kamu harus pahami cara mencuci sayur agar bebas dari pestisida

Sumber: Pixabay


2 menit

“Pentingnya memahamai cara mencuci sayur agar bebas dari pestisida”

Moms siapa di sini yang masih suka masak tanpa mencuci sayuran terlebih dulu? Tahu tidak sih Moms, kebiasaan itu berbahaya buat kesehatan kamu dan keluarga lho!

Mengkonsumsi sayur memang bisa meningkatkan kesehatan, namun jika sayuran tidak dicuci sebelum dimasak justru akan berbahaya. Sayur yang dijual di supermarket atau pasar kemungkinan besar masih kotor dan mengandung pestisida dari pupuk.

Tentunya sebelum memasak sayur, Moms harus mencuci sayuran hingga bersih. Berikut PennyuMin kasih tau cara mencuci sayur agar bebas pestisida.

Cara mencuci sayuran agar bebas dari pestisida

1. Mencuci tangan terlebih dahulu

Mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mencuci sayuran
Sumber: Pixabay

Sebelum Moms mulai mencuci sayur, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan tangan terlebih dahulu. Moms tidak pernah tahu berapa banyak bakteri atau mikroorganisme yang ada di dalam tangan dan berpotensi berpindah ke sayuran. Cuci tangan juga harus Moms lakukan setelah selesai mencuci sayuran ya!

Baca juga: Kenali Bakteri Coliform Penyebab Pencemaran Air Bersih

2. Potong atau buang bagian sayur yang rusak

membuang bagian sayuran yang rusak
Sumber: Wikihow.com

Tidak semua bagian sayur yang Moms akan masak sempurna. Jadi perhatikan semua bagian sayur. Hindari memasak sayur yang rusak atau busuk. Biasanya sayuran yang rusak berwarna kecoklatan dan bertekstur lembek.

3. Gunakan air mengalir

cara mencuci sayur agar bebas dari pestisida dengan air mengalir
Sumber: Istimewa

Setelah membuang bagian sayur yang rusak, sekarang Moms bisa mulai mencuci sayur dengan air mengalir. Jangan pernah mencuci sayur di wadah yang berisi air. Mencuci sayur dengan air mengalir berfungsi untuk meminimalisir mikroorganisme yang dibersihkan tidak kembali menempel pada sayuran.

Baca juga: Ciptakan Hidup Sehat dengan Cuci Tangan yang Benar

4. Rendam dengan air garam

cara mencuci sayur agar bebas dari pestisida dengan merendamnya di air garam
Sumber: Freepik

Tahap selanjutnya yang harus Moms lakukan agar sayuran bersih maksimal adalah dengan merendam sayur yang telah dicuci ke air garam selama 20 menit. Informasi dari website pertanian.go.id, air garam dapat menghilangkan residu yang tertinggal di sayuran.

5. Bilas dan keringkan

cara mencuci sayur agar bebas dari pestisida dengan air mengalir
Sumber: Istimewa

Ini merupakan langkah terakhir dari cara mencuci sayur agar bebas dari pestisida atau kotoran yaitu membilas dengan air mengalir dan keringkan dengan handuk bersih.

Setelah sayur kering, Moms bisa langsung memasaknya. Atau jika tidak ingin langsung dimasak, Moms bisa menyimpannya ke dalam wadah supaya sayur tidak terkontaminasi dengan kotoran.

Itulah cara mencuci sayur agar bebas dari pestisida atau kotoran. Tapi tahukah kamu Moms jika langkah-langkah mencuci tersebut tidak akan berguna jika air yang kamu gunakan kotor loh!

Memastikan air untuk mencuci sayur bersih

Oleh karena itu, disarankan Moms memasang filter air di kran kitchen sink untuk memastikan air yang digunakan benar-benar bersih. Pilihlah filter air yang efektif menyaring air kotor jadi lebih jernih seperti Pennyu Tap Water Filter (TWF), dijamin kotoran tersaring, air tetap deras!

Pennyu TWF merupakan filter air yang dipasang di kran air. Memiliki kerapatan 3 mikron, efektif menyaring kotoran-kotoran di dalam air yang menyebabkan air berwarna dan menghilangkan bau. Pennyu TWF mudah dipasang, hanya tinggal diulir di ujung kran air. Dibekali dengan 3 konektor yang dapat disesuaikan dengan jenis kran air di rumah Moms! Mencuci sayuran jadi lebih maksimaldengan Pennyu TWF. Dapatkan sekarang!

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan