Di Mana Tempat Terbaik Untuk Memasang Tangki Pendam?

Untuk menggunakan tangki air di rumah, anda terlebih dahulu harus menentukan bagaimana tangki air anda disimpan. Salah satu cara penyimpanan tangki air yang praktis adalah dengan cara dipendam. Tetapi, untuk dapat mengetahui lokasi terbaik pemasangan tangki pendam bukan perkara mudah. Untuk membantu anda menentukan tempat paling tepat memasang tangki pendam, simak ulasan berikut ini! 

Sebelum memendam tangki

Pastikan anda telah memilih jenis tangki air yang tepat. Beberapa tangki air memang didesain untuk dapat dipendam di dalam tanah, namun beberapa tangki tidak. Konsultasi dengan pekerja yang akan memasang tangki air anda atau pada toko tempat anda membeli tangki air. Hal ini bertujuan untuk memastikan jenis tangki air yang akan anda beli siap untuk dipendam dalam tanah atau tidak.

Hindari daerah dekat jalan

Terdapat beberapa area yang terlarang untuk digali, termasuk untuk penggalian tangki pendam. Salah satu area yang terlarang untuk digali adalah pada bagian bawah jalanan. Selain dilarang oleh pemerintah, menggali bagian bawah jalan juga akan berbahaya. Hal ini karena bagian bawah jalan merupakan pondasi, menggali bagian ini dapat membuat jalan menjadi amblas.

Pastikan untuk memilih lokasi yang stabil

Lokasi yang tepat untuk meletakkan tangki pendam adalah tempat yang memiliki kontur tanah yang stabil dan dan bebas dari rembesan air. Namun, jika anda kesulitan untuk menemukannya, anda bisa membuat landasan untuk tangki tanam. Landasan ini terbuat dari campuran semen dan pasir. Gunanya adalah untuk memperkuat posisi tangki di dalam tanah.

Buatlah landasan setebal lebih kurang 15 cm pada bagian dasar tangki pendam. Biarkan kering hingga 75% bagiannya, setelah itu masukkan tangki air anda. Isi tangki dengan air hingga bagian bahu tangki, supaya tangki dapat menyatu dengan baik pada landasan yang telah anda buat sebelumnya.

Daerah berpasir baik untuk memendam tangki

Anda dapat meletakkan tangki pada daerah yang berpasir padat. Selain membutuhkan landasan, tangki pendam juga membutuhkan “pengikat” di sekelilingnya. Pengikat ini dapat terbuat dari pasir yang dipadatkan, oleh karena itu daerah yang berpasir baik untuk tangki pendam. 

Selain itu, daerah yang berpasir juga akan memudahkan Anda untuk memuat lubang ventilasi pada tangki pendam. Lubang ventilasi ini berguna untuk menjaga kelembapan di dalam tangki air. Tangki air yang terlalu lembap akan memudahkan ganggang atau lumut untuk tumbuh di dalam tangki. 

Lebih dekat lebih baik

Fungsi utama tangki air dalam penggunaan rumah tangga adalah sebagai pemasok air untuk kebutuhan rumah tangga. Kebutuhan tersebut antara lain adalah untuk mandi dan memasak. Oleh karena itu, ada baiknya anda meletakkan tangki lebih dekat dengan kamar mandi atau dapur.

Usahakan tangki terhindar dari banjir

Perhatikan juga kemungkinan banjir pada daerah tempat tinggal Anda, apakah rawan banjir atau tidak. Usahakan untuk meletakkan tangki pendam pada daerah yang tidak terjangkau banjir. Jika tidak memungkinkan, pada saat banjir, jangan pernah membiarkan tangki pendam anda dalam keadaan kosong.

Hal ini dikarenakan tekanan yang dihasilkan oleh air banjir dapat merusak tangki. Pastikan untuk selalu mengisi tangki pendam anda kurang lebih separuhnya, guna mempertahankan posisinya di dalam tanah.

Menentukan lokasi yang tepat untuk memasang tangki pendam mungkin bukan merupakan perkara yang mudah. Semoga ulasan tadi dapat membantu anda untuk menentukan posisi tangki pendam di rumah Anda. Untuk solusi tangki air pendam, anda bisa mencoba produk Tangki Pendam PENNYU.

Photo Credit: pixabay.com