Sumber: Pixabay


4 menit

Siapa yang tidak ingin mempunyai bisnis sendiri? Namun salah satu kendala untuk memulai bisnis adalah keterbatasan modal. Ada pilihan bisnis untuk orang yang mengalami kendala modal, yaitu bergabung reseller. Lalu bagaimana cara jadi reseller?

Menjadi reseller adalah pilihan yang populer bagi banyak orang yang ingin memulai bisnis mereka sendiri tanpa perlu mengeluarkan banyak modal untuk membuat produk dari awal. Bergabung reseller bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan jika dilakukan dengan cermat dan teliti. Dengan strategi yang tepat dan komitmen yang kuat, kamu dapat mencapai kesuksesan dalam dunia bisnis sebagai seorang reseller.

Bagi kamu yang masih bertanya-tanya apa itu reseller, bagaimana cara jadi reseller sukses, yuk simak penjelasan lengkap tentang reseller di bawah ini.

A. Pengertian Reseller

Tips menjadi reseller sukses
Sumber: Pexel

Menurut ukmindonesia.id, reseller merupakan kata serapan dari bahasa Inggris “re” berarti kembali dan “sell” menjual, serta akhiran “er” artinya pelaku. Jadi reseller yaitu orang yang membeli produk dari pihak lain, bukan untuk dikonsumsi atau digunakan sendiri, melainkan untuk dijual kembali dengan tujuan memperoleh keuntungan dari hasil penjualan tersebut. Tidak hanya perseorangan ya, reseller juga bisa merujuk pada sebuah perusahaan yang melakukan pembelian kemudian dijual kembali.

Baca juga: 7 Strategi Sukses Meningkatkan Penjualan

B. Cara Jadi Reseller Sukses

1. Menentukan Produk

mencari produk untuk reseller
Sumber: Pexels

Ini adalah hal pertama yang harus kamu putuskan sebelum ingin terjun ke dunia reseller. Kamu bisa menentukan jenis produk berdasarkan hasil riset keinginan pasar. Ada beberapa hal yang harus kamu ketahui saat proses menentukan produk, seperti:

  • Harga dan kualitas produk
  • Memahami produk
  • Melihat jumlah dan aktivitas kompetitor produk
  • Ketersediaan stok produk
  • Minat masyarakat terhadap produk

2. Pilih Supplier yang Tepat

Reseller negosiasi dengan supplier
Sumber: Istimewa

Seorang reseller harus benar-benar cermat dalam memilih rekan supplier. Cari supplier atau distributor yang dapat menyediakan produk dengan kualitas baik, harga kompetitif, dan pelayanan yang handal. Pastikan untuk memeriksa reputasi dan kredibilitas supplier sebelum bekerja sama dengan mereka.

3. Jalin Hubungan Baik dengan Supplier

menjalin hubungan baik dengan supplier agar reseller sukses
Sumber: Pexels

Berkomunikasi secara teratur dengan supplier Kamu dan bangun hubungan yang saling menguntungkan. Memiliki hubungan yang baik dengan supplier dapat membantumu mendapatkan akses ke produk terbaru, dan dukungan yang lebih baik secara keseluruhan.

Baca juga: 5 Cara Menjadi Reseller Profesional Profit Berlimpah

4. Menetapkan Strategi Harga yang Kompetitif

menetapkan harga produk yang kompetitif
Sumber: Istimewa

Tetapkan harga jual yang kompetitif namun masih menghasilkan keuntungan yang memadai. Kamu dapat melakukan riset harga untuk produk serupa di pasar dan menyesuaikan harga Anda secara sesuai.

5. Bentuk Branding yang Kuat

membangun branding yang kuat, cara jadi reseller sukses
Sumber: Digital Online Brand Marketing Concept

Bangun merek Anda sendiri sebagai reseller dengan menciptakan identitas yang konsisten dan menarik. Ini dapat meliputi desain logo, kemasan produk, dan pesan merek yang unik.

6. Aktif Pemasaran Digital

Berjualan produk di TikTok
Sumber: Istimewa

Gunakan pemasaran digital untuk meningkatkan visibilitas dan jangkauan bisnis Anda. Manfaatkan media sosial, iklan online, dan konten pemasaran untuk menjangkau lebih banyak pelanggan potensial.

Baca juga: Begini Cara Mahasiswa Mendapat Uang Jajan Tambahan

7. Berikan Pelayanan Pelanggan yang Unggul

memberikan pelayanan terbaik
Sumber: Istimewa

Prioritaskan kepuasan pelanggan dengan menyediakan layanan pelanggan yang cepat, ramah, dan responsif. Tanggapi pertanyaan dan masukan pelanggan dengan segera, dan berusaha untuk memecahkan masalah mereka dengan cepat dan efektif.

8. Perbesar Jaringan

memperbesar jaringan reseller
Sumber: Pexels

Bangun jaringan dengan reseller lain, pelaku bisnis terkait, dan komunitas industri. Kemitraan yang kuat dapat membantu kamu memperluas jangkauan bisnis Anda dan mendapatkan peluang baru. Dengan semakin luas jangkauan bisnis, tentu akan mendatangkan peluang positif untuk mendapatkan customer.

9. Beradaptasi pada Perkembangan

Reseller harus beradaptasi dengan perkembangan
Sumber: Istimewa

Bisnis selalu berubah, jadi penting untuk dapat beradaptasi dengan perubahan pasar dan lingkungan bisnis. Tetap fleksibel dan terbuka terhadap perubahan untuk memastikan kelangsungan bisnismu. Contohnya, kamu bisa mengikuti trend dengan mempromosikan atau membuat konten produk di TikTok.

10. Evaluasi Kinerja

Evaluasi kinerja reseller
Sumber: Pexels

Pantau kinerja bisnis kamu secara teratur dan evaluasi strategi yang diterapkan. Identifikasi bagaimana caranya kamu bisa meningkatkan dan terus berinovasi untuk tetap relevan di pasar yang kompetitif.

C. Ide Bisnis Reseller

1. Produk Kecantikan

Cara jadi reseller skincare sukses
Sumber: Istimewa

Jika kamu adalah orang yang mengerti tentang kecantikan, menjadi reseller produk kecantikan adalah ide bisnis reseller yang tepat. Kamu bisa menjadi reseller untuk berbagai macam produk seperti skincare, kosmetik, dan perawatan tubuh.

2. Produk Kesehatan

cara jadi reseller obat
Sumber: Istimewa

Ide bisnis ini cocok untuk kamu yang mengerti dan tertarik dalam hal kesehatan. Saat ini menjadi reseller produk kesehatan merupakan salah satu pilihan yang baik karena semakin banyak peduli tentang kesehatan dan kebugaran.

3. Produk Sanitasi

cara jadi reseller sukses, penghasilan tambahan dari reseller
Sumber: Pennyu Indonesia

Kesadaran kesehatan seseorang juga diimbangi dengan pengetahuan yang baik tentang kebersihan. Oleh karena itu kamu bisa menjadi reseller produk sanitasi untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang sehat melalui lingkungan bersih.

Jika kamu tertarik menjadi reseller produk sanitasi, pilihlah produsen atau supplier yang menjamin kualitas produknya. Seperti Pennyu Indonesia perusahaan sanitasi yang mempunyai produk-produk unggulan dan berkualitas.

Adapun berbagai keuntungan jika kamu bergabung menjadi reseller Pennyu Indonesia.

Keuntungan Jadi Reseller Pennyu

  • Pendaftaran GRATIS
  • Fleksibel, Bisa Kapanpun dan Dimanapun
  • Tidak perlu stok, tidak perlu kirim
  • Tidak ada minimal belanja
  • Tidak ada target penjualan
  • Garansi produk dijamin pabrik
  • Keuntungan bisa diatur sendiri
  • Kirim ke customer GRATIS ONGKIR dan bisa COD
  • Dan masih banyak keuntungan lainnya!

Informasi lebih lanjut mengenai Reseller Pennyu bisa ditanyakan di nomor ini 0811-2736-698.

Jangan lupa cek artikel menarik seputar sanitasi lainnya di blog Pennyu Indonesia. Apabila Anda mencari produk-produk sanitasi terpercaya, konsultasikan ke kami. Pennyu Indonesia menyediakan produk sanitasi berkualitas dan terpercaya. Butuh produk sanitasi yang berkualitas? Dengan Pennyu Pasti Beres.
Mau dapat penghasilan tambahan? Yuk gabung Reseller Pennyu aja!

Komentar Dinonaktifkan