketika tangki terisi penuh.

    2. Buat Atap Pelindung

    Buatlah atap pelindung untuk menghalau paparan cahaya matahari langsung mengarah ke tangki tower.

    Karena, cahaya matahari yang menembus lapisan dinding tangki dapat menyebabkan lumut tumbuh.

    Selain itu, atap pelindung juga mencegah suhu air dalam tangki berubah menjadi panas karena paparan cahaya matahari.

    3. Pilih Tangki Air Anti Lumut

    Jika menginginkan air tidak tercemar lumut, maka solusi paling tepat adalah gunakan tangki bebas lumut. Tangki Air Pennyu sudah dilengkapi dengan extra barrier layer dan material blocking layer.

    Memastikan lumut tidak tumbuh dan lumut dari sumber air tidak dapat menempel pada dinding tangki. Jadi tidak perlu repot buat atap pelindung dan bebas pilih warna tangki.

    Cek info selengkapnya di sini https://pennyu.co.id/produk/tangki-air-reguler/

    Pennyu Pasti Beres

    Hitung Kebutuhan Tangki Air yang cocok untuk tipe Bangunan Anda

    Komentar Dinonaktifkan