Agar Tangki Air Bebas Lumut, Haruskah Menggunakan Dinding 4 Lapis?

Bebas lumut adalah salah satu benefit yang sudah umum ditawarkan sebuah produk tangki penampungan air bersih karena jaminan kebersihan dan kemurnian air di dalam tampungan merupakan salah satu hal terpenting bagi masyarakat. Lalu apa kaitannya dengan berapa jumlah lapisan dinding tangki?

Tangki penampungan air berbahan plastik atau polyethylene menggunakan lebih dari satu lapisan pada struktur dindingnya. terlebih lagi tangki penampungan air yang diproduksi menggunakan sistem rotomoulding. Baca juga Perbedaan antara cetakan rotomolding dan proses produksi cetakan injeksi. Salah satu tangki air pabrikan yang menggunakan sistem produksi rotomoulding dan membuat struktur dinding tangki penampungan airnya dengan 4 lapisan adalah tangki air pennyu.

Terdapat Fungsi dan Kemampuan yang Berbeda pada Setiap lapisan Dinding Tangki

1. Lapisan Ultraviolet Resistance

Merupakan lapisan terluar dari dinding tangki air yang berfungsi menghalau sinar ultraviolet. Ultraviolet resistance layer adalah lapisan berpigmen yang mana warna dari tangki air tersebut bergantung dengan pigmen apa yang dicampurkan dalam lapisan ini.

2. Lapisan Impact Strength

Merupakan lapisan dengan kekenyalan tinggi yang berfungsi sebagai penahan tekanan dan benturan. Salah satu faktor kerusakan tangki air adalah faktor tekanan dan benturan, oleh karena itu lapisan ini sangat berpengaruh terhadap daya tahan produk.

3. Lapisan Extra Barrier

Lapisan ketiga yang berfungsi memblokir cahaya matahari secara keseluruhan sehingga tidak masuk ke dalam tangki yang mana cahaya merupakan salah satu faktor lumut bisa tumbuh di suatu tempat.  Baca juga Pengaruh Cahaya Pada Pertumbuhan Lumut. Pada dasarnya lumut memerlukan cahaya untuk hidup dan tumbuh pada suatu tempat. pertumbuhan lumut pada suatu tempat dapat dicegah dengan memblokir cahaya pada tempat tersebut. Satuan yang digunakan untuk mengukurnya Lux (Lx). untuk menjamin lumut tidak bisa tumbuh dan berkembang di dalam tangki penampungan air maka diperlukan lapisan yang mampu menjamin tangki menjadi kedap cahaya (0 Lux).

4. Lapisan ultra white yang bersifat Food Grade

Merupakan lapisan yang menggunakan material blocking  berwarna putih dan bertekstur licin sehingga kotoran yang terbawa dari sumber air tidak mudah menempel pada dinding dalam tangki sehingga bebas dari plak dan kotoran yang mengerak. Selain itu lapisan dalam ini merupakan lapisan yang ramah untuk bahan makanan. Seperti yang kita ketahui, air merupakan kebutuhan utama bagi masyarakat, bukan hanya untuk membersihkan sesuatu tetapi juga untuk dikonsumsi. Lapisan terdalam ini bersifat ramah dengan bahan makanan seperti air dan sudah mengantongi sertifikat FDA (Food and Drugs Administration) yaitu lembaga pengawas obat dan makanan Amerika dan sertifikat HALAL dari MUI (Majelis Ulama Indonesia).

Bebas lumut pada tampungan air bergantung pada bagaimana lapisan dinding tangki menghalau cahaya. Dengan menggunakan 4 lapisan pada dinding tangki, Tangki Air Pennyu tidak hanya menawarkan benefit bebas lumut, namun banyak benefit lain yang bisa dirasakan. Selengkapnya tentang Tangki Air Bebas Lumut.