5 Tips Agar Septic Tank Tidak Mampet dan Mudah Penuh

2 menit

Tips Agar Septic Tank Anti Penuh

Cara membuat septic tank anti penuh sebenernya tidaklah serumit yang dipikirkan. Tips agar septic tank anti mampet dan tidak mudah penuh sekarang mungkin banyak dicari atau bahkan dibutuhkan bukan?

Bagaimana tidak, jika septic tank mudah penuh tentu akan menjadi masalah di hunian tercinta.

Tapi tidak usah khawatir, Anda sudah berada di artikel yang tepat! Sebab di sini ada 5 tips agar septic tank anti mampet dan tidak mudah penuh.

Jadi langkah apa saja yang harus dilakukan? Ayo kita cari tahu!

1. Memperhatikan Pipa

cara membuat septic tank anti penuh

Ini unsur pertama yang harus diperhatikan, pipa menjadi saluran utama limbah toilet dari rumah ke septic tank. Oleh karena itu, jangan sembarangan menggunakan pipa. Pilih pipa yang terbuat dari material berbahan PVC yang mempunyai kualitas apik dan terkenal kuat.

Ukuran pipa juga jangan luput dari perhitungan. Sesuaikan diameter pipa dengan spesifikasi SNI. Lalu, untuk meminimalisir mampet jangan membuat septic tank terlalu jauh dengan toilet agar mengurangi lekukan pipa dan pastikan sudut kemiringan pipa diatur setidaknya lebih rendah dari toilet.

2. Jangan Buang Sampah ke Kloset

jangan, buang tissue ke kloset, cara membuat septic tank anti penuh

Ingat septic tank bukanlah tempat penampungan sampah. Jadi, selain limbah kakus seperti urine dan feses jangan dibuang ke dalam kloset.

Jika Anda membuang benda selain limbah manusia ke kloset tentunya tidak akan bisa terurai. Akibatnya, saluran septic tank tersumbat dan kloset mampet.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    3. Penggunaan Harus Sesuai dengan Kapasitas Septic Tank

    septic tank anti penuh, sedot wc

    Setiap septic tank mempunyai ukuran dan kapasitas maksimal. Dengan semakin banyak jumlah penghuni, tentunya semakin besar pula ukuran septic tank yang dibutuhkan.

    Jika penggunaan septic tank sehari-hari tidak sesuai dengan kapasitas penghuni, berakibat septic tank mudah dan cepat penuh.

    Perhitungannya misal, untuk rumah tinggal dengan penghuni 4 orang. Anda cukup membuat septic tank dengan ukuran 1,5 m x 1,5 m x 2 m. Kemudian, untuk bak resapan berukuran 1 m x 1 m x 2 m.

    4. Jangan Terlalu Sering Bersihkan Kloset Dengan Cairan Pembersih

    septic tank anti penuh

    Sebenarnya boleh-boleh saja Anda membersihkan toilet dengan cairan pembersih. Tapi ingat, jangan terlalu sering melakukannya ya.

    Alasannya apa? Jika Anda terus-terusan menggunakan cairan pembersih yang mengandung zat kimia, dapat membunuh bakteri pengurai dalam septic tank. Dengan demikian, septic tank akan mudah penuh.

    Kemudian jika Anda membersihkan kloset menggunakan cairan pembersih, siramlah dengan air sebanyak mungkin agar zat kimia pada cairan benar-benar larut.

    5. Gunakan Septic Tank Terbaik

    septic tank

    Ini adalah poin terpenting dari semua. Kenapa demikian? Percuma jika sudah melakukan empat langkah di atas tetapi septic tank yang Anda gunakan berkualitas buruk. Jadi jangan asal-asalan pilih septic tank. Gunakan desain septic tank yang mempunyai penguraian limbah toilet terbaik. Pennyu Bio Septic Tank pengurai limbah toilet berukuran kecil dengan kinerja optimal. Sangat cocok sebagai pengurai limbah di tempat terbatas seperti perkotaan.

    Pennyu Bio Septic Tank telah dibekali 5 mekanisme mutakhir yang dapat mengalirkan limbah toilet ke selokan tanpa mencemari lingkungan.

    Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

    Komentar Dinonaktifkan