Cara Mudah Pemasangan Pennyu FKT (Foot Klep)

Cara pemasangan Foot klep Pennyu
Pennyu FKT

Pennyu Foot Klep (FKT) adalah perangkat pemipaan pada ujung pipa yang letaknya terendam dalam sumur atau bak penampungan. Fungsinya, menjaga jalur rentang pipa antara sumur agar pompa tetap terisi oleh air.

Direkomendasikan, pasang Pennyu FKT (Foot Klep) di ujung pipa dengan jarak kedalaman minimal 60 cm dari dasar atau permukaan air.

Hal ini juga bertujuan untuk mengantisipasi ketika air surut karena musim kemarau. Kemudian bagaimana sih cara memasang Pennyu FKT? Gampang kok!

Baca juga: Catat! Tangki Air Pendam dan Tower Beda Peruntukan

Berikut cara pemasangan Pennyu FKT (Foot Klep):

Langkah-langkah Pemasangan FKT
  1. Sebelum memasang Pennyu FKT, perhatikan ukuran pipa outlet pompa air agar tidak salah.
  2. Siapkan material yang dibutuhkan seperti FKT, watermur drat (ukuran disesuaikan dengan pipa), lem pipa PVC, gergaji besi dan lap kain kering.
  3. Selanjutnya, pasang FKT menggunakan lem pipa PVC ke ujung pipa air yang akan diletakkan ke dalam lubang sumur.
  4. Setelah FKT terpasang diamkan sebentar agar lem kering. Bila lem dirasa sudah kering, turunkan pipa air yang sudah menyatu dengan FKT ke dalam sumur (sesuaikan panjang pipa dengan kedalaman sumur).
  5. Kemudian bila FKT sudah berada di kedalaman sumur yang tepat, sambung ujung atas pipa air dengan knee pipa. Tujuannya untuk membelokkan pipa ke arah pompa air.
  6. Setelah pipa mengarah ke pompa air, sambung dengan watermur drat ke saluran outlet pompa air.
  7. Terakhir, cek apakah pemasangannya sudah benar. Bila semua sudah terpasang dengan benar, FKT bisa digunakan.

Baca juga: Inilah 5 Langkah Menjaga Kualitas Air Mandi

Catatan: Ketika pemasangan Pennyu FKT sudah selesai dan hendak menyalakan mesin pompa, isi saluran outlet pompa dengan air hingga penuh. Ini berguna untuk memancing pompa agar bisa bekerja. (Memancing pompa air hanya dilakukan saat pertama pemasangan)