Cara Sederhana Mencegah Virus Corona (Covid 19)

Covid 19 atau Corona Virus yang sedang mewabah cukup menyita perhatian seluruh dunia. Pasalnya baru beberapa bulan setelah laporan resmi kasus paparan pertama yang disinyalir berasal dari kota Wuhan China sudah merenggut puluhan ribu nyawa di lebih dari 100 negara. Covid 19 merupakan salah satu virus yang cukup berbahaya karena penularan yang sangat cepat dan mudah sekali menular, bisa menular dari manusia ke manusia bahkan dari benda atau barang orang yang terinfeksi virus digunakan atau disentuh orang lain. Virus tersebut menyerang sistem pernapasan khususnya organ paru paru manusia. Penularan dapat melalui mulut, hidung, dan mata. Pelajari juga COVID 19

Salah satu kunci dalam mencegah Penularan virus adalah kebersihan, terutama tangan, karena tangan sangat mudah terpapar virus dan bakteri dari sentuhan yang sengaja maupun tidak sengaja terhadap benda benda di sekitar.

Menggunakan hand sanitizer memang sangat efektif namun apabila hand sanitizer mulai langka dan susah didapatkan maka salah satu cara mudah membersihkan tangan adalah cuci tangan menggunakan sabun. Sabun cukup efektif dalam membersihkan tangan sekaligus membunuh virus dan bakteri. Budaya mencuci tangan menggunakan sabun juga kian ramai di kampanyekan banyak pihak, tidak terkecuali pemerintah. kini semakin gencarnya warga Indonesia dalam memerangi virus Covid 19 ini dapat terlihat dari mulai sadarnya masyarakat tentang kebersihan dan budaya sering mencuci tangan menggunakan sabun. Hal ini juga didukung dengan fasilitas publik Hand Wash Station yang mulai banyak kita jumpai di area publik. Bererapa cara sederhana dalam menjaga tangan tetap steril dan aman:

Menggunakan Hand Sainitizer

Penggunaan Hand Sanitizer memang sangat efektif dan simpel. Selain dapat membuat tangan menjadi steril Hand Sanitizer juga praktis dan mudah dibawa. Namun dalam kondisi saat pandemi wabah seperti ini, Hand Sanitizer dan bahan disinfectant lainnya susah didapat karena semua orang mencarinya dan menyediakan untuk kebutuhan dirisendiri dan keluarga. Terkadang keadaan ini menjadi tidak terlalu baik dampaknya bagi sesama karena pembelian yang berlebihan dan penimbunan dapat terjadi. Akibatnya harganya di pasaran melambung tinggi dan orang orang yang lebih membutuhkan seperti tenaga medis dan orang orang terdekat dari pasien malah tidak kebagian. Pelajari Juga Hand Sanitizer atau Penyanitasi Tangan

Hindari Menyentuh Peralatan Umum

Gunakan siku untuk membuka pintu di tempat umum

Agar terhindar dari virus, Menjaga telapak tangan tetap steril sangatlah penting. Hindari menyentuh peralatan atau bagian dari properti publik seperti gagang pintu di tempat umum, pegangan tangga, tuas kran dan lainnya. Peralatan publik semacam itu sangat mungkin bagi siapa saja untuk menggunakan dan menyentuhnya, tidak terkecuali oleh penderita atau pasien yang terinfeksi virus sehingga sangat mungkin terpapar virus dan sangat mungkin menular.

virus bisa dimana saja

Hindari Menyentuh Muka dengan Tangan yang Tidak Steril

Jangan menyentuh muka dengan tangan yang tidak steril

Setelah menyentuh sesuatu di tempat umum atau tidak yakin bahwa tangan anda steril atau tidak, maka jangan menyentuh area muka (mulut, hidung, mata) karena virus ini (Covid 19) merupakan virus yang menyerang pernapasan dan dapat menular melalui mulut, hidung, maupun mata. Selain area muka juga jangan sampai menyentuh makanan atau peralatan makan dan minum.

Budayakan Mencuci Tangan Menggunakan Sabun

Budayakan mencuci tangan menggunakan sabun dapat mencegah terinfeksi virus dan bakteri

Cuci tangan setelah melakukan aktivitasadalah salah satu cara sterilisasi tangan dari virus yang cukup sederhana. Mencuci tangan menggunakan sabun lebih aman dan bersih, sehingga bagi kulit yang sensitif dan mudah iritasi, mencuci tangan menggunakan sabun ini lebih aman. Kelangkaan Hand Sanitizer tidak menjadi masalah karena membudayakan cuci tangan menggunakan sabun juga dapat membuat tangan menjadi steril dan juga membersihkan keseluruhan tangan dari kotoran lain.

Budaya mencuci tangan juga tidak hanya untuk sterilisasi tangan dari virussaja, namun juga kebiasaan baik dilakukan untuk membersihkan tangan dari bakteri, dan kotoran lain. Budaya cuci tangan ini juga akan disambut baik oleh masyarakat dengan diimbangi oleh fasilitas Public Hand Wash Station yang memadai.

public Hand Wash Station

Leave a Comment