Cara Memasang Bio Septic Tank dengan Baik dan Ideal

Apa Itu Septic Tank?

Septic Tank atau bak septik adalah suatu kolam atau bak bersekat-sekat sehingga terbagi-bagi dalam beberapa ruang, biasanya terdapat di bawah tanah. Tangki septik merupakan tempat pembuangan yang dibuat untuk mengurai limbah toilet. Tangki ini dibuat dengan bahan yang kedap air sehingga air dalam tangki septik tidak dapat langsung meresap ke tanah. Baca: Apa itu Septic Tank?

Septic Tank Konvensional

Se Kptic Tank konvensional biasanya terdiri dari beberapa sekat/ruangan dimana tiap sekat/ruangan memegang peran tersendiri. Bak penampungan dan penguraian biasa digunakan sebagai penampungan dan pengendapan kotoran supaya tekstur lebih cair sehingga lebih mudah dalam peresapan pada proses selanjutnya, sedangkan bak peresap berfungsi sebagai tempat meresapkan cairan limbah toilet kedalam tanah. Jarak resapan dengan sumber air bersih seperti sumur dan mata air juga harus setidaknya 10 sampai 15 meter untuk mengantisipasi pencemaran air bersih dari limbah toilet terlebih lagi bakteri E Coli yang berbahaya bagi kesehatan.

Bio Septic Tank

Bio Septic Tank adalah Septik tank yang menggunakan biotechnology dalam sistem penguraian limbah toilet. Bio Septic Tank menggunakan bakteri untuk mengurai kotoran yang masuk sehingga dalam sistem yang lebih hemat ruang mampu menghasilkan proses yang lebih maksimal. Tidak hanya dalam proses penguraiannya saja namun juga memperhatikan pemurnian hasil limbah cair yang dikeluarkan sehingga lebih ramah lingkungan. Namun terkadang pemasangan Bio Septic Tank yang tidak sesuai standar menyebabkan kinerja Bio Septic Tank tidak maksimal. Lalu  seperti apa standar pemasangan Bio Septic Tank yang baik dan ideal?

Berikut adalah langkah langkah dalam pemasangan Bio Septic Tank yang baik dan ideal:

  • Pertama yang harus dilakukan adalah memilih lokasi yang akan digunakan untuk menempatkan Bio Septic Tank (dalam atau luar ruangan). Pastikan pemilihan tempat agar dipertimbangkan terlebih dahulu supaya lahan pada tempat hunian anda tepat guna dan tidak mengganggu di kemudian hari.
  • Selanjutnya adalah menyiapkan lubang galian dengan ukuran sesuai dengan diameter tangki Bio Septik ditambah 10 cm pada sekelilingnya dengan kedalaman sesuai tinggi tangki (diukur dari dasar hingga pangkal leher tangki).
  • Lapisi dinding dengan batu bata dan semen dan pastikan dasar lubang rata serta  tidak ada tonjolan tajam pada dinding dan dasar lubang (lapisan batu bata dan semen digunakan untuk mengantisipasi tanah yang tidak stabil dan rembes).
  • Masukkan Pennyu Bio Septic Tank Kedalam Lubang yang telah dipersiapkan dengan hati-hati (jangan dijatuhkan). Sesuaikan juga posisi saluran inlet dan outlet bio septic tank dengan saluran inlet dan outlet yang sedang dipersiapkan pada lubang.
  • Isi Pennyu Bio Septic Tank dengan air terlebih dahulu lalu timbun lubang galian dengan pasir halus (harus bebas dari kerikil/batu) sampai Leher tangki.
  • Pastikan Manhole dan tube disinfectant harus tetap terlihat dan bisa di akses untuk pengecekan dan pengisian ulang klorin. Untuk pemasangan Pennyu Bio Septic Tank di garasi atau carport, Pastikan tutup lubang dapat dibuka tutup sesuai kebutuhan saat ingin memeriksa manhole dan tube disinfectant.
penampang pemasangan Pennyu Bioseptic Tank Pada Halaman rumah dan pada Carport atau garasi
ilustrasi pemasangan Pennyu Bio Septic Tank Pada Carport
  • Pastikan anda melepas kemasan/pembungkus plastik pada klorin dan menaruh tablet klorin kembali pada tube disinfectant. Lakukan pemeriksaan pada klorin 6-9 bulan pemakaian. Tablet klorin (biasa juga disebut kaporit) bisa didapatkan di toko kimia.
Tube disinfectant pada Pennyu Bio Septic Tank
  • Masukan bakteri starter  setelah selesai pemasangan dan hendak digunakan ke dalam Pennyu Bio Septic Tank melalui saluran sedot dari lubang inspeksi (manhole). Karena bakteri menguraikan bahan organik maka jangan memasukan selain limbah/bahan organik ke dalam Kloset/Septic Tank seperti puntung rokok, sampah plastik dan pembalut wanita. Bakteri starter biasanya juga bisa anda dapatkan di toko bangunan/ledeng, toko kimia, dan toko pertanian atau pupuk.
  • Sambung kabel yang ada pada Bio Septic Tank dengan steker dan sambungkan pada sumber listrik untuk menyalakan Micro Bubble Diffuser yaitu alat untuk menyuplai oksigen dalam bentuk Micro Bubble guna menjaga agar bakteri aerob bisa tetap hidup dan berkembang.

Memasang dan memperlakukan Bio Septic Tank sesuai dengan anjuran penggunaan produk akan membuat produk Bio Septic Tank bekerja dengan maksimal.  Beberapa hal untuk diperhatikan dalam pemasangan dan perlakuan setelah terpasang atau digunakan yaitu: Bemperhatikan derajat elevasi saluran inlet yang berasal dari toilet, Tidak memasukan sampah anorganik ke dalam toilet, memperhatikan bagian yang memang harus bisa diakses agar tetap aman (tidak tertimbun) dan aman dari benda benda yang ada di sekitar, memastikan kemasan tablet klorin sudah dilepaskan dan memasukan tablet klorin ke dalam tube disinfectant, dan sumber listrik untuk menyalakan micro bubble diffuser. dengan memasang dan memperlakukan Pennyu Bio Septic Tank Sesuai dengan anjuran produk, banyak sekali manfaat yang akan dirasakan seperti limbah toilet yang menjadi ramah lingkungan, tidak mudah penuh, awet, simpel dan terjangkau dalam pemasangan. Selengkapnya Tentang Pennyu Bio Septic Tank