ukuran bio septic tank untuk proyek perumahan

Seorang kontraktor perumahan membuat perencanaan penguraian limbah toilet. Sumber: Pixabay


4 menit

Dalam dunia konstruksi, terutama dalam pembangunan perumahan, gedung, atau fasilitas umum lainnya, pemilihan sistem pembuangan limbah toilet yang efisien dan ramah lingkungan harus diperhatikan. Salah satu solusi untuk pengelolaan limbah toilet (black water) yang sangat efektif dan lebih ramah lingkungan adalah bio septic tank. Namun, agar bio septic tank bekerja secara optimal mengelola limbah toilet, seorang kontraktor harus paham dengan ukuran bio septic tank, cara kerja bio septic tank, hingga cara pemasangan bio septic tank yang benar.

Dosen Magister Boston University, Professor Richard Maltzman mengatakan jika seorang kontraktor atau manajemen proyek harus memikirkan proyek dalam jangka panjang untuk meminimalisir ancaman pencemaran di masa depan. Itulah pentingnya kenapa seorang kontraktor wajib memahami sistem pengolahan limbah toilet agar tidak terjadi pencemaran lingkungan.

Dalam artikel ini kita akan membahas spesifikasi bio septic tank disesuaikan dengan skala proyek Anda. Yuk simak sampai tuntas!

1. Jenis-jenis Proyek Konstruksi

Berikut ini melansir artikel Kompas.com, ada beberapa jenis konstruksi, tetapi Minnyu hanya sunting proyek konstruksi yang membutuhkan sistem pembuangan limbah toilet.

a. Residential Construction (Bangunan Perumahan)

perumahan dengan sistem sanitary terbaik.
Perumahan padat penduduk di perkotaan. Sumber: Freepik

Proyek ini merupakan pembangunan untuk pemukiman atau tempat tinggal seperti rumah, perumahan, kost, villa, hingga apartemen. Umumnya pembangunan proyek ini dilakukan dengan dua cara yaitu, pembangunan pribadi atau massal.

Baca juga: Kelebihan Pennyu Bio Septic Tank vs Septic Tank Konvensional

Pengerjaan proyek pembangunan perumahan diperlukan perencanaan yang matang, karena terkait fasilitas infrastruktur dan sarana-sarana lainnya. Ukuran bio septic tank untuk residential construction dapat dilihat dari tipe bangunan dan jumlah penghuni dalam bangunan tersebut.

b. Building Construction (Bangunan Gedung)

ukuran bio septic tank untuk gedung
Bangunan gedung tinggi. Sumber: Istimewa

Proyek ini masuk ke dalam skala besar. Pembangunan gedung seperti perkantoran, pusat perbelanjaan, dan hotel memerlukan desain yang lebih kompleks.

Building construction mempertimbangkan konstruksi, pertimbangan pada teknologi yang canggih, material yang berkualitas, dan pertimbangan pada peraturan setempat.

Bisa diperkirakan, bangunan ini berukuran besar dan puluhan orang berlalu lalang setiap harinya.

2. Material Bio Septic Tank

material bio septic tank menggunakan plastik pe dan fiberglass
Biji plastik PE material bio septic tank. Sumber: Freepik

Umumnya bio septic tank yang dijual di pasaran memiliki dua jenis material pembuatan yaitu fiberglass dan polyethylene (PE). Berikut ini adalah keunggulan dan kekurangan dua macam material bio septic tank tersebut.

a. Fiberglass

Bahan fiberglass adalah terbuat dari penyusunan serat dari material berbahan dasar kaca.

Keunggulan: Keras dan ringan.

Kelemahan: Jika terbentur mudah retak.

b. Polyethylene (PE)

Di industri polimer, Polyethylene ditulis dengan singkatan PE. Polyethylene bisa diproduksi melalui proses polimerisasi dari etena.

Keunggulan: Fleksibel, kedap terhadap air dan gas, material kuat menahan benturan.

