kompor berbahan bakar biogas ramah lingkungan untuk memasak makanan di rumah

Kompor berbahan bakar biogas. Sumber: Freepik


2 menit

Bagi para petani dan peternak yang memiliki akses limbah kotoran hewan, biogas rumah tangga menjadi solusi sebagai bahan bakar alternatif pengganti gas LPG. Selain minim polusi, keunggulan penggunaan bahan bakar biogas yaitu lebih murah dan berkelanjutan.

Anda bisa memanfaatkan biogas untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti bahan bakar kompor untuk memasak. Dalam artikel ini kita akan kupas tuntas pengertian biogas, bahan baku apa saja yang bisa dibuat biogas, hingga panduan sederhana membuat biogas.

1. Pengertian Biogas

biogas digester adalah gas alternatif pengganti bahan bakar fosil
Biogas bahan bakar alternatif memasak. Sumber: Colourbox.com

Biogas adalah energi alternatif diperoleh melalui dekomposisi limbah organik oleh bakteri anaerob. Atau, menurut Pertamina, biogas merupakan energi yang berasal dari limbah organik seperti kotoran ternak atau limbah sayuran. Nantinya limbah-limbah tersebut akan masuk ke masa urai di ruangan kedap udara.

Baca juga: Mengapa Kompor Biogas Kotoran Sapi Ramah Lingkungan?

2. Bahan Baku Biogas

biogas rumah tangga dari kotoran sapi.
Limbah kotoran hewan untuk biogas. Sumber: Istimewa

Umumnya sebagian besar sampah organik dapat diolah menjadi biogas. Inilah beberapa bahan baku biogas dari sampah organik.

a. Kotoran sapi

b. Kotoran babi

c. Sisa makanan

d. Sampah sayuran

e. Dan bahan-bahan organik lainnya, atau mencampurkan beberapa kombinasi limbah tersebut.

3. Biogas Digester

biogas digester pennyu, cara mengolah limbah ternak dengan biogas
Limbah ternak dapat diolah menjadi biogas menggunakan digester. Sumber: Pennyu

Biogas digester atau digester biogas adalah tempat bahan-bahan organik diurai oleh bakteri secara anaerob (tanpa udara) menjadi gas CH4 dan CO2. Dengan kata lain, biogas digester adalah reaktor yang digunakan untuk mengolah limbah organik menjadi biogas.

Baca juga: Menghemat Bahan Bakar Memasak Ala Petani Boyolali

Jenis-jenis biogas digester dibedakan menjadi; reaktor tutup tetap, floating dome, reaktor balon, dan reaktor dari bahan polyethylene (PE).

– Cara kerja digester biogas

Cara kerja digester biogas dimulai dari pengumpulan limbah organik, misalnya kotoran ternak yang sudah dicampurkan dengan air hingga menjadi lumpur. Kemudian dimasukkan ke dalam digester biogas. Nantinya di dalam digester biogas yang kedap udara terjadi fermentasi limbah oleh mikroorganisme anaerob.

Selanjutnya proses tersebut menghasilkan gas methan (CH4). Gas methan yang ditampung di dalam digester disalurkan melalui pipa dan itulah yang digunakan sebagai bahan bakar untuk kompor.

4. Pembuatan Biogas dari Kotoran Sapi

pembuatan biogas dari kotoran sapi
Sumber: starfarm.co.id

Inilah panduan sederhana membuat biogas dari kotoran sapi:

a. Menampung kotoran ternak di penampungan sementara

b. Mencampur dengan air dan kotoran sapi hingga menjadi lumpur dengan komposisi 1:1 di daerah dingin, 2:1 di daerah panas.

c. Mengalirkan lumpur kotoran sapi melalui pipa inlet ke digester.

d. Nantinya limbah organik akan melalui proses penguraian selama 10 hari hingga menghasilkan gas methan (CH4).

Baca juga: Biogas Digester: Solusi Energi dan Pengolaan Limbah Ternak

e. Membuang produksi gas pertama berupa CO2 melalui kran digester di hari ke 8.

f. Pada hari ke-10 biogas bisa digunakan untuk bahan bakar kompor.

Itulah seputar informasi mengenai biogas. Sudah tahu cara membuat biogas untuk rumah tangga kan?

Biogas rumah tangga adalah inovasi yang mudah diterapkan di pedesaan atau kawasan pertanian. Dengan mengadopsi biogas ini bukan hanya memberikan manfaat teknologi, tetapi juga mendukung upaya pelestarian lingkungan untuk masa depan lebih baik.

Jika Anda sedang mencari digester biogas yang berkualitas, kami menyarangkan Pennyu Biogas Digester. Reaktor dari bahan Polyethylene (PE), 100% kedap udara, dan fleksibel bisa ditempatkan di atas permukaan atau dipendam.

Informasi lebih lanjut mengenai Pennyu Biogas Digester bisa Anda tanyakan ke Info Center Pennyu Indonesia 08170-736698 dan follow media sosial pennyu_id untuk mengetahui informasi menarik lainnya! Pennyu Pasti Beres

Dapatkan Produk Pennyu Sekarang Juga

Komentar Dinonaktifkan