Syarat Air Bersih dan Tips Menjaga Kualitasnya dari Kemenkes

4 menit

Syarat-syarat Air Bisa Dikatan Bersih

Syarat air bersih itu apa sih? Nah sebelum membahas hal tersebut, sebaiknya Anda harus mengerti terlebih dahulu apa itu air bersih.

Air bersih adalah kebutuhan primer yang lekat dengan kehidupan manusia sehari-hari. Bagaimana tidak, mulai dari bangun tidur hingga hendak tidur kembali kita selalu memanfaatkan air bersih.

Contohnya, air bersih digunakan untuk mencuci gelas dan piring kotor, mencuci tangan, lalu mandi, hingga makan dan minum.

Begitu pentingnya air bersih untuk ekosistem manusia. Akan tetapi apakah Anda tahu, Apa saja kriteria atau ciri-ciri air bersih? Jangan-jangan air yang selama ini Anda gunakan tidak tergolong air bersih dan malah berbahaya untuk kesehatan.

Oke! Untuk menghilangkan rasa penasaran dan kekhawatiran Anda, kita akan bahas pengertian air bersih, ciri-ciri hingga tips menjaga kualitasnya.

Ayo simak artikel di bawah ini!

A. Pengertian Air Bersih

Sebelumnya penjelasan mengenai air bersih tercantum dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI No 492/MENKES/PER/IX/1990, air bersih adalah air yang digunakan dalam keperluan hidup manusia sehari-hari dan dapat dijadikan sebagai air minum setelah dimasak terlebih dahulu.

Namun peraturan ini sudah tidak berlaku. Persyaratan air bersih saat ini tertera dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI No.416/Menkes/PER/VII/2002, air bersih adalah air yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan memenuhi syarat kesehatan (bakteriologis, kimiawi, radioaktif, dan fisik).

B. Kriteria atau Syarat Air Bersih

Sekarang beralih ke kriteria atau syarat air bersih. Ingat! Karena semakin banyak pencemaran lingkungan sering ditemui, beberapa air yang memiliki tampilan bersih tetapi tercemar oleh zat-zat yang dapat membahayakan kesehatan.

Jadi perlu benar-benar diperhatikan, apa saja kriteria atau syarat air bersih. Adapun kriteria air bersih terbagi secara fisik, kimia, dan biologis berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes). 

1. Fisik

Air harus jernih, tidak berwarna, tidak bau, dan tidak berasa (tawar). Rasa asin, manis, asam dan sebagainya tidak boleh terdapat dalam air bersih untuk masyarakat.

Parameter Fisik dalam Standar Baku Mutu Kesehatan Lingkungan untuk Media Air untuk Keperluan Higiene Sanitasi meliputi, kekeruhan maksimum 25 NTU, warna maksimum 50 TCU, zat padat terlarut 1000 mg/1, dan suhu udara kurang lebih 3 derajat Celcius.

Kemudian, jika air di rumah Anda mengeluarkan bau tak sedap dan berasa maka maka tidak aman digunakan.

2. Kimia

Air yang dikategorikan bersih tidak boleh mengandung bahan-bahan kimia yang melampaui batas. Maksudnya, air bersih tidak boleh mengandung zat-zat beracun yang dapat mengganggu kesehatan.

Beberapa zat kimia beracun yang sering ada di dalam air meliputi, air raksa atau mercury. Pencemaran air oleh mercury biasanya berasal dari limbah-limbah industri.

Selain itu, aluminium, fluorida, arsen, hingga besi yang biasanya mencemari air bersih juga termasuk zat kimia berbahaya bagi kesehatan.

Dalam air minum, besi menimbulkan warna kuning, rasa, pengendapan pada dinding pipa, pertumbuhan bakteri besi, dan kekeruhan.

3. Biologis

Air bersih tidak boleh mengandung kuman-kuman patogen dan parasit seperti kuman-kuman tifus, kolera, dan disentri.

Biasanya bakteri atau virus yang kerap mencemari air yaitu virus hepatitis A, salmonella bakteri penyebab tifus, dan shigella bakteri penyebab penyakit menular seperti disentri.

Selanjutnya apabila bakteri patogen dijumpai pada air minum maka akan mengganggu kesehatan atau menimbulkan penyakit.