3. Kesalahan Memilih Bio Septic Tank

kesalahan memilih bio septic tank.
Pemasangan bio septic tank. Sumber: Freepik

Beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam memilih ukuran bio septic tank meliputi:

a. Mengabaikan Pertambahan Pengguna: Tidak memperhitungkan kemungkinan pertambahan jumlah pengguna di masa mendatang dapat menyebabkan sistem menjadi overload.

b. Tidak Mempertimbangkan Material: Material yang tidak tahan lama menyebabkan keretakan atau kebocoran yang menyebabkan pencemaran lingkungan sekitar dan kerugian harus ganti produk baru.

c. Memilih Bio Septic Tank Tanpa Sertifikasi: Jangan sekali-kali membeli bio septic tank tanpa sertifikasi. Produk tanpa sertifikasi bisa jadi tidak melalui pengecekkan ketat sehingga tidak dijamin efisiensinya dalam mengelola limbah toilet dengan aman.

4. Tips Memilih Bio Septic Tank yang Tepat

anti sedot, bio septic tank, eco friendly, tangki septik, penyebab stunting anak karena sanitasi buruk
Ilustrasi Pennyu Bio Septic Tank ramah lingkungan

Memilih bio septic tank memang susah-susah gampang, seringkali orang terkecoh pada ukuran bio septic tank bukan performa produk dalam mengurai limbah toilet. Supaya terhindar dari kesalahan, berikut ini Teknisi Pennyu akan memberikan tips memilih bio septic tank yang tepat sesuai dengan skala proyek.

a. Kapasitas: Pastikan kapasitas bio septic tank sesuai dengan jumlah penghuni

b. Kualitas material: Pilih bio septic tank yang terbuat dari material berkualitas tinggi seperti polyethylene (PE). Material ini tahan lama dan tidak mudah bocor.

c. Perhatikan Sistem Penguraian Limbah: Pilih bio septic tank dengan sistem penguraian limbah yang efisien dan ramah lingkungan. Pastikan efluen yang dihasilkan sudah aman untuk dialirkan ke lingkungan sekitar.

d. Standar dan Sertifikasi: Pastikan bio septic tank yang dipilih telah memenuhi standar dan memiliki sertifikasi dari lembaga yang berwenang, seperti sertifikasi ramah lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Baca juga: Tips Memilih Bio Septic Tank Terbaik, Awet dan Ramah Lingkungan

e. Perawatan: Pilih bio septic tank yang mudah dalam perawatan dan tidak memerlukan penyedotan secara rutin.

f. Harga: Bandingkan harga dari setiap merek. Pastikan mendapatkan nilai terbaik untuk harga tanpa mengorbankan kualitas.

g. Garansi dan Layanan Purna Jual: Pastikan produk yang dipilih memiliki garansi dan layanan purna jual yang baik untuk mengatasi masalah yang mungkin timbul di kemudian hari.

5. Cara Memilih Ukuran Bio Septic Tank untuk Skala Proyek

Pennyu, bio septic tank, pengurai limbah, apa itu ipal, manhole adalah
Sumber: Pennyu Indonesia

Berikut ini adalah cara memilih ukuran bio septic tank menurut Teknisi Pennyu;
Menentukan jumlah pengguna atau penghuni yang akan menggunakan sistem tersebut.

a. Rumah tangga kecil: Bio Septic Tank kapasitas 500-800 liter.

b. Perkantoran: Bio septic tank kapasitas 1000-5000 liter.

c. Sarana kesehatan (puskesmas, klinik): Bio septic tank kapasitas 5000-10.000.

d. Gedung komersial: Bio septic tank kapasitas 10.000-50.000 liter.

Sekarang pastinya sudah paham kan bagaimana memilih bio septic tank terbaik dan cara menentukan ukuran bio septic tank untuk skala proyek?

Baca juga: Bio Septic Tank: Strategi Marketing untuk Developer Perumahan

Sebagai seorang kontraktor, jangan sampai salah memilih bio septic tank untuk menciptakan lingkungan yang berkelanjutan. Dengan membaca artikel ini Anda jadi lebih paham bagaimana memilih bio septic tank yang tepat, tidak hanya dari satu aspek ukuran saja, tapi juga harus memperhatikan beberapa faktor-faktor penting lainnya.

Ingin pesan atau tahu informasi lebih lanjut tentang Pennyu Bio Septic Tank? tanyakan ke Info Center Pennyu Indonesia 08170-736698. Follow media sosial kami pennyu_id untuk mengetahui informasi menarik lainnya! Pennyu Pasti Beres

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan