ciri ciri air bersih salah satunya tidak berwarna

Sumber: Istimewa


3 menit

Air adalah kebutuhan pokok manusia. Memahami ciri-ciri air bersih sangat diperlukan untuk memastikan air yang Anda gunakan aman. Dengan memperhatikan kejernihan, rasa, bau, dan kandungan partikel di dalam air, Anda bisa lebih waspada terhadap kualitas air.

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang bagaimana ciri-ciri air bersih menurut Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Indonesia. Namun alangkah baiknya pahami terlebih dahulu air bersih agar mempermudah pemahaman Anda terkait ciri-ciri air bersih.

A. Air bersih adalah

Syarat Air Bersih dan Tips Menjaga Kualitasnya dari Kemenkes

Menurut Permenkes No.416/Menkes/PER/VII/2002, air bersih merupakan air yang telah melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan memenuhi syarat kesehatan secara bakteriologis, kimiawi, radioaktif, dan fisik.

Air bersih penting bagi kesehatan dan kebersihan. Tanpa air bersih Anda bisa terkena penyakit seperti diare dan tifus. Selain itu air bersih juga berguna untuk menjaga kebersihan diri. Contohnya untuk mencuci tangan dan mandi.

Baca juga: Cara Praktis Menjernihkan Air: Metode Tradisional dan Modern

Dengan air bersih, Anda bisa menikmati kualitas hidup lebih baik. Air yang bersih sangat bermanfaat untuk mencuci sayur dan buah-buahan.

B. Tantangan air bersih

ciri ciri air bersih akan hilang jika orang membuang sampah sembarangan di air
Ilustrasi orang tidak membuang sampah sembarangan dan tidak menjaga kebersihan air. Sumber: Istimewa

Sampai saat ini banyak orang belum sadar akan keberadaan air bersih. Buktinya sebagian orang masih sering membuang sampah sembarangan, tidak mengolah limbah industri dengan baik, dan tidak memperdulikan sistem sanitasi.

Padahal hal-hal tersebut mengancam keberadaan air bersih. Sebagai langkah membantu ketersediaan air bersih, kamu bisa melakukan beberapa cara loh! Misalnya membuang sampah pada tempatnya, membuat saluran pengolahan limbah toilet dengan baik, menghemat air, hingga mengedukasi masyarakat tentang pentingnya air bersih agar terhindar dari pencemaran.

Baca juga: Perbandingan Alat Penjernih Air: Mana yang Terbaik?

Setelah Anda memahami pengertian, pentingnya hingga tantangan air bersih saat ini, berikut ini kita akan mengulas tentang ciri-ciri air bersih menurut Permenkes.

C. Ciri-ciri air bersih

Ciri ciri air bersih yaitu jernih tidak ada kontaminan
Ilustrasi air bersih dari kran air. Sumber: Istimewa

Seperti yang sudah disinggung sedikit sebelumnya, air dikatakan bersih jika memenuhi syarat kesehatan secara bakteriologis, kimiawi, radioaktif, dan fisik.

1. Bakteriologis

Syarat kesehatan bakteriologis di sini maksudnya yaitu air bersih tidak boleh mengandung kuman-kuman patogen atau parasit penyebab penyakit seperti tifus dan disentri. Biasanya bakteri yang sering ditemui mencemari air adalah salmonella penyebab tifus, dan shigella penyebab penyakit disentri yang menular.

2. Kimiawi

Air bersih tidak boleh mengandung bahan-bahan kimia yang melampaui batas.  Bahan kimia yang tercampur dalam air dapat mengganggu kesehatan orang yang mengkonsumsinya.

Beberapa zat beracun yang sering mencemari air adalah mercury atau air raksa, fluorida, dan arsen. Selain itu, besi juga berpengaruh menjadi penyebab tercemarnya air. Biasanya air yang tercemar oleh besi akan berubah warna menjadi kuning dan berbau karat.

3. Fisik

Menurut parameter ini, air bersih tidak boleh berwarna, mengeluarkan bau tak sedap, dan mempunyai rasa. Jika air di rumah Anda tidak memenuhi kriteria tersebut, dapat dipastikan air itu tercemar.

D. Bagaimana jika air di rumah kotor?

masalah air kotor di kamar mandi

Apabila air yang Anda gunakan sehari-hari kotor atau tercemar, ada beberapa cara mengatasinya. Cara paling mudah dan cepat adalah memasang filter air. Umumnya, ada dua jenis filter air yang diperjualbelikan di pasaran. Pertama, filter air yang dipasang pada saluran pipa dan kedua, filter air yang ada pada di kran air.

Perbedaannya ada pada bahan atau material penyaringannya. Jika air sangat kotor direkomendasikan menggunakan filter air yang dipasang pada saluran pipa, tapi jika kotoran masih batas wajar seperti air berwarna kuning, berbau, dan berlumut maka filter air kran cukup untuk Anda.

Baca juga: Catat! Ini Biaya Sedot WC Terbaru 2024 di Berbagai Daerah

Gunakan Pennyu Tap Water Filter (TWF), filter air kran efektif menyaring kotoran dalam air. Kotoran tersaring, air tetap deras!  Jadi tidak akan memperlambat aliran kran air Anda. Selain itu, Pennyu Tap Water Filter memiliki 3 jenis konektor yang mempermudah Anda memasang di berbagai tipe kran air.

Dengan Pennyu Tap Water Filter, masalah air kotor di rumah Anda teratasi. Air jadi jernih dan aman digunakan sehari-hari. Informasi lebih lanjut bisa Anda klik di sini “Pennyu Tap Water Filter”. Bersih Airnya, Deras Ngalirnya.

Komentar Dinonaktifkan