Terlebih jika Anda menggunakan air yang tercemar bakteri untuk kumur-kumur, memasak makanan dan minuman.

C. Tips Menjaga Kualitas Air Bersih Kementerian Kesehatan (Kemenkes)

1. Beri jarak setidaknya 10 meter antara sumber air dengan septic tank dan tempat sampah. Hal ini berguna untuk mengantisipasi pencemaran di sumber air.

2. Lindungi sumber air dari bahan pencemar. Bahan pencemar yang dimaksud seperti benda-benda yang bisa menghasilkan zat kimia berbahaya seperti besi hingga puntung rokok.

3. Lantai sumur sebaiknya kedap air dan tidak retak, bibir sumur serta dinding sumur juga harus diplester lalu sumur ditutup.

4. Sumur gali, sumur pompa, dan jenis sumur lainnya harus dijaga bangunannya supaya tidak rusak. Jika terjadi kerusakan, menimbul bahaya seperti risiko orang terperosok.

5. Ember penampung air dilengkapi dengan penutup dan gayung bertangkai  harus selalu dijaga kebersihannya

6. Kebersihan air harus dijaga dengan mencegah lumut atau kotoran masuk ke dalam penampungan air. Agar menambah bersih dan aman kualitas air di rumah, Anda dapat menggunakan Filter Air Pennyu.

Dengan kemampuannya, Filter Air Pennyu dapat menyaring kontaminan dan kotoran hingga 0,2 micro.

Jika membutuhkan tempat tampung air bersih, Anda dapat menggunakan tangki air. Tapi, jangan pilih yang asal-asalan.

Gunakan Tangki Air Pennyu yang sudah terbukti kualitasnya.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    Keunggulan Tangki Air Pennyu

    Tangki air Pennyu adalah pilihan tepat untuk Anda gunakan di rumah tangga. Kenapa harus Pennyu? Inilah keunggulan tangki air Pennyu dibanding tangki merek-merek lain di pasaran.

    Anti Lumut

    Tangki air Pennyu penyu sudah dilengkapi dengan extra barrier layer dan material blocking layer 0Lux yang memastikan lumut tidak dapat tumbuh dan lumut dari sumber air tidak dapat menempel pada dinding tangki.

    Menjaga Suhu Air Tetap Stabil

    Desain tutup Tangki Air Pennyu dibuat berlubang untuk ventilasi. Dengan begitu, suhu udara di tangki air tetap stabil walaupun cuaca panas.

    Klaim Garansi Mudah

    Klaim garansi Pennyu sangatlah mudah. Anda tinggal melakukan registrasi melalui WhatsApp ataupun SMS.

    Tangki Air Pennyu memiliki garansi 12 tahun (khusus untuk pembelian Januari 2023 garansi menjadi 21 tahun). Bila ada kerusakan akan diganti baru.

    Sertifikat SNI, Halal, dan FDA

    Tangki Air Pennyu pula sudah lolos dari uji SNI, Halal, dan FGA. Artinya, Tangki Air Pennyu aman untuk digunakan.

    Memiliki Kapasitas Ruang Lebih Besar

    Tangki Air Pennyu telah didesain memiliki ukuran lebih besar dibandingkan merek-merek lain yang beredar di pasaran.

    Oleh karena itu ketika Anda menggunakan Tangki Air Pennyu, persediaan air bersih di rumah Anda tentunya akan lebih banyak.

    Harga dan Kapasitas Beragam

    Harga Tangki Air Pennyu tergantung pada kapasitasnya. Tangki air Pennyu terdiri dari 10 kapasitas yakni, 225, 320, 570, 720, 840, 1.200, 2.200, 3.300, 5.700, hingga 10.500 liter. Sedangkan untuk harga mulai dari Rp 600 ribu saja.

    Berbagai Varian Warna

    Tidak hanya kekuatan saja yang didapatkan pembeli ketika mempunyai Tangki Air Pennyu. Tetapi Anda bisa memilih warna tangki air yang dapat disesuaikan dengan tampilan rumah.

    Ada 5 warna pilihan tangki air yang bisa didapatkan yaitu, hitam, biru, kuning, oranye, dan hijau.

    * Terakhir diperbarui 9/5/2023

    Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

    Komentar Dinonaktifkan