cara meningkatkan bisnis kontraktor di jogja

Kontraktor membahas konsep bangunan. Sumber: Freepik


3 menit

Industri di Yogyakarta terus berkembang seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan pembangunan properti, baik untuk hunian maupun komersil. Oleh karena itu, seorang kontraktor di Jogja tidak hanya menguasai kemampuan teknis, tapi juga harus mampu memahami strategi pemasaran yang baik.

Seorang kontraktor harus mencari strategi pemasaran terbaik agar mendapatkan lebih banyak pelanggan potensial yang memungkinkan keuntungan bisnis kontraktor di masa depan terus meningkat. Berikut ini adalah beberapa langkah pemasaran yang bisa diterapkan oleh kontraktor di Jogja.

A. Strategi Pemasaran

1. Fokus dan Ketahui Proporsi Nilai

kontraktor di jogja membangun proyek perumahan
Kontraktor membaca denah proyek. Sumber: Freepik

Bukan hanya menawarkan jasa konstruksi, pastikan bisnis konstruksi Anda menopang pertumbuhan jangka panjang dengan mendefinisikan secara tepat apa yang membuatnya berbeda dan lebih baik daripada jasa kontraktor yang lain.

Baca juga: 5 Kelebihan Bio Septic Tank Ramah Lingkungan dari Polyethylene

Bagaimana caranya agar layanan pelanggan Anda lebih baik dari yang lain? Anda harus menggali keunikan yang kredibel sehingga menonjolkan bisnis konstruksi Anda dibandingkan dengan lainnya. Dengan begitu Anda dapat membentuk strategi bisnis dan taktik komunikasi ke depan.

2. Membangun Reputasi Melalui Portofolio

portofolio kontraktor pening untuk meningkatkan kredibilitas
Portofolio kontraktor. Sumber: Freepik

Setelah Anda menemukan keunikan yang membedakan bisnis kontraktor lain, langkah selanjutnya adalah membangun reputasi melalui portofolio. Calon klien cenderung memilih kontraktor berdasarkan pengalaman dan proyek-proyek yang telah berhasil diselesaikan.

Pastikan tambahkan data berupa jenis proyek, lokasi, hingga ulasan klien pada portofolio. Dokumentasikan setiap proyek yang telah Anda kerjakan dalam bentuk foto atau video untuk memberikan gambaran yang jelas tentang kualitas pekerjaan.

3. Berkolaborasi Dengan Pengembang Properti

Kerja sama kontraktor dan pengembang properti untuk meningkatkan nilai bisnis
Kerja sama kontraktor dan pengembang properti. Sumber: Freepik

Membangun kolaborasi dengan pengembang properti lokal dapat membantu meningkatkan visibilitas dan mendapatkan proyek baru. Kolaborasi ini bisa meningkatkan peluang kontraktor dilibatkan dalam proyek-proyek besar yang dikerjakan oleh pengembang properti hingga mendongkarak reputasi di kalangan investor dan pembeli properti.

Baca juga: Panduan Memilih Ukuran Bio Septic Tank untuk Skala Proyek

4. Optimalkan Strategi Digital

Optimasi strategi digital untuk meningkatkan bisnis konstruksi
Mengoptimalkan strategi digital. Sumber: Freepik

Trend digital yang terus berkembang merubah perilaku konsumen dalam mencari produk maupun vendor seperti jasa konstruksi. Di era digital, website, Instagram, Facebook, dan TikTok menjadi media pemasaran yang cukup efektif memasarkan jasa konstruksi.

Anda bisa mulai aktif di media sosial untuk menjalin komunikasi agar lebih interaktif dengan calon konsumen. Terapkan strategi search engine optimization (SEO) pada website dan media sosial agar mudah ditemukan oleh calon klien. Salah satu cara menerapkan SEO pada website dan media sosial adalah menentukan kata kunci yang tepat seperti “bangun rumah jogja, jasa rumah jogja, atau kontraktor terdekat” untuk memenangkan pasar lokal di pencarian digital.

5. Manfaatkan Iklan Lokal

Kontraktor memasang iklan di koran
Memasang iklan di koran. Sumber: Istimewa

Rekomendasi strategi pemasaran terakhir yang bisa dilakukan untuk meningkatkan bisnis konstruksi adalah menjalankan iklan lokal. Anda bisa memasang iklan offline dalam koran dan banner di pinggir jalan atau iklan online pada media sosial atau website.

Supaya iklan yang Anda pasang menarik dan berbeda dengan kompetitor, tawarkan promo atau diskon khusus. Anda bisa menawarkan promo membangun sistem sanitasi toilet yang aman dengan menggunakan bio septic tank ramah lingkungan.

Baca juga: Produsen Bio Septic Tank Ramah Lingkungan di Jawa Tengah

Itulah rekomendasi strategi pemasaran untuk kontraktor di Jogja yang bisa Anda ikuti. Apakah Anda sudah melakukan salah satu strategi di atas untuk meningkatkan bisnis konstruksi?

Dalam industri pemasaran kontraktor yang kompetitif, strategi pemasaran yang tepat sangat penting dilakukan untuk meningkatkan reputasi dan mendatangkan klien baru. Dengan memanfaatkan poin-poin yang telah disebutkan sebelumnya, kontraktor dapat meningkatkan daya saing dan terus berkembang di pasar yang dinamis ini.

Apabila Anda mencari bio septic tank ramah lingkungan untuk menawarkan paket promo, hubungi Info Center Pennyu Indonesia 08170-736698 dan follow media sosial pennyu_id untuk mengetahui informasi menarik lainnya! Pennyu Pasti Beres

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan