menara tandon air dari beton kokoh

Tandon air dari beton. Sumber: Pennyu


3 menit

Seperti yang kita tahu, menara tandon air berfungsi sebagai penopang utama yang menjaga tandon tetap stabil dan mendistribusikan air dengan optimal. Jika konstruksi menara tandon air tidak dibangun dengan kokoh, risiko roboh bisa meningkat, menyebabkan kerugian finansial dan risiko keselamatan. Sebagai seorang kontraktor, Anda harus memahami konstruksi menara tandon air sampai tata cara membangunnya. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

A. Jenis Konstruksi Tower Tandon Air

1. Konstruksi Tandon Air dari Besi

menara tandon air dari besi
Menara tandon air besi. Sumber: Pennyu

Besi atau baja digunakan untuk konstruksi menara tandon air karena memiliki kekuatan yang baik dalam waktu lama. Jika tidak ada waktu untuk membuat menara besi ini, Anda bisa membelinya di toko-toko bangunan setempat.

Baca juga: Ukuran Tangki Air Pennyu dan Rekomendasi Penggunaannya

2. Konstruksi Tandon Air dari Beton

menara tandon air dari beton
Menara tandon air dari beton. Sumber: Pennyu

Cor beton memiliki struktur konstruksi yang sangat kuat. Menara atau tower dari cor beton banyak digunakan untuk kebutuhan tandon air yang lebih berat. Proses instalasi dan pembangunannya akan lebih rumit serta tentunya memakan biaya cukup banyak.

B. Cara Membuat Konstruksi Tandon Air

Berikut ini akan kami uraikan cara membuat konstruksi tower atau menara tandon air dari beton yang bisa Anda ikuti.

1. Penyesuaian Struktur Menara

Lokasi menara untuk tandon air
Lokasi menara tandon air. Sumber: Pennyu

Sesuaikan spesifikasi konstruksi dengan mengukur beberapa hal ini;

a. Kapasitas tandon air

Semakin besar kapasitas tandon air, maka semakin berat pula beban yang harus ditopang oleh menara. Dengan demikian jika tandon air dengan kapasitas besar, Anda perlu membuat menara dengan struktur yang lebih kokoh.

b. Ukuran diameter tandon air

Ukuran diameter mengikuti besar kecilnya kapasitas tandon air. Jadi, pastikan Anda menyesuaikan lebar landasan menara dengan diameter tandon air.

c. Lokasi menara

Menara sebaiknya diletakkan berdekatan dengan sumber air, misalnya sumur atau sumber PDAM. Ini berfungsi untuk memudahkan pengisian tangki air.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Membersihkan Tangki Air

d. Ketinggian menara

Tinggi menara menentukan tekanan air. Semakin tinggi menara, semakin besar tekanan air yang dihasilkan. Idealnya, menara tandon air untuk rumah satu lain memiliki ketinggian 4,2 meter.

2. Buat pondasi

Konstruksi beton menara tandon air
Pondasi menara tandon air. Sumber: Pennyu

Lebar dan kedalaman pondasi: Galian tanah harus cukup lebar minimal 1,5 meter dan kedalaman galian 20 cm.

Struktur pondasi: Pemadatan tanah di dasar galian. Buat lantai kerja KB0 atau cor beton tidak bertulang ketebalan 5 cm, lapisi dengan cor beton bertulang setinggi 25 cm sampai menonjol dari permukaan tanah.

Sloof: Buat sloof berukuran 20×20 pada setiap titik pondasi hingga membentuk persegi.

3. Struktur Konstruksi Menara

Struktur konstruksi untuk membuat menara tandon air
Struktur konstruksi menara tandon air. Sumber: Pennyu

a. Pembuatan kaki menara: Gunakan cetakan (bekisting) dari kayu untuk membentuk kaki beton bertulang. Cetakan harus presisi sesuai dengan ukuran yang direncanakan.

b. Dimensi kaki: Setiap kaki beton bertulang memiliki dimensi 20×20 atau lebih tergantung beban. Kaki beton harus cukup tebal untuk menahan beban.

c. Balok penghubung: Buat balok penghubung horizontal di antara kaki-kaki beton dua tingkat. Tingkat pertama, 220 cm dari pondasi dan tebal 15×15 cm. Tingkat atas, tepat di bawah dudukan tangki dengan tebal 15×20 cm berfungsi untuk memperkuat keseluruhan struktur.

Baca juga: Apa Manfaat Memasang Tangki Air di Rumah?

d. Dudukan atau landasan tangki: Buat landasan tandon air berupa plat beton di atas balok penghubung setebal 15 cm dan lebar sesuai diameter tandon air ditambah 20 cm untuk perawatan. Tambahkan lubang drainase kecil untuk mencegah genangan air.

4. Pemasangan Tangki Air

konstruksi menara tandon air dari beton
Pemasangan tandon air di menara beton. Sumber: Pennyu

a. Setelah menara beton mengeras sempurna, naikkan tandon air ke landasan plat beton dan pastikan presisi.

b. Hubungkan instalasi perpipaan ke inlet dan outlet tandon air.

*Struktur menara hanya untuk tandon air kapasitas 320-3300 liter.

Sudahkah Anda paham cara membuat menara beton yang benar?

Seorang kontraktor harus paham cara membuat menara tandon air yang benar untuk memastikan bangunan instalasi pendistribusian air bersih aman. Dengan mempraktikkan cara pembuatan yang benar, menara tandon air akan lebih aman dan stabil sehingga mengurangi risiko roboh serta memberikan ketahanan yang lebih lama.

Apabila Anda ingin menanyakan tandon air bebas lumut atau struktur menara untuk tandon air kapasitas besar di atas 3300, Anda tanyakan ke Info Center Pennyu Indonesia 08170-736698. Follow media sosial kami pennyu_id untuk mengetahui informasi menarik lainnya! Pennyu Pasti Beres

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan