cara kerja biogas digester dari kotoran sapi

Ilustrasi kotoran sapi akan diolah menjadi biogas.


3 menit

Banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan setelah tahu manfaat biogas dari kotoran sapi. Penggunaan energi terbarukan semakin menjadi sorotan utama di tengah meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan.

Selain aspek lingkungan, pemanfaatan biogas berasal dari kotoran sapi juga dapat menghemat pengeluaran bulanan. Seperti Kelompok Tani Agni Mandiri di Kabupaten Boyolali menggunakan biogas sebagai pengganti LPG untuk bahan bakar kompor.

A. Manfaat Biogas dari Kotoran Sapi

kotoran sapi untuk biogas
Kotoran sapi untuk biogas. Sumber: Pexels

Berikut ini adalah lima manfaat utama biogas dari kotoran sapi:

1. Sumber Energi Terbarukan

Biogas adalah energi terbarukan yang berasal dari fermentasi bahan-bahan organik seperti kotoran hewan. Biogas dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar memasak, penerangan, bahkan pembangkit listrik.

Keunggulan biogas dibandingkan energi fosil adalah sifatnya yang terbarukan, sehingga terus dihasilkan selama ada pasokan bahan organik.

Baca juga: Biogas Digester: Solusi Energi dan Pengelolaan Limbah Ternak

2. Menghasilkan Pupuk Organik

Sisa pengolahan limbah organik oleh digester berupa pupuk organik yang disebut digestat. Umumnya digester mempunyai dua tipe yaitu cair dan padat. Digestat dapat dimanfaatkan untuk pupuk di lahan pertanian. Dengan demikian, pemanfaatan biogas mendukung praktik pertanian berkelanjutan.

3. Pengurangan Limbah Organik

Limbah organik seperti kotoran sapi yang dibiarkan menumpuk akan berisiko besar mencemari lingkungan sekitar. Namun hal tersebut akan terminimalisir dengan pengelolaan yang benar seperti mengolah kotoran sapi menjadi biogas.

4. Menghemat Pengeluaran

Pemanfaatan biogas dapat menghemat pengeluaran Anda karena sebagai pengganti gas LPG dan minyak tanah untuk bahan bakar memasak. Selain itu, berdampak positif untuk lingkungan sebab pemakaian kayu dan energi fosil berkurang.

Baca juga: Tips Memilih Digester Biogas Terbaik

5. Mengurangi Emisi Rumah Kaca

Mengutip dari Perpustakaan MENLHK, pemanfaatan limbah peternakan menjadi biogas ikut membantu pemerintah mengurangi pemanasan global. Proses pembuatan biogas dapat menangkap gas metana penyebab pemanasan global. Dengan mengubah metana menjadi biogas, Anda dapat secara signifikan mengurangi emisi yang berkontribusi pada perubahan iklim.

B. Cara Membuat Biogas dari Kotoran Sapi

pembuatan biogas dari kotoran sapi
Sumber: starfarm.co.id

Menurut Jurnal Pengaruh EM4 (Effective Microorganisme) Terhadap Produksi Biogas Menggunakan Bahan Baku Kotoran Sapi menerangkan jika kotoran sapi merupakan substrat yang dianggap paling cocok sebagai sumber pembuatan biogas.

Inilah cara pembuatan biogas dari kotoran sapi yang bisa ikuti:

1. Campurkan kotoran sapi dengan air. Komposisi 1:2 untuk daerah panas dan 1:1 daerah dingin. Lalu aduk sampai jadi lumpur.

2. Salurkan lumpur ke digester.

3. Tutup digester dan pastikan rapat agar tidak ada kebocoran.

4. Tunggu proses fermentasi sekitar 10 hari.

5. Nantinya di hari ke 1-8 akan terproduksi gas karbondioksida. Buka kran digester untuk membuang gas ini.

6. Hari ke 10 biogas bisa digunakan sebagai bahan bakar kompor.

7. Isi lumpur kotoran sapi secara kontinu agar digester optimal menghasilkan biogas.

C. Cara Kerja Biogas

biogas digester bahan bakar alternatif pengganti lpg
Proses pengolahan limbah ternak menjadi biogas. Sumber: Pennyu

1. Kotoran sapi yang sudah menjadi lumpur difermentasi di dalam digester atau reaktor.

2. Selanjutnya diamkan untuk proses fermentasi selama 10 hari hingga menghasilkan gas metan (CH4) komponen utama biogas.

3. Gas ini nantinya akan tertampung dalam tabung digester.

4. Kemudian biogas bisa digunakan sebagai bahan bakar kompor.

Apakah Anda tertarik mengolah limbah kotoran sapi menjadi energi biogas terbarukan?

Baca juga: Cara Kerja Pennyu Biogas Digester

Biogas dari kotoran sapi menawarkan solusi ramah lingkungan bagi kebutuhan energi sehari-hari. Dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, biogas menjadi salah satu opsi yang sangat potensial diadopsi dalam skala rumah tangga hingga komunitas pedesaan.

Mulailah Menggunakan Biogas Sekarang!

Jangan biarkan kotoran sapi Anda mencemari lingkungan. Manfaatkan limbah ternak dengan mengolahnya menjadi biogas dengan biogas digester. Pilih Pennyu Biogas Digester, reaktor berbahan polyethylene (PE), fleksibel bisa ditempatkan di atas permukaan tanah atau dipendam. Informasi lebih lengkap mengenai Pennyu Bio Septic Tank dapat langsung menghubungi Customer Care Pennyu di nomor 08170-736698 atau email info@pennyu.co.id.

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan