Kenali Jenis Tangki Air, Kamu Pilih yang Mana?

3 menit

Mengenal Jenis Tangki Air

Jenis tangki air bermacam-macam. Umumnya tangki air terbagi menjadi tiga jenis yaitu fiberglass, stainless steel, dan polyethylene.

Tangki air adalah media penampung air bersih untuk dipakai dalam banyak hal seperti air minum, mandi, pengolahan pangan, dan sebagainya.

Namun apakah Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan ketiga jenis tangki air tersebut?

Sebelum membeli tangki air, sudah seyogyanya Anda harus mengenali ketiga jenis tersebut. Jika Anda belum mengetahuinya, dalam artikel ini akan mengupas tuntas kelebihan dan kekurangan ketiga jenis tangki air tersebut.

Ayo simak uraian di bawah ini agar Anda tidak salah memilih dan membeli tangki air!

Fiberglass

Tangki air fiberglass berbahan dasar Fiber Reinforced Plastic (FRP). Dengan FRP, tangki air jenis ini memiliki bentuk lebih keras dan memiliki bobot yang ringan dibandingkan tangki air jenis lain.

Kelebihan:

  • Tekstur Solid
  • Bobot Ringan
  • Mudah Dipasang

Kekurangan:

  • Mudah pecah bila terkena benturan
  • Biaya perawatan mahal dan sulit
  • Tidak tahan terhadap sinar ultraviolet (UV)
  • Mudah ditumbuhi jamur
  • Biaya perawatan sulit dan jika terjadi kerusakan susah untuk diperbaiki

Stainless Steel

Jenis tangki air stainless steel dikenal dengan tangki air yang tidak tembus oleh sinar matahari yang dapat sebabkan lumut tumbuh. Tergambar dari namanya, pembuatan tangki air jenis ini dari stainless steel.

Keunggulan:

  • Tidak tembus sinar matahari penyebab tumbuhnya lumut
  • Bentuknya elegan
  • Mempunyai material kuat tidak mudah berubah bentuk dan bocor
  • Memiliki usia lebih lama atau awet

Kekurangan:

  • Mudah korosi atau karatan pada bagian las
  • Hanya bisa untuk menyimpan air PAM. Apabila diisi air sumur bisa menyebabkan karatan
  • Harga lebih mahal
  • Perbaikan mahal
  • Kerusakan pada tangki sulit untuk diperbaiki

Polyethylene (PE)

Jenis tangki air PE mempunyai daya tahan lebih tinggi terhadap benturan, tekanan, dan tidak mudah bocor. Biasanya tangki ini sudah dilengkapi oleh lapisan anti jamur dan lumut.

Keunggulan:

  • Berbahan dasar plastik sehingga ringan dan mudah dipasang
  • Jika terjadi kerusakan mudah untuk diperbaiki
  • Mempunyai standarisasi Standar Nasional Indonesia (SNI)
  • Biasanya memiliki lapisan anti lumut dan jamur

Kekurangan:

  • Bentuk kurang mewah dibandingkan tangki air stainless steel

Tips Memilih Tangki Air:

Setelah mengetahui jenis-jenis tangki air berdasarkan bahan materialnya, mari tambah pengetahuan untuk memilih tangki air.

  1. Pilih Jenis Tangki Air dan Ukurannya

Dari ketiga jenis tangki air yang telah dijelaskan sebelumnya, pilih salah satu sesuai kebutuhan Anda. Selanjutnya sesuaikan ukuran tangki air sesuai dengan total kebutuhan air di rumah Anda. Hal ini penting dilakukan agar ketersediaan air bersih di rumah cukup dan terjamin.

  1. Garansi Produk dan Spesifikasi

Sebelum deal kepada penjual saat membeli tangki air, pastikan terlebih dahulu Anda mengetahui spesifikasi yang dimiliki produk. Pilih tangki air yang mempunyai teknologi tidak tembus sinar ultraviolet (UV) dan anti lumut.

Bukan hanya itu, menanyakan garansi produk juga penting untuk memproses klaim jika tiba-tiba tangki air yang Anda beli rusak.

  1. Tentukan Lokasi Penempatan

Selanjutnya, tentukan lokasi penempatan tangki air. Jangan sampai Anda membuat tempat yang lebih kecil dibanding ukuran tangki air.

  1. Warna Tangki

Cukup penting memilih warna tangki air yang matching dengan cat rumah. Sebab dengan ukuran tangki air yang besar akan mempengaruhi keindahan dan estetika bangunan rumah.

Subscribe

Subscribe untuk update artikel dan info promo menarik dari Pennyu

     

    Keunggulan Tangki Air Pennyu

    Tangki air Pennyu adalah pilihan tepat untuk Anda gunakan di rumah tangga. Kenapa harus Pennyu? Inilah keunggulan tangki air Pennyu dibanding tangki merk-merk lain di pasaran.

    1.      Anti Lumut

    Tangki air Pennyu penyu sudah dilengkapi dengan extra barrier layer dan material blocking layer yang memastikan lumut tidak dapat tumbuh. Lumut dari sumber air juga tidak dapat menempel pada dinding tangki.

    2.      Menjaga Suhu Air Tetap Stabil

    Desain tutup Tangki Air Pennyu dibuat berlubang untuk ventilasi. Dengan begitu, suhu udara di tangki air tetap stabil walaupun terkena cuaca panas.

    3.      Garansi Panjang

    Tangki Air Pennyu memiliki garansi 21 tahun (berlaku untuk pembelian tangki air mulai Januari 2023). Klaim garansi mudah hanya melalui WhatsApp atau SMS.

    4.      Sertifikat SNI, Halal, dan FDA

    Tangki Air Pennyu pula sudah lolos dari uji SNI, Halal, dan FGA. Artinya, Tangki Air Pennyu aman untuk digunakan.

    5.      Memiliki Kapasitas Ruang Lebih Besar

    Tangki Air Pennyu telah didesain memiliki ukuran lebih besar dibandingkan merk-merk lain yang beredar di pasaran. Oleh karena itu ketika Anda menggunakan Tangki Air Pennyu, persediaan air bersih di rumah Anda tentunya akan lebih banyak.

    6.      Harga dan Kapasitas Beragam

    Harga Tangki Air Pennyu tergantung pada kapasitasnya. Tangki air Pennyu terdiri dari 10 kapasitas yakni, 320, 570, 720, 840, 1.200, 2.200, 3.300, 5.700, hingga 10.500 liter. Sedangkan untuk harga mulai dari Rp 600 ribu saja.

    7.      Berbagai Varian Warna

    Tidak hanya kekuatan saja yang didapatkan pembeli ketika mempunyai Tangki Air Pennyu. Tapi Anda bisa memilih warna tangki air yang dapat menjadikan tampilan rumah Anda indah dan estetik. Ada 5 warna pilihan tangki air yang bisa didapatkan yaitu, hitam, biru, kuning, orange, dan hijau.

    * Terakhir diperbarui 9/5/2023

    Konsultasikan kebutuhan penampungan air bersama Tim Pennyu Indonesia

    Komentar Dinonaktifkan