Cara Memasang Tangki Pendam di Rumah

Cara memasang Tangki Pendam yang baik dan tepat merupakan salahsatu usaha agar anda mendapatkan manfaat yang maksimal dari Tangki Pendam Pennyu. Tangki Pendam merupakan tampungan air bersih yang ditempatkan dibawah tanah/ditanam dalam tanah (dipendam). berbentuk tangki (biasanya terbuat dari bahan polyethylene/plastik) yang lebih mudah dan murah dibandingkan dengan tampungan air permanen berbahan semen. Selain lebih mudah dan murah, tangki pendam juga mudah dalam mengatasi masalah jika terjadi masalah dalam menampung air. Jika penampungan air permanen yang berada di bawah tanah harus memastikan lapisan plester semen benar benar halus dan kuat agar air di dalam tampungan tidak merembes, untuk tangki pendam air di dalamnya sudah terjaga dari merembes keluar, dan jika terjadi tanah bergerak dan tidak stabil bak penampungan air dimungkinkan akan retak dan rusak tetapi untuk tangki pendam hanya perlu dibuatkan tembok pengamanan (hanya untuk menahan tanah) dan dasar lubang dengan cor semen yang rata dan halus, maka tangki pendam akan aman dan awet.

Langkah Langkah Memasang Tangki Pendam yang Ideal

  • Buat lubang galian dengan ukuran sesuai diameter tangki ditambah 20 cm pada sekelilingnya (untuk pemasangan batu bata) dengan kedalaman sesuai tinggi tangki ditambah  20 cm (untuk pemasangan batu bata pada dasar dan dak beton) Pasang batu bata pada dasar dan dinding lubang, rekatkan dengan semen. Dinding semen dan batu bata dibuat sebagai kerangka penguat untuk menahan seandainya tanah tidak stabil atau bergerak sehingga tangki tetap aman. Pastikan dasar lubang rata dan tidak ada tonjolan tajam di dalamnya Kemudian Masukkan tangki pendam kedalam lubang dengan hati-hati (jangan dijatuhkan).
  • Sambung ring inlet dengan pipa dari sumber air sedangkan ring outlet (menuju kran) pada  rangkaian pipa hisap Pompa air. Sebaiknya diberi pelampung otomatis agar tangki selalu dalam keadaan penuh.
  • Tutup lubang galian dengan dak beton yang dapat dibuka dan ditutup sebagai akses untuk inspeksi (pemeriksaan). Lubang inspeksi dapat ditutup dengan plat boardes.

Menggunakan tangki pendam dapat mengatasi masalah sumber air bersih bertekanan lemah dan tidak menghabiskan terlalu banyak ruang. dengan Pemasangan dan instalasi yang sesuai pengguna akan mendapatkan manfaat yang maksimal dari Tangki Pendam Pennyu. Selengkapnya tentang Tangki Pendam Pennyu