Keuntungan Menggunakan Bio Septic Tank di Rumah

3 menit

Menggunakan Bio Septic Tank

Apa keuntungan menggunakan bio septic tank di rumah sih? Apa bedanya sama septic tank konvensional? Atau bagaimana perawatan bio septic tank?

Jika pertanyaan itu muncul di pikiran, tentu Anda ingin mencari tahu tentang bio septic tank dan keunggulannya.

Baiklah, Anda akan mendapat jawabannya setelah membaca artikel ini! Karena, kita akan membahas pengertian, hingga keuntungan mempunyai bio septic tank di rumah.

Oke! Ayo kita kupas tuntas untuk menambah pengetahuan tentang bio septic tank.

Pengertian Bio Septic Tank

Bio septic tank adalah septic tank modern yang memiliki fungsi sama dengan septic tank konvensional, yakni menampung kotoran manusia. Perbedaannya, bio septic tank adalah tempat penampungan dan pengolahan kotoran manusia dengan mengadaptasi penguraian bioteknologi. Bio septic tank biasanya berbahan dasar fiber atau plastik polyethylene (PE).

Dengan bahan dasar tersebut, bio septic tank lebih kuat dan terbukti mampu digunakan dalam waktu lama.

Karena itu, direkomendasikan untuk Anda beralih dari septic tank konvensional ke bio septic tank.

Setelah tahu pengertiannya, mari kita bahas keuntungan menggunakan bio septic tank di rumah.

Keuntungan Menggunakan Bio Septic Tank di Rumah

Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan bio septic tank di rumah. Sebab, bio septic tank dibuat dengan perhitungan lebih canggih dibanding septic tank konvensional. Berikut keuntungan menggunakan bio septic tank di rumah.

1. Ramah Lingkungan

Dengan komponen pembuatan yang teruji, bio septic tank tidak menghasilkan limbah berbau. Bahan dasar bio septic tank yang kuat juga mencegah kebocoran limbah yang dapat mencemari lingkungan sekitar.

Oleh karena itu jika memiliki bio septic tank, tentunya lingkungan sekitar Anda menjadi lebih aman karena terbebas dari pencemaran limbah.

Selain itu, air limbah yang keluar dari outlet Pennyu Bio Septic Tank sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) LHK No. P.68/Menlhk-Setjen/2016 tentang Baku Mutu Air Limbah Domestik.

Nah, keuntungan itu tidak dimiliki oleh septic tank konvensional loh! Septic tank konvensional biasanya terbuat dari pasangan batu bata dan cor beton bertulang. Lalu pada bagian luar dinding dipasang ijuk yang berfungsi sebagai penyaring.

Meskipun bertujuan agar resapan air kotor di septic tank konvensional jadi bersih dan tidak mencemari tanah, fungsi itu tidak maksimal. Karena, air resapan akan tercemar seiring berjalannya waktu.

2. Limbah Hasil Pengolahan Tidak Berbau

Yup! Dari hasil penguraian yang baik, limbah yang dihasilkan bio septic tank tidak akan berbau. Sehingga aman apabila langsung dialirkan ke selokan akan berupa air bening dan tidak memunculkan bau tidak sedap.

Bio septic tank sangat aman dan cocok digunakan untuk Anda yang mengedepankan kesehatan.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    3Tidak Mencemari Air Tanah

    Seperti pada ulasan sebelumnya, bio septic tank mampu memastikan air tanah tidak tercemar oleh limbah kotoran di dalam septic tank. Hal itu dikarenakan Pennyu Bio Septic Tank bermaterial polyethylene (PE) sudah teruji kuat dan tidak mudah bocor.

    Namun, jika Anda menggunakan septic tank konvensional, rawan bocor dan dampaknya air tanah dapat tercemar karena limbah kotoran menyerap ke dalam tanah.

    4. Memiliki Daya Tampung Pas dan Tidak Mudah Bocor

    Bio septic tank mempunyai daya tampung yang pas sesuai dengan kebutuhan Anda. Karena, air dan kotoran yang berlebih akan langsung dikeluarkan ke arah selokan sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan daya tampung berlebih.

    Bio septic tank juga dikenal anti bocor dan awet. Sebab, bahan dasar pembuatannya berasal dari plastik PE yang tebal. Jadi bila bio septic tank dipendam dalam tanah dengan waktu yang lama, Anda tidak perlu mengkhawatirkannya.

    5. Tidak Perlu Sering Sedot WC

    Bio septic tank mempunyai sistem penguraian limbah toilet yang lebih baik dibandingkan septic tank konvensional sehingga tidak mudah penuh. Bio Septic Tank tidak perlu disedot rutin.

    Keunggulan Pennyu Bio Septic Tank

    Pennyu Bio Septic Tank menjadi solusi dan pilihan tepat untuk sanitasi di lingkungan Anda. Karena memiliki kemampuan resapan yang sempurna sehingga tidak cemari lingkungan hingga anti toilet mampet dan cepat penuh.

    Pennyu Bio Septic Tank adalah pilihan sangat tepat untuk menggantikan septic tank konvensional Anda. Inilah kelebihan yang dimilikinya.

    1. Dapat Langsung Mengalirkan Limbah ke Selokan

    Mengaplikasikan lima mekanisme mutakhir dan bioteknologi pada septic tank. Dengan mekanisme terstruktur membuat limbah toilet dapat langsung dialirkan menuju selokan atau bak peresap tanpa mencemari lingkungan.

    Selain itu, system dan perlengkapan yang digunakan sangat baik dalam proses pengolahan limbah sehingga mampu mengolah limbah domestik lebih efektif.

    2. Penguraian Bertahap

    Pennyu Bio Septic Tank menerapkan penguraian yang bertahap. Dimulai dari pengendapan dan penguraian sampai ke proses filterisasi dan pemurnian limbah sebelum dialirkan keluar ke selokan.

    Karena penguraian yang baik, limbah toilet yang dikeluarkan Pennyu Bio Septic Tank tidak menimbulkan bau, bakteri berbahaya, dan ramah lingkungan. Selain itu, Pennyu Bio Septic Tank tidak mudah penuh.

    3. Sesuai Standar Baku Mutu Air Limbah

    Pennyu Bio Septic Tank telah lolos standar baku mutu air limbah yang ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

    Air limbah yang keluar dari outlet Pennyu Bio Septic Tank juga sudah sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) LHK No. P.68/Menlhk-Setjen/2016 tentang baku mutu air limbah domestik.

    Itulah informasi mengenai keuntungan menggunakan bio septic tank di rumah yang perlu Anda tahu. Semoga membantu!

    Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

    Komentar Dinonaktifkan