Apakah Biaya Pemasangan Tangki Pendam Lebih Murah dari Tangki Tower?

Jika Anda telah memutuskan untuk menggunakan tangki air guna memenuhi kebutuhan air rumah Anda, yang harus dipikirkan setelahnya adalah pemasangan. Anda perlu memikirkan dengan baik hal-hal yang terkait dengan pemasangan tangki air di rumah Anda. Mulai dari cara pemasangan, lokasi, hingga biaya pemasangan.

Beberapa cara untuk meletakkan tangki air di rumah adalah dengan meletakkan tangki pada bagian atas rumah (tangki tower) atau dengan memendamnya (tangki pendam). Kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dalam tulisan ini, yang akan dibahas adalah terkait dengan biaya pemasangan dua jenis tangki ini.

Hal-hal yang harus disiapkan untuk tangki pendam

Apabila Anda memutuskan untuk meletakkan tangki air di dalam tanah (tangki pendam), Anda memerlukan landasan dan pengikat tangki. Untuk membuat landasan tangki air yang dipendam, Anda membutuhkan semen dan pasir. Selain itu, Anda juga membutuhkan pasir yang dipadatkan untuk mengikat tangki air di dalam tanah.

Dengan kata lain, untuk meletakkan tangki di dalam tanah, Anda harus membuat landasan beton terlebih dahulu. Biasanya biaya untuk memasang tangki air akan habis pada bagian landasan ini. Untuk rincian biaya yang harus Anda keluarkan dalam membuat landasan dan pengikat tangki air ini, simak poin di bawah ini.

Biaya pemasangan tangki pendam

Sebagaimana yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, untuk memasang tangki pendam, Anda harus membuat landasan beton. Untuk mengetahui berapa yang harus dikeluarkan, Anda harus mengetahui dimensi landasan ini. Dimensi landasan yang dibutuhkan untuk memasang PENNYU Tangki Pendam adalah 98 cmx98 cmx15 cm.

Untuk membuat beton dengan ukuran dimensi demikian, Anda hanya memerlukan satu sak semen (50 kg), 100 kg pasir, dan 120 kg kerikil. Biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat campuran ini tidak sampai Rp 1.000.000, bahkan jika dengan bahan campuran untuk pengikat tangki air di dalam tanah. Lalu, bagaimana dengan tangki tower?

Penyusun tangki tower

Jika Anda memutuskan untuk meletakkan tangki air Anda pada bagian atas rumah, tangki tower merupakan solusi yang paling tepat. Untuk memasang tangki tower, Anda membutuhkan menara berkaki empat tempat meletakkan tangki air. Menara atau tower ini biasanya terbuat dari rangka besi.

Tower untuk tangki air ini mirip seperti menara biasanya. Namun, di bagian atas tower ini terdapat landasan yang dijadikan alas bagi tangki air. Keunggulan tangki tower ini terletak pada perawatannya karena mudah untuk dipanjat dan juga pada ketahanannya. Rangka yang terbuat dari besi membuat tangki tower menjadi lebih kokoh.

Harga tangki tower

Pada umumnya, perusahaan yang menjual rangka besi tangki tower mematok harga rangka besi siku pada kisaran Rp 1.000.000 hingga Rp 1.500.000. Jika Anda ingin lebih murah lagi, Anda dapat menggunakan besi tunggal. Namun, risikonya rangka ini kurang kokoh jika dibandingkan dengan besi siku. 

Untuk memasang tangki air di rumah, Anda dapat menggunakan banyak cara. Namun, dua cara yang paling dikenal adalah dengan meletakkannya di atas rumah (dengan menggunakan tangki tower) atau dengan memendamnya di dalam tanah (tangki pendam). Kedua cara pemasangan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh tangki pendam adalah harga yang lebih terjangkau. Anda cukup mengeluarkan uang untuk biaya penggalian dan pembelian material landasan tangki yang tidak mencapai Rp 1.000.000. Untuk itu, Anda bisa menggunakan Tangki Pendam PENNYU.