Jenis jenis Pipa Air

2 menit

Jenis-jenis Pipa dengan Material Beraneka Ragam

Jenis-jenis pipa dibuat dengan material yang beraneka ragam karena disesuaikan dengan fungsinya. Seperti ada pipa yang terbuat dari besi tapi juga banyak pipa yang terbuat dari plastik.

Pipa merupakan salah satu elemen bangunan paling fungsional pada hunian. Biasanya pipa di rumah berfungsi untuk mengalirkan air bersih hingga cairan limbah domestik. Karena mempunyai fungsi yang cukup krusial, memilih pipa harus diperhatikan dan diputuskan secara matang ketika Anda hendak membangun rumah.

Nah yuk pahami jenis-jenis pipa yang umum digunakan di rumah. Dengan memahaminya, membuat hunian kita semakin nyaman sebab terminimalisir dari permasalahan pipa.

1. Pipa PVC

Mungkin Anda sering mendengar tentang pipa PVC. Yup! Pipa PVC merupakan pipa yang terbuat dari termoplastik jenis polyvinyl chloride. Pipa jenis ini paling umum digunakan di rumah dan multifungsi. Kelebihan pipa PVC yaitu diklaim tidak mengandung zat berbahaya sehingga aman digunakan.

Selain itu, pipa PVC biasa digunakan sebagai saluran air bersih, air hujan sampai air kotor. Pipa PVC ini dikenal dengan proses instalasi yang mudah, gampang dipotong, kuat, dan terlebih harganya terjangkau.

2. Pipa Logam

Rumah dan bangunan lainnya juga sering menggunakan pipa logam atau besi. Pipa ini biasanya berada di wastafel atau kitchen sink karena kuat menahan air panas. Pipa logam ini bisa bertahan lebih lama dibandingkan lainnya.

Baca juga: Kontraktor Perlu Tahu 6 Poin Ini saat Memilih Bio Septic Tank

3. Pipa HDPE

Jenis pipa ini berbahan plastik non-toxic dengan warna khas hitam. Pipa High Density Polyethylene (HDPE) terkenal memiliki karakter lentur, dan aman digunakan untuk mengalirkan air konsumsi.

Selain itu, pipa ini juga menjadi solusi menjadi perpipaan pada daerah yang rawan gempa, longsor, dan tanah yang labil. Pipa HDPE juga dikenal kerap kali digunakan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) untuk mengalirkan air ke rumah-rumah warga.

4. Pipa PEX

Ini merupakan pipa yang dimanfaatkan untuk mengalirkan air panas dan air dingin ke hunian serta instalasi hidrolik yang biasanya digunakan sistem mesin di dunia industri. karena sifatnya yang tahan terhadap suhu ekstrem.

Baca juga: Cara Menghitung Kapasitas dan Berat Tandon Air saat Terisi Penuh

Pipa air PEX yang merupakan kepanjangan dari Cross-linked Polyethylene ini memiliki berbagai warna yang memudahkan identifikasi saluran air panas dan air dingin.

Nah itulah beberapa jenis pipa yang umum digunakan di hunian. Jangan lupa cek artikel menarik lainnya di blog Pennyu Indonesia ya! Selain artikel, berbagai pilihan produk sanitasi dapat Anda dapatkan di Pennyu Indonesia loh. Yuk cek sekarang! Pakai Pennyu Pasti Beres

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan